Semua Kategori

Mudahnya Budidaya Tabulampot Berbagai Jenis Buah Dan Manfaatnya

tanaman buah dalam pot

Tanaman Buah Dalam Pot Atau Tabulampot merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi. Salah satu metode budidaya ini memanfaatkan pot sebagai wadah atau media tanam. Tujuan utama tanaman buah dalam pot adalah untuk budidaya buah tanpa harus memakai lahan yang luas. Jadi, ada lebih banyak keuntungan ketika memakai cara ini untuk menanam berbagai bibit tanaman. Berbagai jenis buah pun bisa dijadikan tabulampot. Contohnya adalah tabulampot mangga, tabulampot rambutan, tabulampot belimbing dewi, tabulampot jambu air citra dan tabulampot rambutan binjai. Jenis -jenis tanaman buah tersebut merupakan yang populer untuk dibudidayakan. Selain kaya manfaat, dengan cara perawatan yang tepat maka hasil buah ini juga akan melimpah.

Ciri khas dari jenis budidaya tabulampot buah dalam pot ini adalah tidak membutuhkan lahan luas. Pohon sudah dapat berbuah meskipun ukuran pohon masih pendek dan tidak terlalu besar seperti halnya yang ditanam di lahan. Namun tanaman tersebut tetap menghasilkan buah melimpah. Itulah keunggulan dari metode ini.

Keunikan Dari Tanaman Buah Dalam Pot

tabulampot mangga

Keunikan tanaman buah dalam pot adalah bibit dari perbanyakan vegetatif yang sengaja tidak dibuat tinggi. Hal ini bisa memaksimalkan ruang yang ada, memudahkan pemeliharaan dan memudahkan pemanenan. Dengan adanya pot, maka tanaman ini pun mudah dipindahkan.

Namun, dibalik semua kelebihannya pasti ada kelemahan. Begitu juga dengan tanaman buah dalam pot. Dengan wadah kecil dan media tanam terbatas, pemilik dituntut untuk lebih serius dan berhati-hati dalam merawat pohon. Perawatan juga harus lebih istimewa. Jika tidak, buah yang ditunggu tidak akan muncul. Bahkan, bukan tidak mungkin tanaman yang dirawat itu bisa mati.

Misalnya, ketika salah memberikan pupuk, maka hasilnya akan mempengaruhi proses pembungaan. Pada kasus lain, tumbuhan mungkin terlihat subur, tetapi tidak berbunga dan berbuah. Kalaupun berbunga, tak lama kemudian akan rontok.

Tak heran jika banyak orang yang lebih memilih membeli tabulampot mangga, tabulampot rambutan, tabulampot jambu air citra, tabulampot belimbing dewi atau tabulampot rambutan binjai yang telah berbuah. Selain buah yang dihasilkan dapat langsung dilihat dan dinikmati, pemupukan lebih lanjut juga lebih mudah dilakukan. Sayangnya, tanaman buah dalam pot yang telah berbuah lebih mahal daripada tabulampot baru yang sedang tumbuh.

Manfaat Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot atau Tabulampot

tanaman buah dalam pot

Meskipun cara perawatan dan budidayanya cukup istimewa, namun metode tanaman buah dalam pot atau tabulampot ini bisa memberikan banyak manfaat. Jadi, tenaga dan biaya yang dikeluarkan mulai dari membeli bibit sampai perawatan tak akan membuat rugi. Setidaknya, beberapa hal di bawah ini yang akan didapatkan bagi pembudidaya tanaman buah dalam pot yang unik dan menguntungkan :

  • Lahan yang dibutuhkan tidak terlalu luas
  • Dapat menghasilkan buah dengan penggunaan pupuk dalam jumlah minimal
  • Mempercantik halaman rumah dan pekarangan
  • Masa berbunga dan berbuah tanaman bisa diatur, sehingga produksi buah tidak tergantung musim
  • Pertumbuhan tanaman tidak merusak lingkungan di sekitarnya
  • Kebutuhan nutrisi tanaman dapat diperoleh secara maksimal
  • Pemberian pupuk dan penyiraman lebih terencana
  • Jika terserang hama atau penyakit, pencegahannya lebih mudah dilakukan

Selain itu, ada lebih banyak keuntungan dan manfaat lain dari budidaya tanaman buah dalam pot ini. Salah satunya adalah adanya banyak varian buah yang bisa dibudidayakan. Buah yang biasa tumbuh di pohon yang tinggi dan bisa dipanen setelah 5 hingga 10 tahun, dengan tabulampot maka akan berbeda.

Aneka pohon buah seperti tabulampot mangga, tabulampot rambutan, tabulampot jambu air citra, tabulampot belimbing dewi dan tabulampot rambutan binjai bisa dijadikan tanaman di depan rumah. Panen pertama akan lebih cepat didapat dengan metode tabulampot. Selain itu, pemanenan juga mudah dilakukan kapan pun tanpa butuh alat khusus.

Jika ingin memulai metode budidaya ini, maka pilih jenis tabulampot yang memiliki potensi besar untuk berhasil. Contohnya adalah tabulampot mangga, tabulampot rambutan, tabulampot jambu air citra, tabulampot belimbing dewi dan tabulampot rambutan binjai.

Budidaya Tabulampot Mangga

tabulampot mangga

Mangga adalah nama sejenis buah dalam marga Mangifera. Nama ilmiah buah dan tanaman ini adalah Mangifera indica. Saat dibudidayakan tanaman buah ini mampu mencapai ketinggian pohon 5 m atau lebih.

  • Pohon ini berkayu keras, memiliki batang yang tegak dengan cabang yang kuat.
  • Kulit pohonnya tebal dan kasar dengan banyak retakan kecil dan sisik.  Warna kulit kayu adalah  coklat keabu-abuan, ada pula yang berwarna abu-abu gelap hingga mendekati  hitam.
  • Untuk bagian akar, pohon mangga memiliki akar tunggal dengan panjang yang bisa mencapai 6 meter ke dalam tanah. Sedangkan daun memiliki panjang tangkai bervariasi dari 1,25 hingga 12,5 cm, bagian pangkal membesar dan di sisi atas terdapat alur. Namun, ciri dan morfologi tanaman ini tergantung pada jenis atau varietasnya.

Kini, pohon buah tropis ini bisa dibudidayakan melalui metode tanaman buah dalam pot atau tabulampot mangga. Inilah cara mudah dan praktis dalam mendapatkan hasil buah melimpah dan juga bisa dipanen dalam waktu dekat tanpa harus menunggu puluhan tahun hingga berbuah.

Manfaat Buah Mangga

Banyak alasan untuk menanam dengan metode tanaman buah dalam pot atau tabulampot mangga. Ada yang ingin mendapatkan kesegaran dan rasa buah setiap saat tanpa harus membeli. Namun ada pula yang ingin mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari konsumsi buah ini.

Tabulampot mangga yang telah berbuah bisa mendatangkan manfaat. Di dalamnya terdapat berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah kaya serat ini bisa dijadikan juice, puding, dan aneka makanan dan minuman. Dengan konsumsi buah ini secara teratur, maka akan banyak memberikan berbagai manfaat seperti berikut ini :

1. Membersihkan kulit wajah

Hasil panen tabulampot mangga bisa bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah dapat membantu mengecilkan pori-pori dan membuat wajah lebih segar. Selain dikonsumsi secara teratur, dapat juga digunakan untuk pengobatan luar. Caranya mudah, potong mangga tipis dan tempelkan di wajah selama 10 hingga 15 menit. Jika sudah, maka cuci wajah sampai bersih.

2. Membantu menurunkan berat badan

Mangga yang dipanen dari budidaya di lahan maupun tabulampot mangga ini kaya akan serat. Di dalamnya juga mengandung vitamin, dan nutrisi lain. Dengan demikian, maka konsumsi buah ini bisa  mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh. Sehingga akan dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Membantu mengontrol gula darah

Mangga memiliki kadar glikemik rendah, yaitu sekitar 41 hingga 60. Pada angka itulah maka buah ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan. Namun supaya lebih aman, sebaiknya perlu memeriksa kadar gula darah ke dokter agar konsumsi mangga tetap aman bagi tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Hasil panen tabulampot mangga bisa dijadikan konsumsi buah sehat bagi keluarga. Khususnya adalah untuk meningkatkan kesehatan mata. Pasalnya, mangga kaya akan sumber vitamin A. Di dalam buah ini dapat menyumbang kebutuhan vitamin A harian hingga 25 persen. Peran vitamin A sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

5. Melancarkan proses pencernaan

Selain serat, mangga mengandung enzim yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Serat alami yang terkandung dalam mangga dapat bertindak sebagai probiotik, sehingga turut membantu menjaga kesehatan organ pencernaan.

6. Membantu mengatasi dehidrasi

Buah mangga kaya akan air yang menjadikan buah ini cocok untuk disajikan saat cuaca panas. Sebagai alternatif, setelah tabulampot mangga dipetik, maka bisa dibuat menjadi jus mangga segar. Menyajikannya dalam keadaan  dingin bisa menyuplai kebutuhan akan air di dalam tubuh.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Alasan lain mengkonsumsi mangga adalah karena buah ini kaya akan vitamin C dan 25 jenis karoten. Sumber nutrisi ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah mengalami sakit.

8. Bisa menjadi scrub wajah

Bagi yang ingin memiliki wajah mulus dan bebas jerawat, gunakan daging buah mangga ini untuk menggosok wajah secara teratur. Untuk resep lengkapnya, maka bisa mencampur daging buah mangga dengan madu dan susu.

9. Menjadi camilan sehat

Budidaya tabulampot mangga bisa menyediakan camilan sehat bagi keluarga tercinta. Bagi anak-anak hingga orang dewasa, buah ini aman dikonsumsi dalam takaran yang ideal dan tidak berlebihan.

Budidaya Tabulampot Rambutan

tabulampot rambutan

Rambutan adalah tanaman tropis yang termasuk ke dalam suku Sapindaceae. Inilah salah satu buah asli dari Asia Tenggara dengan rasa yang asam hingga manis dan berair. Namanya sendiri berasal dari penampilan buah yang terlihat memiliki banyak rambut pada kulitnya.

Pada umumnya, buah ini banyak ditemukan secara liar maupun dalam perkebunan budidaya di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.

Selain sebagai tanaman perkebunan, rambutan juga  bisa ditanam di dalam pot. Dengan perbanyakan vegetatif maka akan menghasilkan pohon yang tidak tinggi namun menghasilkan buah yang melimpah. Metode ini terkenal dengan istilah tabulampot rambutan, salah satunya adalah jenis tabulampot rambutan binjai.

Keterbatasan lahan dan keinginan untuk menghiasi halaman rumah adalah alasan untuk memulai budidayanya di dalam pot. Metode tabulampot ini menjadi alternatif dan solusi bagi pecinta rambutan yang ingin membudidayakan tanaman ini.

Sebelum memulai budidaya, kenali dan pahami buah ini terlebih dahulu. Tabulampot rambutan binjai bisa tumbuh dengan baik pada suhu tropis yang hangat (suhu rata-rata 250C).

Untuk pertumbuhan tabulampot rambutan binjai sangat dipengaruhi oleh ketersediaan air. Pertumbuhan pohon akan berhenti ketika ketersediaan air terbatas. Bahkan tanaman bisa mati tanpa adanya penyiraman yang tepat.

Tanaman ini umumnya bisa menghasilkan bunga setelah tujuh tahun masa tanam. Akan tetapi, untuk tabulampot rambutan binjai, dengan perawatan tepat maka akan menghasilkan buah pada usia 3-4 tahun. Hal ini memungkinkan terjadi karena bibit diperbanyak secara vegetatif.

tabulampot rambutan binjai

Manfaat Buah Tabulampot Rambutan Binjai

Selain memiliki rasa manis dari daging buah yang tebal, hasil panen tabulampot rambutan binjai ini juga bisa menghasilkan banyak manfaat. Saat tabulampot rambutan binjai mulai masak, maka bisa langsung dikonsumsi langsung dalam keadaan segar bagi seluruh anggota keluarga.

Seperti buah-buahan pada umumnya, rambutan memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk pemeliharaan organ vital dalam tubuh. Akan tetapi untuk mendapatkan manfaatnya, harus dikonsumsi dalam takaran yang tepat.

Bagi pengemar buah ini wajib tahu apa saja manfaatnya bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa disebutkan :

1. Membantu meredakan demam

Buah rambutan mengandung zat anekdotal yang kuat. Dalam pengobatan Tiongkok tradisional, anekdotal mampu menghentikan demam dalam tubuh. Selain itu, rambutan juga efektif meredakan berbagai peradangan seperti asam urat, sakit kepala hingga sakit perut.

2. Menghindari resiko penyakit jantung

Bagi orang yang memiliki resiko masalah kardiovaskular seperti gagal jantung, maka bisa mengkonsumsi buah ini. Terutama adalah bagi mereka yang sudah memasuki usia kepala 3 atau 4. Penyakit ini bisa muncul tiba-tiba, oleh karena itu perlu langkah-langkah pencegahan sedini mungkin  untuk menangkalnya dengan cara yang tepat.

Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin C dalam buah rambutan.  Vitamin ini bisa memperkuat dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak, sehingga serangan jantung bisa dicegah.

3. Membantu mengatasi sembelit

Dengan serat dan vitamin di dalamnya, rambutan siap membantu menyembuhkan masalah sembelit. Meskipun tidak memiliki serat sebanyak buah-buahan lainnya, rambutan hadir dengan kandungan mineral yang dapat merangsang peristaltik untuk memperlancar pencernaan. Inilah yang bisa membantu dalam melancarkan buang air besar jika dikonsumsi dalam jumlah tidak berlebihan.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Selain vitamin C, rambutan juga mengandung banyak vitamin B. Fungsi vitamin B dalam rambutan inilah yang membantu meningkatkan metabolisme. Tingkat gula dari buah ini akan menjadi cadangan energi. Jadi, bagi yang memiliki aktifitas harian cukup padat bisa mengkonsumsi rambutan supaya lebih sehat.

5. Membantu proses penyembuhan hipertensi

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi yodium. Sebagai gantinya, maka bisa mengonsumsi lebih banyak rambutan. Buah yang bisa dihasilkan dari metode tabulampot rambutan binjai ini bisa menyuplai vitamin C yang memangkas zat jahat dalam darah.

6. Menjaga kesehatan ginjal

Sebagai pusat detoksifikasi, ginjal adalah organ dalam tubuh yang sangat penting. Jika rusak, racun dalam tubuh akan mudah menyebar dan mengganggu jaringan lain.

Untuk organ yang satu ini, buah rambutan memiliki peran penting.  Kandungan mineral fosfor dalam rambutan bisa menetralkan racun dan membantu ginjal bekerja dengan sempurna. Namun bagi yang sudah memilki riwayat penyakit gagal ginjal, maka konsumsi buah ini tidak dianjurkan.

Budidaya Tabulampot Jambu Air Citra

tabulampot jambu air citra

Tanaman jambu air dapat tumbuh dengan baik selama musim kemarau. Salah satu kelebihan dari tabulampot buah sehingga menjadi idola yang banyak dicari lantaran rasa manisnya yang banyak disukai.

Buah dengan ciri khas warna merah terang ini memiliki rasa yang manis. Untuk budidayanya sendiri akan menghasilkan buah yang manis saat musim kering. Sedangkan saat musim hujan, rasa manis cenderung berkurang.

Untuk usaha perkebunan, tabulampot jambu air citra ini sangat menguntungkan. Dengan pohon kecil, namun bisa menghasilkan buah melimpah. Cara penen dan perawatan cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Asalkan pemupukan, pengairan, dan juga penyiangan dilakukan dengan tepat, maka buah yang dihasilkan akan optimal.

Tabulampot jambut air citra bisa berbuah di musim kemarau dengan jumlah pemberian air yang minimal. Karena itu, bagi petani, pada musim kemarau inilah saat memanen buah tabulampot jambu air citra yang tepat.

Saat berbuah di musim hujan, rasa manis akan berkurang karena jambu air memiliki struktur gabus pada daging buahnya. Inilah yang nantinya akan menyerap air sehingga dengan kondisi air yang melimpah, buah akan jadi kurang berkualitas.

Untuk memulai budidaya tabulampot jambu air citra, maka mulai dengan pemilihan ketinggian tempat yang tepat. Idealnya, tanaman ini akan  tumbuh pada ketinggian antara 200 meter – 500 meter di atas permukaan laut (dpl).

Manfaat Buah dari Tabulmapot Jambu Air Citra

Budidaya tanaman buah memang membawa banyak keuntungan. Selain buah dari tabulampot jambu air citra bisa dijual, juga bisa dikonsumsi sendiri bersama keluarga. Hal ini karena jambu air berwarna merah dan manis ini memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Kadar air dalam jambu ini mencapai 93 persen dan mengandung banyak serat. Buah ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Jambu air juga bisa membantu mengatasi perut kembung.

2. Membantu mengatasi dehidrasi

Kandungan air yang tinggi dalam buah tabulampot jambu air citra membantu dalam mendinginkan tubuh saat cuaca panas atau ketika demam. Buah ini juga dapat membantu mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh suhu tubuh yang tinggi.

3. Membantu mengatasi infeksi jamur

Senyawa organik yang ditemukan dalam jambu ini diketahui dapat melawan infeksi jamur dan mikroba lainnya. Kandungan tersebut juga membantu membunuh mikroba dan cacing berbahaya yang mungkin memasuki saluran pencernaan.

4. Membantu menurunkan kolesterol jahat

Semua serat dan nutrisi yang terkandung dalam jambu air citra dapat membersihkan pembuluh darah dari kolesterol jahat. Hal inilah yang dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah. Selanjutnya,  hal ini dapat membuat jantung sehat dan mencegah serangan jantung, stroke, dan komplikasi kardiovaskular lainnya.

Cara Sukses Tabulampot Buah dalam Pot

Agar tabulampot buah dalam pot cepat berbuah, maka perlu memperhatikan beberapa tips merawat tanaman ini. Baik itu tabulampot mangga, tabulampot rambutan, hingga tabulampot jambu air citra semua butuh perawatan khusus. Inilah beberapa cara dan tips untuk budidaya tanaman dalam pot yang sukses :

1. Mengendalikan pasokan air

Penyiraman tabulampot buah tidak boleh sembarangan dan berlebihan diberikan.  Lakukan penyiraman sesuai dengan jenis buahnya, misalnya tabulampot jambu air citra pada saat berbuah jangan disiram terlalu sering, jadi kurangi proses pemberian air.

Sedangkan untuk tabulampot mangga yang baru saja ditanam tidak harus disiram setiap hari. Idealnya, setelah 1-2 hari, tanaman akan dapat beradaptasi dalam pot. Maka tanaman ini baru bisa disiram secara normal dan berkala.

Penyiraman tanaman buah dalam pot penting untuk mempercepat sistem stimulasi tanaman. Hal ini akan membuat tanaman lebih cepat berbunga.

2. Perhatikan intensitas sinar matahari

Pada dasarnya, semua jenis tanaman buah membutuhkan jumlah sinar matahari yang cukup. Sinar matahari bermanfaat untuk mempercepat proses fotosintesis dalam pohon.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua tanaman senang dan suka dengan sinar matahari yang terlalu banyak atau berlebihan. Beberapa tanaman buah dalam pot yang menyukai kondisi tersebut diantaranya adalah tabulampot mangga, sirsak, kelengkeng dan rambutan.

Sedangkan jenis tanaman buah yang membutuhkan sinar matahari sedang adalah belimbing dan manggis. Jadi, setiap jenis tabulampot memiliki kondisi berbeda untuk tumbuh maksimal.

tabulampot belimbing dewi

3. Pemangkasan bagian tanaman tabulampot

Pemangkasan dibutuhkan oleh setiap tanaman buah dalam pot. Dengan demikian, maka akan dihasilkan tanaman yang indah, menarik, dan tumbuh dengan sehat.

Jika dilakukan dengan benar dan teratur, tabulampot mangga, tabulampot jambu air citra, dan tabulampot rambutan bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. Inilah salah satu keunikan buah dalam pot ini.

Selain 3 hal di atas, yang tak kalah penting adalah pengendalian hama. Hal inilah yang sering menganggu tabulampot buah pada proses pertumbuhan dan pembuahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *