Bibit Durian Bawor

Rp150.000

Jual Bibit Durian Bawor, di sebut juga dengan Durian Bhineka Bawor. Peraih penghargaan dan dinobatkan sebagai durian unggul. Durian Bhinneka Bawor ini jauh lebih berkelas dari Durian Monthong. Buahnya tebal dan rasanya legit. Dapatkan bibit durian bawor asli, unggul, berkualitas dan bergaransi di tempat kami. Melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia.

Deskripsi

Jual Bibit Durian Bawor – Bibit Durian Bawor – Harga Bibit Durian Bawor – Tabulampot Durian Bawor – Durian Bawor Dalam Pot – Pohon Durian Bawor – Durian Bawor Banyumas – Durian Bhineka Bawor

Buah Durian bawor menjadi salah satu unggulan dari bibit tanaman durian. Kerena tergolong masih baru, saat ini masih belum banyak yang tahu dengan bibit tanaman durian jenis ini. Harga bibit tanaman buah ini juga lebih tinggi dibandingkan bibit tanaman buah durian lainnya. Hal ini wajar karena diimbangi dengan kualitas dari bibit itu sendiri yang memang memiliki mutu lebih baik.

durian bawor

Spesifikasi Dan Harga Bibit Durian Bawor

Harga Jual Bibit Durian Bawor Kaki Tiga Ukuran P25 (polybag diameter 25cm) 

  • Tinggi bibit sekitar 40 – 80 cm
  • Cara perbanyakan : Okulasi
  • Umur bibit : minimal 6 bulan
  • Harga bibit durian bawor : mulai 150 rb

Harga Jual Bibit Durian Bawor Kaki Tiga Ukuran P35 (polybag diameter 35cm)

  • Tinggi bibit sekitar 1-1.5 m
  • Cara perbanyakan : Okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Harga bibit durian bawor : mulai 250 rb

Tabulampot Durian Bawor

  • Tinggi bibit minimal 1 meter.
  • Cara perbanyakan: okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Media tabulampot : Pot plastik atau drum
  • Harga bibit durian bawor: call sales.

7 Alasan Anda Harus Membeli Bibit Buah Durian Dari Kami :

  1. Bibit cukup umur dan siap tanam – kami jual bibit durian bawor kaki tiga yang telah di rawat dalam polybag atau pot minimal 6 bulan dengan jumlah dan kondisi akar yang kuat sebelum siap jual.
  2. Bibit lebih cepat berbuah – karena kami jual bibit durian bawor dan melakukan pembiakan dengan cara okulasi atau cangkok yang jauh lebih cepat dibanding pembiakan dari biji. Pencangkokan atau okulasi juga dilakukan pada indukan yang dewasa dan telah berbuah.
  3. Bibit bebas penyakit dan hama – kami jual bibit durian bawor yang diperbanyak dari indukan yang sehat, bebas penyakit dan hama.
  4. Bibit tidak mandul – karena kami jual bibit durian bawor yang berasal dari indukan yang sudah terbukti berbuah dan produktif.
  5. Sifat buah hampir sama persis dengan induknya – karena pembiakan dengan cara vegetative (bukan biji).
  6. Bibit sehat – karena kami jual bibit durian bawor yang di rawat secara khusus oleh ahli pembibitan kami.
  7. Garansi uang kembali – jika bibit bukan dari varietas asli dan jika diterima dalam kondisi mati yang disebabkan oleh kesalahan kami.

Asal Usul Durian Jenis Bawor

Durian Bawor Banyumas ( Durio zibethinus ) yang sering di sebut juga dengan Durian Bhineka Bawor adalah bibit durian hasil kreasi Bapak Sarno. Nama lengkapnya adalah Sarno Ahmad Darsono, seorang guru sekolah dasar dan petani durian sukses di Desa Alasmalang Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Penerima penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden sebagai Petani Penangkar Durian Unggul pada 2004.

Durian ini dinamai sebagai durian Bhineka Bawor ( lebih dikenal dengan nama bawor saja ). Nama Bawor adalah diambil dari sosok punakawan Bagong, saudara Petruk. Di Banyumas bagong lebih popular dengan nama Bawor. Durian Bhineka Bawor ini jauh lebih berkelas dari Durian Montong. Buahnya tebal dan rasanya legit. Setelah memegang buah duriannya akan terasa di tangan baunya yang tidak terlalu menyengat.durian bawor

Sifat-Sifat Durian Bhineka Bawor

Bibit durian ini adalah hasil rekayasa dari berbagai macam jenis spesies durian yang di jadikan 1 batang dengan batang pokoknya berasal dari bibit jenis durian montong. Dari spesies-spesies yang lain di carikan bibit durian lokal yang mutunya bagus sehingga menghasilkan mutu buah yang lebih bagus lagi. Bibit durian bhineka bawor memiliki lebih dari satu kaki, yaitu dua kaki, tiga kaki bahkan empat kaki.

Kombinasi tersebut menghasilkan bibit durian jenis bawor yang lebih kokoh karena memiliki banyak kaki, batang-batang bibit tambahan disambung pada batang bibit utama. Hal ini dimaksudkan agar satu pohon bibit unggul ini mampu menyerap zat hara dari dalam tanah dengan kekuatan batang-batang ganda. Sehingga bibit pohon cepat besar karena penyerapan makanan lebih banyak dengan kaki yang banyak. Pohon durian jenis bawor ini mulai belajar berbuah pada usia 3 s/d 4 tahun, bahkan ada yang sudah mampu berproduksi sampai 30 buah per pohon pada usia 3 tahun.bibit durian bawor

Keunggulan Durian Jenis Bawor

Durian Bhineka Bawor juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis lainnya. Keunggulan tersebut antara lain :

  1. Pohonnya cepat berbuah sehingga cocok untuk tujuan komersil dan sangat menguntungkan.
  2. Pohonnya lebih kokoh dan kuat karena di topang akar yang banyak.
  3. Lebih tahan terhadap cuaca kering karena cadangan makanannya banyak (dengan banyaknya akar membuat penyerapan makanan juga lebih banyak).
  4. Lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.durian bawor dalam pot

Penanaman Durian Bawor Dalam Pot / Tabulampot Durian Bawor

tabulampot durian bawor

Menanam Durian Bawor Dalam Pot atau Tabulampot Durian Bawor dapat dilakukan selain dikebunkan atau menanamnya langsung di tanah. Namun mengingat pohon durian jenis bawor merupakan jenis pohon besar sehingga tidak disarankan untuk menanam Durian Bawor Dalam Pot atau Tabulampot Durian Bawor. Selain ukuran pohon yang cenderung besar dan kokoh, pohon buah durian juga memiliki perakaran yang kuat dan menjalar.

Teknik menanam Durian Bawor Dalam Pot atau Tabulampot Durian bawor akan membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Tanaman durian sebenarnya tumbuh paling optimal di tanah langsung di tanah, akan tapi dengan mengikuti teknik yang benar, bukan tidak mungkin durian bisa berbuah di media pot dengan metode menanam Durian Bawor Dalam Pot atau Tabulampot Durian Bawor. Menanam durian dalam pot tidaklah mudah, bahkan tidak sedikit yang gagal meskipun telah melakukan langkah-langkah perawatan secara intensif. Menanam Durian Bawor Dalam Pot tidak seperti menanam di tanah langsung, yang dengan perawatan seadanya pun durian masih bisa berbuah. Biasanya, bunga durian yang keluar pada saat menanam Durian Bawor Dalam Pot / Tabulampot Durian Bawor akan sulit untuk dapat tumbuh secara maksimal. Bahkan untuk menjadi buah yang masak juga tergolong tidak mudah. Ukuran buah yang dihasilkan juga tidak akan optimal sebagaimana penanaman di tanah langsung. Menanam Durian Bawor Dalam Pot atau Tabulampot Durian Bawor lebih ditujukan hanya sebagai tanaman buah hias di halaman rumah saja.

Pengiriman dan Garansi Bibit Buah Durian

Kami Jual Bibit Durian Bawor kaki tiga unggul dan melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia selama terjangkau oleh expedisi. Kami bekerja sama dengan beberapa expedisi ternama seperti  JNE, TIKI, Indah Cargo, JET Ekspress, PT. POS Indonesia , MEX Barlian Dirgantara, Go-Send, Go-Box dll . Kami akan memilihkan dan merekomendasikan jasa expedisi yang paling hemat dan cepat bagi anda.

Garansi kami berikan untuk tiga hal berikut :

  • Bibit mati saat di terima yang diakibatkan kesalahan packing.
  • Bibit terbukti bukan varietas asli.
  • Jumlah dan jenis bibit tidak sesuai dengan pesanan.

Catatan : Pada saat bibit diterima ada kemungkinan bibit buah durian tidak 100% segar dan beberapa daun rontok atau layu, terutama pada pengiriman jarak jauh yang memakan waktu lebih dari 3 hari. Hal ini wajar dan anda tidak perlu khawatir karena tanaman buah mengalami stress selama perjalanan. Untuk mengatasinya jangan langsung menanam tanaman buah di tempat yang panas atau kena sinar matahari langsung. Tempatkan Bibit Buah Durian di tempat yang teduh dan lembab, tambahkan media tanam kemudian disiram sampai media tanam basah.

Berikut Adalah Cara Mudah Budidaya Bibit Durian Jenis Bawor

Pemilihan Bibit Durian

Bibit buah yang berkualitas adalah memiliki batang tanaman buah yang kokoh, berdaun rimbun, segar dan berwarna hijau cerah. Perakarannya banyak dan kuat. Kriteria bibit buah ideal bisa anda dapatkan di Tanamanmart. Kami Jual Bibit Durian Bawor Berkualitas dan sehat. Harga Bibit Durian Bawor yang kami tawarkan bervariasi. Info lengkap tentang Harga Bibit Durian Bawor silahkan klik di sini.

Pemilihan Lahan

jual bibit durian bawor

Setelah Bibit buah durian sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah pemilihan lokasi. Pilih lahan yang memiliki ukuran cukup luas supaya dapat digunakan untuk menanam beberapa bibit tanaman buah durian. Jarak minimal antar pohon adalah 10×10 meter. Pastikan tidak ada naungan yang menghalangi sinar matahari. Lakukan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm. Setelah lubang tanam selesai dibuat selanjutnya isi lubang tanam dengan campuran tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang. Diamkan lubang tanam selama satu pekan supaya gas yang terkandung di dalam tanah hilang karena terkena sinar matahari dan tersapu angin.

Tahap Penanaman Bibit Buahharga bibit durian bawor

Proses penanaman yang dilakukan untuk Bibit Durian Bawor Dalam Pot atau Tabulampot Durian Bawor maupun secara langsung di tanah, Sobek polybag secara perlahan dan buang polybag bekasnya. Hati-hati pada saat melakukannya dan usahakan jangan sampai merusak akar bibit. Selanjutnya masukkan ke dalam lubang tanam dan timbun serta padatkan secara perlahan. Setelah proses penanaman selesai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya sampai tanah atau media tanam basah.

Melakukan perawatan

Perawatan tanaman buah durian adalah dengan melakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Sebaiknya penyiraman dilakukan secara rutin, tetapi batang akar jangan sampai tergenang. Pemberian pupuk bisa dilakukan setiap dua pekan sekali atau minimal sebulan sekali. Perawatan lainnya adalah dengan melakukan pemangkasan, yaitu proses pemotongan sebagian ranting dan cabang tanaman. Hal ini perlu dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman buah durian. Tujuan dari proses pemangkasan tanaman buah durian adalah untuk memperpendek tinggi pohon, sehingga proses panen lebih mudah. Pemangkasan juga berfungsi untuk memperbanyak ranting atau cabang dan meremajakan tanaman. Dengan pemangkasan yang dilakukan pada ujung-ujung cabang yang lebat berguna untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah. Hal yang paling penting dan perlu diingat adalah pemangkasan untuk bibit buah durian tidak boleh dilakukan terlalu sering dan harus dilakukan secara hati-hati.

 

==============================================================================================================================================================================================================

Artikel Terkait Pohon Durian Bawor Banyumas

Durian Bawor Banyumas Vs Durian Montong Thailand

Durian Bawor Banyumas sering dikait-kaitkan dengan durian montong. Banyak yang bilang bahwa bawor adalah montongnya Banyumas. Apa saja sih kelebihannya ? Nah, Artikel ini akan membahas keunggulan dari kedua jenis durian favorit tersebut.

Durian bhineka Bawor merupakan jenis durian unggulan yang layak dibudidayakan karena mutu dan kualitasnya sangat baik. Salah satu keunggulannya adalah meskipun masih pendek sudah mampu berbuah lebat. Jenis durian lain yang layak menjadi pesaing jenis bawor adalah durian montong.

Dari segi bentuk buah, bawor memang hampir mirip dengan durian montong. Warna dan tekstur daging durian bawor kuning keemasan lebih mirip dengan durian petruk dan durian Medan. Soal rasa durian bawor terbukti paling lezat.

Meskipun saat ini masih belum banyak yang mengenal pohon durian bawor Banyumas, namun seiring dengan berkembangnya teknologi informasi berupa internet membuat  pohon durian bawor Banyumas dan buahnya mulai banyak diminati oleh pecinta durian dan para pelaku usaha agribisnis.

pohon durian bawor

Sejarah Pohon Durian Bawor Banyumas

Lahirnya pohon durian bawor Banyumas merupakan hasil kerja dari Bapak Sarno Ahmad Darsono. Sarno merupakan seorang pengajar salah satu sekolah dasar di Alas Malang, Kemrajen, Banyumas.

Pak Sarno mempunyai kemampuan yang cukup unik dan tidak dimiliki oleh sembarang orang yaitu bisa menilai kualitas durian, bahkan hanya dengan melihat bijinya saja, pak Sarno sudah bisa mengetahui jenis durian tersebut.

Kemampuan ini sudah dimilikinya semenjak usia dini saat Sarno kecil sering diajak  menemani sang ayah mencari durian sampai ke pelosok desa. Hal ini membuatnya selalu terobsesi dengan buah durian.

Pada usia tujuh tahun, Sarno sudah mampu membedakan durian berdasarkan jenisnya. Dengan memegang dan menimbangnya, ia tahu durian yang ada di tangannya telah matang atau belum, berkulit tebal atau tipis.

Ketajaman penciuman ikut membantu dia memilah durian yang puket (manis, berlemak, dan beralkohol) atau bukan. Dalam memori ingatannya terekam dengan baik koleksi durian apa saja yang berkualitas baik. Sebut misalnya durian petruk, sunan, dan kuningmas. Kepekaannya itu telah membantu sang ayah mengumpulkan durian, dan menjualnya di pasar-pasar di Banyumas.

durian bhineka bawor

Mempercepat Masa Berbuah

Dengan berbagai pengalaman sewaktu kecil, akhirnya Sarno nekat memadukan 20 jenis durian lokal dengan teknik okulasi. Waktu tunggu durian sampai berbuah yang rata-rata berkisar sekitar 8 tahun, dia targetkan hanya menjadi 3-4 tahun.

Menurut keterangan dari putra Bapak Sarno Ahmad Darsono yang bernama Budiatno, teknik menggabung-gabungkan bibit unggul durian menjadi satu pohon dengan cara okulasi yang ayahnya ciptakan biasa disebut teknik sarakapita. Keunggulan teknik ini adalah munculnya rasa baru, pohon akan cepat besar karena banyaknya akar yang mencari makan, pohonpun cenderung lebih kokoh dan tidak mudah roboh. Ia mengatakan jika teknik inilah yang digunakan untuk menciptakan pohon durian bawor Banyumas.

Setelah melakukan banyak eksperimen terhadap pohon-pohon duriannya, akhirnya pada tahun 2000 an, Sarno bisa menghasilkan 30-40 buah durian oranye yang beda dari aslinya.

Durian yang dihasilkan memiliki kulit tipis, tekstur daging yang lebih tebal, warna dagingnya cenderung kemerahan, terasa seperti durian petruk, dan ukurannya besar.durian bawor

Keunggulan Durian Bhineka Bawor

Durian ini memiliki rasa manis yang sangat khas dengan ketebalan dan kelembutan daging buah yang luar biasa.

Durian Bhineka Bawor dikenal karena memiliki kulit yang tipis, berbiji kecil, daging buah durian jenis ini lebih tebal dan berwarna oranye dengan rasa yang sangat lezat. Rasa dagingnya lebih legit, terdapat sedikit rasa pahit yang justru membuat durian bhineka bawor terasa lebih nikmat.

Berat satu buah durian bhineka bawor rata-rata adalah 6-9 kg dan bobot maksimalnya mencapai 15 kg. Selain itu, semakin bertambah tua usia pohon, buahnya semakin lebat.

Buah durian bhineka bawor ini mampu tahan selama 5-7 hari setelah matang dari pohon. Pohon durian bawor Banyumas juga kuat karena ditopang oleh banyak akar. Tanaman buah ini juga lebih tahan terhadap cuaca yang kering. Selain itu, pohon durian bawor juga lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Durian bhineka Bawor ini jauh lebih berkelas dari Durian Montong. Aroma durian yang tertinggal di tangan setelah memegang buahnya tidak terlalu menyengat.

durian bawor banyumas

Kelebihan Bibit Durian Bawor

Musim durian biasanya terjadi sekali dalam setahun. Berbeda dengan Durian pada umumnya, pohon Durian Bawor  Banyumas mempunyai keistimewaan yang bernilai ekonomis tinggi yaitu cepat berbuah. Pohon berbunga dan berbuah sepanjang tahun, sehingga pohon dapat dipanen tiga kali dalam setahun.

Harga Bibit Durian Bawor ini relatif tinggi dari jenis durian montong biasa, akan tetapi tingginya harga bibit durian bawor tersebut tentunya sesuai dengan kualitas buah yang di hasilkan. Hal ini wajar jika harga bibit durian bawor lebih mahal dari durian montong karena durian bawor ini memang lebih berkualitas dan lebih enak.

Salah satu yang menjadi keistimewaan pohon durian bawor Banyumas dibanding jenis durian lainnya ialah mempunyai akar ganda. Bibit pohon durian bawor Banyumas memiliki akar lebih dari satu, ada yang tiga atau empat akar sekaligus. Adapun tujuan dari keberadaan akar banyak itu antara lain:

  • Membuat pohon durian bawor lebih kuat sehingga tahan terhadap guncangan akibat angin kencang
  • Lebih tahan terhadap kekeringan lantaran perakarannya banyak sehingga mempunyai cukup tersedia cadangan makanan.
  • Tanaman durian ini dapat dijadikan sebagai tanaman penahan longsor dan banjir karena akarnya banyak serta kokoh.
  • Mampu meningkatkan cadangan makanan sehingga nutrisi yang diproduksi lebih banyak dan menjadikan mutu buahnya juga baik.

Setelah kita tahu berbagai kelebihan dari durian bawor saatnya untuk membahas pesaing utamanya yaitu durian montong.

Dikembangkan di Thailand

Keanekaragaman durian Indonesia memang luar biasa. Tak heran jika negara semacam Thailand rela membeli pohon durian untuk dikembangkan di negaranya dan menjajah penggemar durian dunia dengan produk Indonesia yang dikemas ulang. Pencinta durian pasti mengenal Durian Montong. Jika durian dianggap sebagai Rajanya Buah, Durian Montong adalah Rajanya Durian. Sering kita dengar tentang asal usul Si Raja Durian ini yang disebutkan berasal dari negara Thailand, bahkan dianggap sebagai buah khas Thailand. Tidak sedikit buah Durian Montong yang dijual di Indonesia diimpor dari Thailand. Termasuk anakan atau bibit pohonnya. Durian Montong memang salah satu kultivar buah durian yang dikembangkan di Thailand. Namun sebenarnya plasma nutfah / bibit asli  Durian Montong berasal dari Jawa Tengah Indonesia.durian montong

Merajai Pasaran Indonesia

Varietas Durian Montong Thailand dihasilkan dari pohon durian asli Indonesia. Dr. Ir. Endang Yuniastuti Msi, peneliti durian dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, menjelaskan bahwa induk Durian Montong adalah Durian Sukun, yang diambil dari Matasih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dari spesies asli Indonesia tersebut, Thailand kemudian berhasil mengembangkan varietas unggulan yang kemudian dinamakan Durian Montong. Varietas unggulan tersebut kemudian terkenal dan merajai pasaran durian di Indonesia. Mengalahkan berbagai jenis durian lokal Indonesia bahkan varietas durian milik Indonesia

Indonesia terlambat dan kurang serius mengembangkan potensi durian yang dimiliki. Kalah jauh dengan dua negara tetangga, yakni Malaysia dan Thailand. Indonesia juga kalah dari jumlah varietas unggulan durian yang berhasil dikembangkan. Seharusnya dengan kekayaan ragam jenis pohon durian yang dimiliki, Indonesia akan mampu mengembangkan varietas-varietas unggul buah durian yang lebih berkualitas dan terkenal.

Sangat digemari

Buah Durian Montong adalah jenis buah yang sering mendapat julukan sebagai raja buah. Buah tropis ini disukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis legit, bobot buahnya mencapai 6 kg, daging tebal dan beraroma harum. Durian merupakan salah satu jenis buah yang cukup banyak digemari di Indonesia. Durian memang memiliki cita rasa yang khas. Selain itu, jenis durian yang satu ini memiliki biji yang kecil sehingga kelezatan dan kepuasan saat mengkonsumsinya akan semakin terasa.

Bagi yang gemar makan buah Durian Montong tapi enggan membeli karena mahal, maka solusinya adalah dengan cara menanam bibit durian sendiri sehingga dapat menikmati Durian Montong gratis tanpa membeli. Menanam Durian Montong sangat mudah dilakukan. Harga bibit Durian Montong juga cukup terjangkau daripada harus melakukan pembibitan sendiri. Bagi yang mempunyai lahan luas tidak ada salahnya untuk sekalian budidaya. Durian montong memiliki keunggulan yaitu buah yang dihasilkan oleh pohonnya lebih banyak dari pohon durian lainnya. Selain dapat dikonsumsi pribadi, juga akan mendapatkan keuntungan dari budidaya Durian Montong tersebut.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa keistimewaan durian bhineka bawor dibanding jenis durian lainnya sampai saat ini masih belum ada yang mampu mengalahkannya bahkan oleh durian montong sekalipun. Hal ini terbukti dengan masih tingginya harga jual bibit durian bawor. Harga jual bibit durian bawor dan pohon durian bawor lebih tinggi dibandingkan jenis montong. Meskipun durian bhineka bawor belum sepopuler montong namun tidak akan lama lagi keunggulannya akan menggantikan posisi jenis montong. Bagi anda yang tertarik melakukan budidaya dan ingin mendapatkan harga bibit durian bawor yang terjangkau silahkan hubungi kami. Kami jual bibit durian bawor yang berkualitas. Harga bibit durian bawor yang kami tawarkan sangat bervariasi baik yang mempunyai kaki ganda maupun kaki tunggal. Informasi tentang harga bibit durian bawor silahkan klik di sini.

==============================================================================================================================================================================================================

DAPATKAN ANEKA BIBIT BUAH UNGGULAN ASLI, BERKUALITAS DAN BERGARANSI HANYA DI

TEMPAT KAMI

Kami Jual Bibit Durian Bawor dan bibit buah lainnya.

Untuk informasi lebih lengkap Harga Bibit Durian Bawor dan Bibit Buah yang lain silahkan KLIK DI SINI

Bisa juga datang langsung ke lokasi atau hubungi sales marketing kami:

Showroom dan Marketing Office TanamanMart :

Jl.Tegal Danas No.38 Kp.Bugelsalam RT.001 RW.003 Ds.Sertajaya Kec.Cikarang Timur Kab.Bekasi 17823 ( Belakang Stadion Wibawa Mukti / Depan SMPN 1 Cikarang Timur )

Phone: (021) 2851 2658

HP      : 0812-8466-9886 (SMS/WA/TELP)

BBM      :D5F65FEF


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Ulasan

Belum ada review.

Be the first to review “Bibit Durian Bawor”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *