Bibit Jeruk Purut

Rp55.000

Deskripsi

Jual Bibit Jeruk Purut – Bibit Jeruk Purut – Harga Bibit Jeruk Purut – Tabulampot Jeruk Purut – Jeruk Purut Dalam Pot

Jeruk (Citrus × hystrix DC.)  yang berukuran kecil ini termasuk tanaman buah rumahan. Tanaman buah ini sudah sangat familiar di masyarakat. Daun dan buahnya sering dimanfaatkan untuk kebutuhan dapur. Bibit buah jeruk ini merupakan tumbuhan perdu yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman buah ini dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Bibit Jeruk ini dapat juga dibudidayakan dengan cara menanam Jeruk Purut Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Purut. Keunggulan lainnya adalah sangat mudah berbuah dan masa berbuahnya tidak kenal musim alias dapat berbuah sepanjang tahun.

jeruk purut

Spesifikasi Dan Harga Bibit Jeruk Purut

Harga Jual Bibit Jeruk Purut Ukuran P25 (polybag diameter 25cm) 

  • Tinggi bibit sekitar 40 – 80 cm
  • Cara perbanyakan : Okulasi
  • Umur bibit : minimal 6 bulan
  • Harga bibit jeruk purut : mulai 55 rb

Ukuran P35 (polybag diameter 35cm)

  • Tinggi bibit sekitar 1-1.5 m
  • Cara perbanyakan : Okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Harga bibit jeruk purut : mulai 150 rb

Tabulampot Jeruk Purut

  • Tinggi bibit minimal 1 meter.
  • Cara perbanyakan: okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Media tabulampot : Pot plastik atau drum
  • Harga : call sales.

7 Alasan Anda Harus Membeli Bibit Buah Dari Kami :

  1. Bibit lebih cepat berbuah – karena pembiakan dengan cara okulasi atau cangkok yang jauh lebih cepat dibanding pembiakan dari biji. Pencangkokan atau okulasi juga dilakukan pada indukan yang dewasa dan telah berbuah.
  2. Bibit bebas penyakit dan hama – karena diperbanyak dari indukan yang sehat, bebas penyakit dan hama.
  3. Bibit tidak mandul – karena berasal dari indukan yang sudah terbukti berbuah dan produktif.
  4. Sifat buah tidak berubah, sama persis dengan induknya – karena pembiakan dengan cara vegetative (bukan biji).
  5. Bibit sehat – karena di rawat secara khusus oleh ahli pembibitan kami.
  6. Bibit cukup umur dan siap tanam – kami jual bibit jeruk purut yang telah di rawat dalam polybag atau pot minimal 6 bulan dengan jumlah dan kondisi akar yang kuat sebelum siap jual.
  7. Garansi uang kembali – jika bibit bukan dari varietas asli dan jika diterima dalam kondisi mati yang disebabkan oleh kesalahan kami.

Karakteristik Bibit Jeruk

Bibit buah jeruk ini merupakan tanaman buah yang banyak tumbuh di daerah tropis termasuk Indonesia dan tersebar luas di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Bentuk buahnya berkerut dengan warna hijau tua dan setelah matang berubah menjadi kuning, rasanya asam pahit. Bibit tanaman buah ini termasuk dalam family tanaman perdu. Batang yang sudah tua berwarna hijau tua, berbentuk bulat, berwarna hijau tua, berbintik-bintik, dan berdiri di ketiak daun. Posisi dan letak daun terpencar dan bertangkai agak panjang serta bersayap lebar. Tanaman buah ini sangat adaptif dan bisa tumbuh di mana saja termasuk di pekarangan rumah.tabulampot jeruk purut

Jeruk Purut Dalam Pot / Tabulampot Jeruk Purut

Bibit buah jenis ini dapat dibudidayakan dengan cara menanam Jeruk Purut Dalam Pot atau lebih dikenal dengan istilah Tabulampot Jeruk Purut. Bibit buah jeruk jenis ini mudah tumbuh dan tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan. Bibit buah jeruk rumahan ini dapat berbuah dengan cepat yaitu pada usia 2-3  tahun dengan perawatan dan pemberian pupuk yang teratur. Bila tanaman buah jenis lain rata-rata hanya dapat berbuah satu kali dalam setahun, bibit buah jeruk yang satu ini dapat berbuah sepanjang tahun. Boleh dikatakan jenis jeruk yang rasa buahnya sangat asam ini mampu berbuah dengan tidak mengenal musim. Dengan beberapa kelebihan tersebut membuat budidaya buah jeruk yang memiliki banyak manfaat ini menjadi salah satu peluang agrobisnis yang menguntungkan.jeruk purut dalam pot

Pengiriman Dan Garansi Bibit Buah

Kami Jual Bibit Jeruk Purut berkualitas dan melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia selama terjangkau oleh expedisi. Kami bekerja sama dengan beberapa expedisi ternama seperti  JNE, TIKI, Indah Cargo, JET Ekspress, PT. POS Indonesia , MEX Barlian Dirgantara, Go-Send, Go-Box dll . Kami akan memilihkan dan merekomendasikan jasa expedisi yang paling hemat dan cepat bagi anda.

Garansi kami berikan untuk tiga hal berikut :

  • Bibit mati saat di terima yang diakibatkan kesalahan packing.
  • Bibit terbukti bukan varietas asli.
  • Jumlah dan jenis bibit tidak sesuai dengan pesanan.

Catatan : Pada saat bibit diterima ada kemungkinan bibit pohon buah jeruk tidak 100% segar dan beberapa daun rontok atau layu, terutama pada pengiriman jarak jauh yang memakan waktu lebih dari 3 hari. Hal ini wajar dan anda tidak perlu khawatir karena tanaman buah mengalami stress selama perjalanan. Untuk mengatasinya jangan langsung menanam tanaman buah di tempat yang panas atau kena sinar matahari langsung. Tempatkan bibit buah jeruk di tempat yang teduh dan lembab, tambahkan media tanam kemudian disiram sampai media tanam basah.

Berikut Adalah Cara Mudah Budidaya Bibit Jeruk Purut

Pemilihan Bibit Buah

Bibit buah yang berkualitas adalah batang tanaman buahnya kokoh, daunnya rimbun, segar dan berwarna hijau cerah. Perakarannya banyak dan kuat. Kriteria bibit buah ideal bisa anda dapatkan di Tanamanmart. Kami Jual Bibit Jeruk Purut Berkualitas dan sehat. Harga Bibit Jeruk Purut yang kami tawarkan bervariasi. Info lengkap tentang Harga Bibit Jeruk Purut silahkan klik di sini

Pemilihan Lahan

Setelah Bibit Pohon Buah sudah tersedia, tahap berikutnya adalah pemilihan lokasi. Pilih lahan yang memiliki ukuran cukup luas supaya dapat digunakan untuk menanam beberapa bibit buah pohon jeruk. Jarak minimal antar pohon adalah 6×6 meter. Pastikan tidak ada naungan yang menghalangi sinar matahari. Lakukan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 60x60x60 cm. Setelah lubang tanam selesai dibuat selanjutnya isi lubang tanam dengan campuran tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang. Diamkan lubang tanam selama satu pekan.jual bibit jeruk purut

Tahap Penanaman Bibit Buah Jeruk

Proses penanaman yang dilakukan untuk Jeruk Purut Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Purut maupun secara langsung di tanah, Sobek polybag secara perlahan dan buang polybag bekasnya. Hati-hati pada saat melakukannya dan usahakan jangan sampai merusak akar bibit. Selanjutnya masukkan ke dalam lubang tanam dan timbun serta padatkan secara perlahan. Setelah proses penanaman selesai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya.

Melakukan Perawatan

Perawatan tanaman buah jeruk yang satu ini adalah dengan melakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Pemberian pupuk bisa dilakukan setiap dua pekan sekali atau minimal sebulan sekali. Perawatan lainnya adalah dengan pemangkasan yang dilakukan pada ujung-ujung cabang yang lebat guna merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

==============================================================================================================================================================================================================

Artikel Terkait Pohon Jeruk Purut

Jeruk Purut, Buah Mungil Yang Serba Guna

Buah jeruk dengan bentuk bulat dan kulit bertekstur bergelombang ini sudah sangat akrab di kalangan pecinta kuliner dan orang-orang yang sering beraktivitas di dapur. Tanaman buah jeruk purut sudah sangat lama dimanfaatkan sebagai bumbu berbagai macam masakan tradisional.  Jeruk purut yang memiliki harum berbeda dari jeruk kebanyakan membuatnya biasa digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur. Tak hanya buahnya yang bisa dijadikan penyedap, begitu pula dengan daunnya. Seringkali disandingkan dengan daun salam sebagai penyedap berbagai masakan nusantara.

Biasanya daun tanaman jeruk purut selain dapat di manfaatkan sebagai pelengkap bumbu dapur, dapat pula di gunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan atau pun pada daging lainnya.

Ciri khas dari jeruk purut dibandingkan dengan jenis jeruk yang lainnya adalah banyak benjolan-benjolan kecil pada kulit buahnya. Buahnya memiliki bentuk lonjong agar sedikit bulat. Jeruk purut juga memiliki aroma khas yang harum menyengat, lebih menyengat daripada buah jeruk pada umumnya.

Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Peluang usaha jeruk purut saat ini dan ke depan sangat menjanjikan prospek yang luar biasa. Permintaan dalam skala besar sebagai bahan baku produksi yang dilakukan oleh berbagai produsen makanan instan seperti mie instan, bubur instan dan lainnya secara terus menerus dan cenderung mengalami peningkatan. Tidak hanya itu, pabrik-pabrik besar di bidang kosmetik juga membutuhkan komoditas ini, belum lagi industri makanan home industry.

Peluang usaha budidaya jeruk ini cukup menjanjikan. Namun, sayangnya fenomena ini tak dibaca dan ditangkap dengan baik oleh kebanyakan orang sehingga masih banyak yang kesulitan untuk mendapatkan jeruk ini. Padahal permintaan tak hanya datang dari dalam negeri saja, produsen luar negeripun banyak yang memburunya terutama  perusahaan yang bahan utama produksinya berbahan dasar jeruk purut.

Budidaya Masih Terbatas

Sebenarnya budidaya jeruk purut ini cukup mudah dan sangat cocok dengan iklim di Indonesia. Akan tetapi budidaya tanaman jeruk purut sampai saat ini masih sangat terbatas jumlahnya dan di lakukan di tempat-tempat tertentu saja. Biasanya pembudidayaan tanaman jeruk purut ini hanya di lakukan di tempat-tempat bersuhu rendah seperti di sekitar perbukitan. Ada juga yang menanam di sekitar pekarangan rumah atau perkebunan.

Di Thailand, jeruk purut merupakan komoditas penting, dan sudah dibudidayakan secara massal dalam skala komersial. Meskipun daun dan kulit buah jeruk purut bisa digunakan sebagai bumbu dalam keadaan kering, para juru masak di Thailand, cenderung menyukai daun dan kulit buah yang masih segar. Oleh Karena komoditas ini diperlukan dalam keadaan segar setiap hari namun dalam volume yang terbatas, maka harus disimpan dengan baik. Dalam kemasan dan ruang penyimpanan yang baik, daun jeruk purut bisa bertahan selama sekitar satu minggu. Sementara buah dalam keadaan utuh, bisa bertahan untuk jangka waktu sekitar dua minggu.

Mengenal Lebih Dekat Jeruk Purut

Jeruk purut banyak ditanam di pekarangan atau di kebun. Daunnya merupakan daun majemuk menyirip beranak daun satu. Tangkai daun sebagian melebar menyerupai anak daun. Helaian anak daun berbentuk bulat telur sampai lonjong, pangkal membundar atau tumpul, ujung tumpul sampai meruncing, tepi beringgit, panjang 8 -15 cm, lebar 2 – 6 cm, kedua permukaan licin dengan bintik bintik kecil berwarna jernih, permukaan atas warnanya hijau tua agak mengkilap, permukaan bawah hijau muda atau hijau kekuningan, jika diremas akan mengeluarkan aroma yang harum. Keharuman daun ini masih tercium walaupun sudah di petik hingga satu minggu lebih. Bunga jeruk ini berbentuk bintang, berwarna putih kemerah-merahan atau putih kekuningan. Bentuk buahnya bulat telur, kulitnya hijau berkerut, rasanya asam agak pahit. Jeruk purut sering digunakan dalam masakan, pembuatan kue,atau dibuat manisan. Jeruk purut dapat diperbanyak dengan cangkok dan biji. Tanaman ini mampu berbuah secara rutin.

harga bibit jeruk purut

Kandungan Nutrisi

Kandungan nutrisi yang dimiliki buah jeruk ini sangatlah tinggi. Meskipun memiliki bentuk yang kecil dan tekstur kulit yang kasar sehingga terlihat kurang menarik, akan tetapi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tak kalah dengan varian buah jeruk lainnya. Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam sebuah jeruk purut dengan berat 67 gram :

Serat = 2 gram

Gula = 1 gram

Karbohidrat = 7 gram

Vitamin A = 50 IU

Vitamin C = 19,2 mg

Kalori = 20 kkal

Zat Besi = 0,36 mg

Sodium = 1 mg

Kalsium = 20 mg

Khasiat Jeruk Purut

Buah dan daunnya sering digunakan untuk pengobatan. Daun jeruk purut berkhasiat sebagai stimulan dan penyegar. Kulit buahnya berkhasiat sebagai stimulan, beraroma khas aromatik dengan rasa agak asin yang lama-kelamaan berubah menjadi agak pahit.

Berikut beberapa manfaat jeruk purut bagi kesehatan :

  1. Menghilangkan Jerawat

Jeruk purut dapat membantu menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan jeruk purut ini sangatlah simpel, anda cukup menyediakan satu buah jeruk purut matang dan 6 lembar daun jeruk purut. Haluskan daun jeruk purut tersebut dan kemudian peras buah jeruk purut matang yang telah Anda siapkan tadi, ambil airnya.

Campurkan air perasan jeruk purut dengan daun jeruk purut yang telah dihaluskan tadi, kemudian setelah tercampur rata maka jadikan ramuan tersebut sebagai masker wajah. Gunakan masker ini selama 15 menit ketika hendak tidur dimalam hari. Lakukan secara rutin setiap hari.

  1. Menyembuhkan Flu

Manfaat jeruk purut adalah mampu membantu menyembuhkan flu atau influensa. Seperti yang kita ketahui bahwa influensa merupakan salah satu penyakit yang cukup menjengkelkan sehingga harus diatasi secepat mungkin agar tidak mengganggu aktivitas harian kita.

Salah satu cara alami untuk menyembuhkan dan mengatasi flu ini adalah dengan mengkonsumsi air jeruk purut. Cara membuat ramuan untuk menyembuhkan flu dari jeruk purut ini sangatlah mudah yaitu cukup dengan menyiapkan dua buah jeruk purut matang lalu peras dan masukan airnya kedalam gelas, setelah itu tambahkan air hangat secukupnya. Minumlah ramuan tersebut setidaknya dua kali dalam sehari hingga flu yang Anda alami sembuh. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah jeruk nipis ini mampu membantu mengobati demam, flu, batuk dan pilek.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Salah satu manfaat jeruk purut yang paling penting adalah kemampuannya untuk melindungi kesehatan gusi dan gigi Anda. Daunnya memiliki sifat antibakteri dan bila digosok pada bagian gusi dapat memberikan perlindungan dari masalah gusi karena berfungsi mencegah infeksi bakteri.

Aroma daun jeruk purut dapat meningkatkan produksi air liur di mulut, sehingga dapat membantu dalam menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut terutama di sela-sela gigi. Kandungan minyak esensial yang diperoleh dari jeruk purut ini sering digunakan untuk diaplikasikan pada pasta gigi dan obat kumur.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Di Thailand, jeruk purut digunakan sebagai obat tradisional atau obat herbal untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan masalah pencernaan lainnya. Hal ini dikarenakan jeruk purut mengandung banyak senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi, yang dapat membantu mencegah peradangan pada sistem pencernaan.

Rebusan daun jeruk purut dapat digunakan untuk merangsang buang air besar secara teratur, sehingga dapat menjadi obat alternatif yang efektif untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Selain itu jeruk ini juga bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

  1. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Ekstrak dan jus yang terbuat dari jeruk purut sering digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit karena memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Senyawa ini membantu menetralkan efek berbahaya dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini seperti keriput dan garis halus.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jeruk purut mengandung fitokimia aktif yang memiliki kemampuan untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit. Hal ini dikarenakan jeruk purut kaya akan vitamin C, yaitu nutrisi penting yang berperan besar dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit Secara Keseluruhan

Jeruk purut mengandung vitamin C yang sangat tinggi, selain berfungsi sebagai antioksidan kuat juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Penggunaan jeruk purut secara teratur dapat membantu Anda dalam memperoleh kondisi kulit yang lebih halus, kenyal, dan terlihat lebih muda.

Selain itu, jeruk purut juga memiliki sifat astringent yang dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah timbulnya jerawat. Sabun badan yang mengandung jeruk purut juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membersihkan kulit dan memberikan aroma yang segar sepanjang hari.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Di Thailand, banyak produk yang menggunakan jeruk purut sebagai bahan shampoo untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok. Produk ini dapat mencegah pertumbuhan mikroba yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala, sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan melindungi kesehatan rambut.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Minyak yang diperoleh dari ekstrak jeruk purut dapat bertindak sebagai agen detoksifikasi (menghilangkan racun) dalam darah yang sangat baik. Ekstrak jeruk purut ini sering dikombinasikan dengan berbagai decoctions (jamu-jamuan yang direbus) dan biasa dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita gangguan penyakit yang berhubungan dengan darah. Dengan manfaat detoksifikasi inilah, jeruk purut dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Peradangan

Jeruk purut memiliki khasiat anti inflamasi yang manjur, sehingga dapat menjadi obat yang efektif untuk mengobati kondisi inflamasi atau peradangan seperti asam urat, reumatik, dan lain-lain. Selain itu sifat anti inflamasi atau peradangan pada jeruk purut juga dapat bermanfaat untuk mengobati sakit kepala dan migrain.

  1. Dapat Digunakan Sebagai Penghilang Stress

Minyak esensial yang diperoleh dari jeruk purut sering digunakan dalam aromaterapi karena memiliki efek aroma yang menenangkan. Dengan menghirup aroma dari jeruk purut dapat memberikan efek tenang yang dapat membantu mengatasi stress dan masalah mental lainnya seperti kegelisahan dan depresi.

  1. Membantu Mengatasi Gigitan Nyamuk

Beberapa senyawa yang terkandung dalam jeruk purut dapat berguna untuk mengusir nyamuk dan serangga. Oleh karena itu dengan menerapkan lotion atau salep yang terbuat dari jeruk purut pada kulit dapat membantu mencegah gigitan nyamuk dan serangga lainnya.

  1. Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

Kulit kering dan bersisik kerap kali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan merasa malu untuk keluar rumah. Untuk mengatasi masalah ini ternyata sangat mudah dan tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke dokter spesialis karena ada beberapa cara alami yang sangat mudah untuk mengatasi kulit kering dan bersisik ini. Salah satu cara alami tersebut adalah dengan menggunakan jeruk purut.

Cara mengaplikasikan jeruk purut untuk mengatasi kulit kering dan bersisik ini sangatlah mudah yaitu cukup sediakan satu buah jeruk purut matang dan kemudian belah menjadi dua. Gosokkan belahan jeruk purut tersebut pada kulit Anda secara rutin minimal sekali sehari, kulit kering dan bersisik Anda akan segera hilang.

  1. Menghilangkan Ketombe

Bagi Anda yang rambutnya berketombe tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan buah jeruk ini, karena buah yang satu ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Caranya cukup sederhana yaitu siapkan satu buah jeruk matang yang agak besar kemudian belah menjadi dua. Gosokkan belahan jeruk purut tersebut secara perlahan ke seluruh bagian rambut Anda. Setelah itu, bilas dan cuci rambut seperti biasa sampai bersih. Selain menghilangkan ketombe, jeruk purut ini juga mampu membantu menguatkan akar rambut dan dapat mencegah kerontokan rambut.

  1. Membantu Program Diet Sehat

Manfaat jeruk purut selanjutnya adalah mampu membantu menurunkan berat badan secara alami sehingga Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan atau jamu pelangsing yang banyak dijual dipasaran. Anda cukup mengkonsumsi air perasan jeruk purut yang dicampur dengan segelas air hangat setiap pagi maka hal itu akan sangat membantu program diet Anda dalam menurunkan berat badan yang berlebih.

Manfaat Daun Jeruk Purut Untuk Kesehatan

Daun jeruk purut  ternyata mengandung tanin (1,8%), steroid triterpenoid dan minyak atsiri ( 1-1,5% v/b) yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang dapat dipetik dari daun jeruk purut adalah :

  • Menurunkan kadar asam urat, terbukti dari hasil laboratorium penulis, di mana kandungan / kadar asam urat dalam darah setelah konsumsi air rebusan daun jeruk purut atau perasan air buah jeruk purut secara teratur telah menunjukkan penurunan angka dan mengurangi rasa ngilu pada sendi.
  • Obat keseleo, bengkak, masuk angin dan patah tulang, dengan cara meremas campuran daun jeruk purut dan daun jambu air lalu ditempelkan di tempat yang sakit.
  • Sebagai antibiotik, efek farmakologis daun jeruk purut sangat bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh sehingga dapat mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh termasuk mencegah kanker dan sebagai anti infeksi.
  • Anti inflamasi, peradangan merupakan pintu masuk berbagai penyakit Air rebusan daun jeruk purut dapat membantu untuk menanganinya.
  • Sebagai therapy penyembuhan setelah sakit berat , dengan cara menggunakan air rebusan daun jeruk purut untuk mandi.
  • Meredakan pilek atau influenza, dengan cara minum air rebusan daun jeruk purut lalu selagi hangat. Dapat pula ditambahkan madu untuk menambah stamina.
  • Membantu proses relaksasi, aroma khas dari daun jeruk purut dan minyak atsiri yang terkandung di dalamnya dapat membantu menenangkan pikiran dan membantu mengatasi stess.

Minyak Atsiri

Minyak atsiri daun jeruk purut dapat disuling dan dimanfaatkan sebagai aromaterapi yang dapat dihirup langsung maupun dicampurkan dengan sabun herbal yang diproduksi secara massal. Selain itu penggunaan daun jeruk purut sebagai bumbu kuliner tanah air baik berupa masakan atau kue khas tradisional perlu diapresiasi karena secara tidak langsung telah membantu masyarakat Indonesia untuk sehat tanpa obat kimia.


==============================================================================================================================================================================================================

DAPATKAN ANEKA BIBIT BUAH UNGGULAN ASLI, BERKUALITAS DAN BERGARANSI HANYA DI

TEMPAT KAMI

Kami Jual Bibit Jeruk Purut dan bibit buah lainnya.

Untuk informasi lebih lengkap Harga Bibit Jeruk Purut dan Bibit Buah yang lain silahkan KLIK DI SINI

Bisa juga berkunjung langsung ke lokasi atau hubungi sales marketing kami:

Showroom dan Marketing Office TanamanMart :

Jl.Tegal Danas No.38 Kp.Bugelsalam RT.001 RW.003 Ds.Sertajaya Kec.Cikarang Timur Kab.Bekasi 17823 ( Belakang Stadion Wibawa Mukti / Depan SMPN 1 Cikarang Timur )

Phone: (021) 2851 2658

HP      : 0812-8466-9886 (SMS/WA/TELP)

BBM      :D5F65FEF


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Ulasan

Belum ada review.

Be the first to review “Bibit Jeruk Purut”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *