Bibit Jengkol

Rp55.000

Kami Jual Bibit Pohon Jengkol Unggulan. Melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Bibit Pohon Jengkol masih banyak diburu sampai sekarang. Bibit Jengkol akan sangat produktif pada saat memasuki usia berbuah. Harga buah jengkol di pasaran semakin tinggi karena permintaan konsumen yang semakin meningkat. Budidaya Pohon Jengkol menjadi peluang agrobisnis yang sangat menguntungkan.

Deskripsi

Jual Bibit Jengkol Unggul – Bibit Jengkol – Jual Bibit Pohon Jengkol – Harga Bibit Jengkol

Bibit Jengkol sudah terkenal sejak dahulu. Bibit Pohon Jengkol masih diburu sampai sekarang. Bibit Jengkol apabila sudah cukup usia akan sangat produktif. Harga buah jengkol di pasaran semakin tinggi karena tingginya permintaan konsumen. Hal ini mendorong para petani bibit buah beralih Jual Bibit Jengkol atau Jual Bibit Pohon Jengkol karena dirasa sangat menguntungkan. Harga Bibit Jengkol juga semakin naik setiap tahunnya. Bibit Pohon Jengkol banyak ditanam di perkebunan karena budidaya Tanaman Jengkol Dalam Pot tidak cocok. Bibit Pohon Jengkol akan tumbuh dengan baik apabila ditanam langsung di tanah. 

jual bibit jengkol


6 Keunggulan Bibit Jengkol TanamanMart :

  1. Bibit bebas penyakit dan hama.
  2. Bibit tidak mandul.
  3. Sifat buah tidak berubah.
  4. Bibit sehat – karena di rawat secara khusus oleh ahli pembibitan kami.
  5. Bibit cukup umur dan siap tanam – bibit yang kami jual telah di rawat dalam polybag atau pot minimal 6 bulan dengan jumlah dan kondisi akar yang kuat sebelum siap jual.
  6. Garansi uang kembali – jika bibit bukan dari varietas asli dan jika diterima dalam kondisi mati yang disebabkan oleh kesalahan kami.

Deskripsi Bibit Jengkol

  • Nama latin : Archidendron pauciflorum
  • Asal Negara : Asia Tenggara
  • Keunggulan buah : Buah ini dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung
  • Keunggulan Bibit Jengkol : Tanaman ini mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat.
  • Cara Pembibitan : Biji dan Okulasi
  • Umur Berbuah : 5 tahun

 Spesifikasi Dan Harga Bibit Jengkol

Ukuran P 25 (polybag diameter 25cm)

  • Tinggi bibit sekitar 40 – 80 cm
  • Cara perbanyakan : biji dan okulasi
  • Umur bibit : minimal 6 bulan
  • Harga bibit : mulai 55 rb

Ukuran P35 (polibag diameter 35cm)

  • Tinggi bibit sekitar 1-1.5 m
  • Cara perbanyakan : biji dan okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Harga bibit : mulai 100 rb

Pohon Jengkol

  • Tinggi bibit minimal 1 meter.
  • Cara perbanyakan: biji dan okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Media  : Polybag
  • Harga : call sales

Pengiriman Dan Garansi Bibit Jengkol

Kami Jual Bibit Jengkol dan Bibit Pohon Jengkol Unggulan. Melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia selama terjangkau oleh expedisi. Kami bekerja sama dengan beberapa expedisi ternama seperti  JNE, TIKI, Indah Cargo, JET Ekspress, PT. POS Indonesia , MEX Barlian Dirgantara, Go-Send, Go-Box dll . Kami akan memilihkan dan merekomendasikan jasa expedisi yang paling hemat dan cepat bagi anda.

Garansi kami berikan untuk tiga hal berikut :

  • Bibit mati saat di terima yang diakibatkan kesalahan packing
  • Bibit terbukti bukan varietas asli.
  • Jumlah dan jenis bibit tidak sesuai dengan pesanan.

Catatan : Pada saat bibit diterima ada kemungkinan tidak 100% segar dan beberapa daun rontok atau layu, terutama pada pengiriman jarak jauh yang memakan waktu lebih dari 3 hari. Hal ini wajar dan anda tidak perlu khawatir karena tanaman mengalami stress selama perjalanan. Untuk mengatasinya jangan langsung menanam tanaman di tempat yang panas atau kena sinar matahari langsung. Tempatkan bibit pohon jengkol di tempat yang teduh dan lembab, tambahkan media tanam kemudian disiram sampai media tanam basah.

Sejarah Tanaman Jengkol

Asal Usul Bibit Pohon Jengkol

Selama ini memang tidak ada catatan resmi sejak kapan Jengkol dikenal di tengah penduduk Indonesia ini. Jengkol agaknya sudah ada sepanjang umur peradaban manusia di Nusantara. Bagi orang Indonesia, biji pohon jengkol ini juga bisa diolah menjadi berbagai menu makanan. Misalnya dijadikan keripik, semur atau jenis kudapan lain.Dalam buku Sejarah Keraton Yogyakarta penulis Ki Sabdacarakatama mengutip buku babad Giyant tulisan Yosodipuro. Dia menyebut, pohon ini pernah digunakan sebagai patok cikal bakal calon kota Yogyakarta oleh Sultan Hamengku Buwono I, usai perjanjian Giyanti. Menurut ahli botani asal Inggris, Isaac Henry Burkill melalui buku catatan berjudul dictionnary of the economic products of the Malay peninsula, jengkol selain dipakai sebagai lauk pauk, juga dipakai untuk obat diare dalam dunia medis, bahan keramas rambut, dan bahan penambah karbohidrat.bibit pohon jengkol

Tanaman Asli Indonesia

Bibit Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengkilap. Buah ini dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urine setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap. Jengkol dan Tanaman Jengkol merupakan tanaman asli Indonesia. Bagi  sebagian masyarakat jengkol menjadi sebagai salah satu makanan favorit mereka. Selain untuk makanan Jengkol juga memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan. Buah jengkol mengandung Kalium yang tinggi yang berguna untuk menjaga fungsi jantung dan daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengobati diabetes. Secara geografis, tanaman jengkol tersebar secara luas meliputi Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam. Pohon jengkol menghasilkan buah jenis polong-polongan dengan biji yang berbentuk pipih dengan aroma yang khas. Buah jengkol berupa polong dan memiliki bentuk gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua serta memiliki biji buah yang berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses dalam pencernaan. Meskipun demikian, buah jengkol sangat laku di pasaran.

Sifat jengkol

Mampu Tumbuh Di Dataran Rendah Dan Tinggi

Bibit Jengkol apabila sudah menjadi pohon berbuahnya secara musiman antara bulan november hingga januari. Bibit Pohon Jengkol ini banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Tinggi pohon mencapai 26 meter, bisa hidup di dataran tinggi maupun rendah. Meski bisa dimakan, jengkol juga mengandung racun berasal dari asam jengkolat.

Bermanfaat Bagi Konservasi Air

Bibit Pohon Jengkol mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 10-27 meter. Selain itu, bibit pohon jengkol juga memiliki akar yang dalam sehingga mampu menyerap air tanah. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi konservasi air dan tanah. Meskipun Bibit Pohon Jengkol dapat tumbuh dimana saja dan tidak membutuhkan lahan khusus, akan tetapi ada yang perlu mendapat perhatian terutama waktu mulai penanaman. Bibit Pohon Jengkol akan lebih mudah berkembang apabila ditanam di awal musim hujan. Pohon akan lebih cepat tumbuh dan berkembang. Hal ini tentunya akan membuat pohon jengkol lebih cepat berbuah.

Bibit Pohon Jengkol Sangat Adaptif

Tanaman pohon jengkol adalah jenis tanaman buah yang mudah tumbuh dimana saja. Sering kita jumpai di daerah pedesaan tanaman jengkol yang tumbuh dengan sendirinya di lahan pekarangan rumah atau hutan. Sebagai tanaman asli daerah tropis, tanaman jengkol lebih pantas ditanam di tanah dataran rendah. Tanaman jengkol membutuhkan kadar penyinaran yang tinggi sepanjang hari, oleh karena itu pastikan lahan yang ditanami Bibit Jengkol tidak terhalang dari sinar matahari. Selain itu, sebagai tanaman daerah tropis, pohon jengkol membutuhkan pasokan air yang tinggi serta diikuti dengan kadar kelembaban yang cukup. Tanaman Buah jengkol yang cukup adaptatif dapat ditanam dimanapun asalkan dekat dengan sumber air.

Peluang usaha Jual Bibit Jengkol dan Jual Bibit Pohon Jengkol

Melihat akan potensi permintaan yang semakin meningkat beberapa petani mulai Jual Bibit Jengkol dan Jual Bibit Pohon Jengkol. Harga Bibit Jengkol sangat terjangkau terlebih jika membeli Bibit Jengkol atau Bibit Pohon Jengkol dalam jumlah banyak. Harga Bibit Jengkol di sentra-sentra penangkaran yang Jual Bibit Pohon Jengkol relatif sama. Akan tetapi ada beberapa tempat yang Jual Bibit Jengkol dan Jual Bibit Pohon Jengkol menawarkan Harga Bibit Jengkol mulai dari Harga Bibit Jengkol yang masih pendek atau murah sampai dengan Harga Bibit Jengkol yang sudah tinggi. Karena mereka Jual Bibit Pohon Jengkol berdasarkan stok Bibit Pohon Jengkol yang tersedia.harga bibit jengkol

Cara Pemeliharaan Bibit Jengkol Dari Biji :

Bibit Jengkol biasanya ditanam dari biji. Tanamlah biji jengkol di dalam polybag yang berisi tanah subur. Sirami secara teratur hingga tumbuh kecambah yang akan muncul kurang lebih dua hingga tiga minggu kemudian, Setelah kecambah muncul, saatnya bibit tersebut dipindah ke lahan yang lebih besar yang sudah disiapkan. Berikanlah pupuk secara teratur agar pohon dapat tumbuh secara sehat. Berikanlah perlindungan pada saat tanaman masih muda agar tidak diganggu hama.

Berikut Langkah-Langkah Cara Pembudidayaan Tanaman Jengkol :

1.      Pemilihan Lahan Tanam Jengkol

Budidaya usaha jengkol sebenarnya bisa dilakukan di mana saja asalkan tanahnya gembur dan memiliki cukup sumber air. Budidaya jengkol sebaiknya dimulai ketika memasuki musim hujan agar saat proses pertmbuhan jengkol mendapat cukup asupan air dan tidak mati karena kekeringan.

Pohon jengkol merupakan salah satu tanaman asli daerah tropis. Sebaiknya tanaman jengkol di tanam pada dataran rendah dan pastikan lahan tanam yang akan digunakan untuk membudidayakan jengkol tersebut dapat di tembus oleh sinar matahari, karena tanaman jengkol membutuhkan banyak sinar matahari untuk pertumbuhan serta jangan lupa untuk memperhatikan kadar kelembaban lahan.

2.      Pemilihan Masa Tanam Jengkol

Tanaman jengkol memang dapat di tanam dimana saja dan kapan saja. Namun sebaiknya, perhatikan kapan anda akan melakukan penanaman, karena akan berefek pada masa berbuah dan masa panen jengkol. Sebaiknya lakukan penanaman tanaman jengkol pada awal musim hujan, karena pada musim tersebut kelembaban terjaga, serta tanaman mudah berkembang dan tumbuh serta berbuah lebih cepat.

3.      Memilih Bibit Jengkol

Dalam budidaya jengkol yang terlebih dahulu kita siapkan adalah bibit tanaman jengkol. Pembibitan jengkol bisa dengan cara generatif (biji) dan juga vegetatif (okulasi). Untuk mendapatkan tanaman jengkol siap tanam bisa  peroleh di toko bibit tempat Jual Bibit Pohon Jengkol. Ditempat tersebut biasanya Jual Bibit Jengkol dan jenis lainnya. Namun pemilihan bibit harus kita lakukan sebab kualitas bibit akan berakibat pada pertumbuhannya kedepan. Pilihlah bibit yang sehat tidak terserang hama maupun penyakit, berdaun hijau tidak layu dan kering, batang cukup kokoh tidak kurus, percabangan cukup rindang. Pada saat memilih bibit biasanya Harga Bibit Jengkol menjadi salah satu pertimbangan selain reputasi tempat Jual Bibit Jengkol dan Jual Bibit Pohon Jengkol. Untuk mendapatkan Harga Bibit Jengkol yang murah berkualitas Silahkan KLIK DI SINI.

4.      Persiapan Lubang Tanam

Lakukan penggalian untuk pembuatan lubang tanam Bibit Pohon Jengkol dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm pada lahan tanam. Jarak ideal antar pohon adalah minimal 6 meter. Semakin jauh jarak tanam antar pohon maka akan semakin bagus. Tanah bekas galian digunakan sebagai media untuk menutup lubang tanam yang sebelumnya digali. Sebelum digunakan untuk menutup galian, tanah terlebih dahulu dicampur dengan pupuk kandang yang telah matang atau kompos dan sekam. Setelah lubang tanam dibuat, biarkan selama beberapa hari sebelum Bibit Jengkol ditanam. Lubang tanam dibiarkan selama 2-3 hari dan biarkan tersinari oleh sinar matahari sepenuhnya. Tujuan pengeringan lubang tanam adalah untuk mematikan bibit penyakit atau hama tanaman yang tumbuh pada lubang tanam. Kemudian isi lubang tanam dengan pupuk kandang hingga 2/3 bagian lubang tanam. Setelah itu, biarkan lubang tanam selama 1-2 pekan atau sebulan agar pupuk kandang benar-benar meresap dan juga menambah unsur hara dalam tanah.

5.      Tahap Penanaman Bibit

Setelah pupuk meresap tahap selanjutnya adalah penanaman Bibit Jengkol. Bibit Jengkol di ambil dari tempat yang Jual Bibit Jengkol atau Jual Bibit Pohon Jengkol. Setelah Harga Bibit Jengkol disepakati kemudian bibit diseleksi dan diangkut keluar dari tempat yang Jual Bibit Jengkol. Setelah Bibit Pohon Jengkol cukup umur yaitu dengan usia antara 2 atau 3 bulan dan sehat, bibit bisa langsung dipindahkan ke lahan tanam. Ambil Bibit Jengkol dan letakan pangkal bibit pada lubang tanam. Sobek dan buang polybag letakan pangkal bibit bersama balutan akar pada lubang tanam. Hati-hati pada saat membuka polybag supaya akar tidak terganggu. Posisi Bibit harus tegak lurus dan jangan sampai miring. Gunakan ajir penyangga supaya bibit kokoh. Selanjutnya tutup lubang tanam dengan media campuran tanah, kompos dan sekam yang telah kita siapkan. Media yang kaya akan nutrisi akan membuat tanaman menjadi mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Media penutup lubang dipadatkan sedikit agar Bibit Pohon Jengkol yang baru ditanam tidak mudah roboh.

6.      Tahap Perawatan

Supaya menghasilkan tanaman yang tumbuh baik dan sehat, perawatan lainnya juga perlu kita lakukan seperti pembersihan gulma, penyiraman setiap pagi dan sore hari keseluruh bagian tanaman dan juga media tanamnya, banyaknya penyiraman dikondisikan dengan kelembaban pada mediannya.

a.Penyiraman

Penyiraman sebaiknya dilakukan secara berkala pagi atau sore hari, perhatikan juga cuaca pada saat menyiram, jika dirasa cuaca terlalu panas mungkin penyiraman bisa dilakukan 2 kali, jika tidak cukup satu kali saja.

b.Pemangkasan/Penyiangan

Pemangkasan dilakukan apabila masa pertumbuhan pohon mengeluarkan ranting terlalu banyak. Pilihlah satu  cabang utama kurangi yang lain agar cepat berbuah.

c.Peremajaan tanah.

Penggemburan dilakukan dengan cara mencangkul area sekitar pohon karena lama kelamaan tanah di sekitar pohon mengalami pemadatan, hal ini juga membantu proses peremajaan nutrisi tanah.

d.Pemupukan

Pohon jengkol akan terus menerus menyerap unsur hara dalam tanah sehingga semakin lama unsur hara dalam tanah akan habis. Unsur hara alami pada tanah tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh pohon jengkol.. Untuk mengembalikan kesuburan tanah, dibutuhkan bantuan dari luar berupa pemupukan. Pemberian pupuk yang dilakukan secara rutin dapat menyuburkan dan melestarikan tanaman jengkol. Pemupukan susulan dapat berupa pemupukan organik atau pemupukan kombinasi kimia.

7.      Hama dan Penyakit Tanaman Jengkol

Serangan Hama bisa diakibatkan oleh berbagai hal salah satunya adalah faktor cuaca, untuk pencegahannya anda bisa melakukan pengontrolan secara rutin dan menggunakan bantuan pestisida apabila diperlukan. Hama yang banyak menyerang tanaman jengkol diantaranya adalah ulat buah yang selalu menggogoti buah, akibatnya buah keropos dan berlendir.

8.      Masa Panen

Tanaman Jengkol sudah bisa berbuah pada saat mamasuki tahun keempat atau kelima dari awal penanaman. Sementara untuk jengkol yang ditanam dengan metode cangkok biasanya bisa lebih cepat panen yaitu mulai tahun ke 3 atau ke tahun ke 4.jual bibit pohon jengkol

DAPATKAN ANEKA BIBIT BUAH UNGGULAN ASLI, BERKUALITAS DAN BERGARANSI HANYA DI

www.TanamanMart.com

Untuk informasi lebih lengkap silahkan KLIK DI SINI

Bisa juga berkunjung langsung ke lokasi atau hubungi sales marketing kami:

Showroom dan Marketing Office TanamanMart :

Jl.Tegal Danas No.38 Kp.Bugelsalam RT.001 RW.003 Ds.Sertajaya Kec.Cikarang Timur Kab.Bekasi 17823 ( Belakang Stadion Wibawa Mukti / Depan SMPN 1 Cikarang Timur )

Phone: (021) 2851 2658

HP      : 0812-8466-9886 (SMS/WA/TELP)

BBM      :D5F65FEF


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul

Ulasan

Belum ada review.

Be the first to review “Bibit Jengkol”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *