Bibit Bidara

Rp75.000

Jual Bibit Bidara, Salah satu Manfaat daunnya adalah untuk obat jerawat, membersihkan kulit dari kotoran, dan menjaga kulit dari kerusakan. Tanaman buah ini sangat cocok untuk di kebunkan, karena bersifat genjah atau mudah berbuah. Tanpa perlakuan khusus bidara sudah mampu berbuah lebat. Tanaman Buah ini baik ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Selain dapat dikebunkan dapat juga dibudidayakan dengan cara menanam bidara Dalam Pot atau tabulampot. Kami jual bibit bidara asli, unggul, berkualitas dan bergaransi. Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia selama terjangkau ekspedisi.

Deskripsi

Jual Bibit Bidara – Bibit Bidara – Harga Bibit Bidara – Pohon Bidara – Bibit Pohon Bidara – Jual Bibit Pohon Bidara – Daun Bidara

Di beberapa daerah di Dunia termasuk Indonesia, pohon bidara ini mempunyai banyak nama, salah satunya yang terkenal dalam bahasa Arab disebut “sidr”. Bibit bidara (Ziziphus mauritiana) biasa tumbuh di daerah yang cenderung kering. Karakter pohon buah ini mempunyai tinggi sekitar 5 sampai dengan 16 meter. Baik ranting dan cabangnya berjumlah cukup banyak dengan jenis daun hijau yang memiliki banyak duri. Salah satu Manfaat daunnya adalah untuk obat jerawat, membersihkan kulit dari kotoran, dan menjaga kulit dari kerusakan. Di tanah air daun mudanya banyak diolah sebagai sayuran, daun-daunnya dapat pula dijadikan pakan dan dijadikan kapsul untuk membantu dalam proses rukyah atau penangkal dari gangguan jin/sihir. Tidak ketinggalan buahnya yang berasal dari kultivar unggul dapat dimakan dalam keadaan segar, atau diperas menjadi minuman penyegar atau dibuat manisan. Di Asia Tenggara, buah yang belum matang dimakan dengan garam bahkan buahnya juga dapat direbus dan menghasilkan sirup.

jual bibit bidara

Spesifikasi Dan Harga Bibit Bidara

Harga Jual Bibit Bidara Ukuran P25 (polybag diameter 25cm) 

  • Tinggi bibit sekitar 20 – 80 cm
  • Cara perbanyakan : Okulasi
  • Umur bibit : minimal 6 bulan
  • Harga bibit bidara : mulai 75 rb

Ukuran P35 (polybag diameter 35cm)

  • Tinggi bibit sekitar 1-1.5 m
  • Cara perbanyakan : Okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Harga bibit bidara : mulai 150 rb

Tabulampot Bidara

  • Tinggi bibit minimal 1 meter.
  • Cara perbanyakan: okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Media tabulampot : Pot plastik atau drum
  • Harga : call sales.

7 Alasan Anda Harus Membeli Bibit Dari Kami :

  1. Bibit cukup umur dan siap tanam – kami jual bibit bidara yang telah di rawat dalam polybag atau pot minimal 6 bulan dengan jumlah dan kondisi akar yang kuat sebelum siap jual.
  2. Bibit lebih cepat berbuah – karena pembiakan dengan cara okulasi atau cangkok yang jauh lebih cepat dibanding pembiakan dari biji. Pencangkokan atau okulasi juga dilakukan pada indukan yang dewasa dan telah berbuah.
  3. Bibit bebas penyakit dan hama – kami jual bibit bidara yang diperbanyak dari indukan yang sehat, bebas penyakit dan hama.
  4. Bibit tidak mandul – kami jual bibit bidara yang berasal dari indukan yang sudah terbukti berbuah dan produktif.
  5. Sifat buah hampir sama persis dengan induknya – karena kami jual bibit bidara dengan cara pembiakan vegetative (bukan biji).
  6. Bibit sehat – kami jual bibit bidara yang telah di rawat secara khusus oleh ahli pembibitan kami.
  7. Garansi uang kembali – jika bibit bukan dari varietas asli dan jika diterima dalam kondisi mati yang disebabkan oleh kesalahan kami.

bibit bidaraMengenal Keunggulan Bidara

Tanaman buah Sidr diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tengah. Ia berkembang biak secara alami maupun dengan campur tangan manusia hingga kemudian bisa ditemukan di berbagai penjuru dunia, termasuk Malaysia, Indonesia, bahkan Australia. Sejumlah negara tercatat sebagai pembudidaya pohon ini dalam skala besar. Di antaranya adalah India dan China. Di Indonesia saat ini sudah ada yang membudidayakannya, namun dapat dikatakan masih sangat sedikit.

Karakter fisik tanaman buah ini adalah berupa pohon berakar tunggang yang dapat tumbuh hingga ketinggian 15 m. Kulit kayunya berwarna cokelat kemerahan atau keabuan. Dan kayunya kemerahan, kuning kecokelatan, sampai cokelat gelap. Tekstur kayunya halus, bersifat keras dan tahan lama. Karena itu, di sejumlah daerah kayunya dijadikan bahan kerajinan, perabot rumah tangga, konstruksi bangunan, mebel, peti pengemas, dan kayu lapis.

Orang Bali biasa menjadikannya gagang kapak, pisau, pahat, dan perkakas pertukangan dan pertanian lainnya. Selain itu, ia termasuk berkualitas tinggi bila dijadikan kayu bakar dan arang. Di India, pohon buah yang satu ini dijadikan media budidaya kutu lak (sejenis serangga). Ranting-ranting yang sudah terbungkus kotoran kutu lak dipanen untuk diolah menjadi sirlak. Sirlak adalah salah satu komponen peracikan politur (pewarna kayu dalam kerajinan mebel).

Tanaman buah ini sangat cocok untuk di kebunkan, karena bersifat genjah atau mudah berbuah. Tanpa perlakuan khusus bidara sudah mampu berbuah lebat. Tanaman Buah ini baik ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Selain dapat dikebunkan dapat juga dibudidayakan dengan cara menanam bidara Dalam Pot atau dikenal dengan istilah Tabulampot Bidara. Informasi lengkap tentang harga bibit bidara silahkan klik di sini

Menanam Bidara Dalam Pot / Tabulampot Bidara

daun bidara

Menanam Bidara Dalam Pot atau Tabulampot Bidara dapat dilakukan selain dikebunkan atau menanamnya langsung di tanah. Bibit buah ini sangat mudah tumbuh dan beradaptasi di dataran tinggi maupun rendah, sehingga perawatannya relatif sangat mudah. Masa berbuah rata-rata antara 2-3 tahun dengan perawatan dan pemberian pupuk yang teratur, bahkan sudah ada yang bisa berbuah dibawah 2 tahun. Bagi anda yang berminat melakukan budidaya dan membutuhkan bibit buah jenis ini, kami sediakan bibit pohonnya. Kami Jual Bibit Bidara Unggulan. Informasi lengkap tentang Harga Bibit Bidara dapat dilihat di katalog bibit buah kami atau silahkan klik di sini.

 Pengiriman dan Garansi Bibit

Kami Jual Bibit Bidara Unggul dan melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia selama terjangkau oleh expedisi. Kami bekerja sama dengan beberapa expedisi ternama seperti  JNE, TIKI, Indah Cargo, JET Ekspress, PT. POS Indonesia , MEX Barlian Dirgantara, Go-Send, Go-Box dll . Kami akan memilihkan dan merekomendasikan jasa expedisi yang paling hemat dan cepat bagi anda.

Garansi kami berikan untuk tiga hal berikut :

  • Bibit mati saat di terima yang diakibatkan kesalahan packing.
  • Bibit terbukti bukan varietas asli.
  • Jumlah dan jenis bibit tidak sesuai dengan pesanan.

Catatan : Pada saat bibit diterima ada kemungkinan bibit buah tidak 100% segar dan beberapa daun rontok atau layu, terutama pada pengiriman jarak jauh yang memakan waktu lebih dari 3 hari. Hal ini wajar dan anda tidak perlu khawatir karena tanaman buah mengalami stress selama perjalanan. Untuk mengatasinya jangan langsung menanam tanaman buah di tempat yang panas atau kena sinar matahari langsung. Tempatkan Bibit Buah di tempat yang teduh dan lembab, tambahkan media tanam kemudian disiram sampai media tanam basah.

Berikut Adalah Cara Mudah Budidaya Bibit Bidara

Pemilihan Bibit

Bibit buah yang berkualitas adalah memiliki batang tanaman buah yang kokoh, berdaun rimbun, segar dan berwarna hijau cerah. Perakarannya banyak dan kuat. Kriteria bibit buah ideal bisa anda dapatkan di TanamanMart. Kami Jual Bibit Bidara Berkualitas dan sehat. Harga Bibit Bidara yang kami jual sangat bervariasi. Info lengkap tentang Harga Bibit Bidara silahkan klik di sini.bibit pohon bidara

Pemilihan Lahan

Setelah Bibit buah tersedia, tahap berikutnya adalah pemilihan lokasi. Pilih lahan yang memiliki ukuran cukup luas supaya dapat digunakan untuk menanam beberapa bibit tanaman buah. Jarak minimal antar pohon adalah 6×6 meter. Pastikan tidak ada naungan yang menghalangi sinar matahari. Lakukan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm. Setelah lubang tanam selesai dibuat selanjutnya isi lubang tanam dengan campuran tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang. Diamkan lubang tanam selama satu pekan supaya gas yang terkandung di dalam tanah hilang karena terkena sinar matahari dan tersapu angin.harga bibit bidara

Tahap Penanaman Bibit

Proses penanaman yang dilakukan untuk Bibit Bidara Dalam Pot atau Tabulampot Bidara maupun secara langsung di tanah, Sobek polybag secara perlahan dan buang polybag bekasnya. Hati-hati pada saat melakukannya dan usahakan jangan sampai merusak akar bibit. Selanjutnya masukkan ke dalam lubang tanam dan timbun serta padatkan secara perlahan. Setelah proses penanaman selesai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya sampai tanah atau media tanam basah.jual bibit bidara

Melakukan Perawatan

Perawatan tanaman buah terutama Bidara Dalam Pot adalah dengan melakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Sebaiknya penyiraman dilakukan secara rutin, tetapi batang akar jangan sampai tergenang. Pemberian pupuk bisa dilakukan setiap dua pekan sekali atau minimal sebulan sekali. Perawatan lainnya adalah dengan melakukan pemangkasan, yaitu proses pemotongan sebagian ranting dan cabang tanaman. Hal ini perlu dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman. Tujuan dari proses pemangkasan tanaman buah adalah untuk memperpendek tinggi pohon, sehingga proses panen lebih mudah. Pemangkasan juga berfungsi untuk memperbanyak ranting atau cabang dan meremajakan tanaman. Dengan pemangkasan yang dilakukan pada ujung-ujung cabang yang lebat berguna untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

==============================================================================================================================================================================================================

Artikel Terkait Pohon Bidara

Pohon Bidara & Daun Bidara – Tumbuhan Paling Dicari Saat ini

Bidara,  atau dalam bahasa arab dikenal dengan sidr ini merupakan tanaman yang berasal dari Arab, sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah tropis serta Asia Barat dan dapat tumbuh di lembah-lembah sampai ketinggian 500 m dpl. Salah satu Manfaat daun bidara adalah untuk obat jerawat, membersihkan kulit dari kotoran, dan menjaga kulit dari kerusakan.

Di Indonesia, daun mudanya diolah sebagai sayuran. Daun-daun tua dapat dijadikan pakan ternak dan dibuat kapsul untuk membantu dalam proses rukyah (penangkal gangguan jin/sihir). Di Jawa, kulit kayunya bisa digunakan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, sedangkan di Malaysia bubur kulit kayunya dapat dimanfaatkan untuk obat sakit perut. Nah, bagi anda yang sedang mencari bibitnya, kami jual bibit bidara unggul. Ingin tahu lebih rinci tentang harga bibit bidara..? silahkan klik di sini.

pohon bidara

Morfologi Daun Bidara

Daun bidara berwarna hijau, termasuk daun tunggal dan terletak berseling. Bentuknya bulat telur menjorong atau jorong lonjong berukuran 2–9 cm x 1.5–5 cm, bertepi rata atau sedikit menginggit, mengkilap di sisi atas, dan rapat. Berambut kempa keputihan di sisi bawahnya dengan tiga tulang daun utama yang tampak jelas membujur sejajar, bertangkai pendek 8–15 mm. Daun ini sering diambil manfaatnya oleh sebagian besar masyarakat kita. Daun yang masih muda bisa dijadikan sayur dan yang sudah tua untuk pakan ternak. Air rebusannya bermanfaat sebagai jamu. Uniknya, jika diremas-remas di dalam air, daun bidara menghasilkan busa seperti sabun. Daun ini biasanya dipakai untuk memandikan orang yang sakit demam (sebagai terapi) dan untuk memandikan jenazah.

Bunga bidara berbentuk payung dan tumbuh di ketiak daun, dengan panjang 1–2 cm. Warnanya kekuningan dan berbau agak harum. Sedang buahnya berbentuk bulat hingga bulat telur, dengan ukuran hingga 6 cm × 4 cm. Warna Kulit buah awalnya hijau, kekuningan, lalu kemerahan, kemudian akan berubah kehitaman setelah masak. Daging buahnya putih, rasanya manis kala sudah masak.

pohon bidara

Karakteristik Buah

Di dalam buah bidara terdapat biji berwarna krem beralur-alur tak teratur. Sebenarnya itu adalah tempurungnya. Inti bijinya terdapat di dalamnya, dan biasanya berjumlah dua (ada juga yang hanya satu). Pada saat melakukan budidaya, supaya lebih cepat tumbuh, biji yang akan disemai sebaiknya dipecah dulu agar inti bijinya terlihat. Ada beberapa cara dalam mengkonsumsi buah ini. Bisa dimakan langsung, dijadikan minuman segar, dikeringkan, atau dijadikan manisan. Bila masih muda bisa dimakan dengan garam atau dirujak.

Tanaman bidara ini banyak sekali manfaatnya terhadap tubuh. Kandungan nutrisi buah ini cukup banyak di antaranya Gula, Serat, Protein, Vit. B1, A, dan C, Lemak, Karoten, Zat Besi, juga Fosfor. Di dalam bidara juga terkandung senyawa-senyawa seperti flavanoid, alkane, dan aldehid. Sedangkan kandungan mineralnya adalah natrium, kalium, dan kalsium yang salah satu khasiatnya untuk mengobati asam urat. Kita sudah tak asing lagi bukan mendengar penyakit ini. Jenis penyakit yang menyerang sistem persendian. Kondisi yang diakibatkan oleh asam urat ini berupa nyeri yang amat sangat, rasa panas di persendian dan pembengkakkan sendi. Penyerangannya sendiri lebih ke bagian lutut, tangan, pergelangan tangan, jari-jari kaki, dan pergelangan kaki.

Asam urat ini bisa diakibatkan oleh pengangkatan beban yang terlalu berat sehingga mengakibatkan tangan kelebihan muatan. Atau bisa juga disebabkan oleh faktor makanan yang memicu asam urat seperti alkohol. Orang-orang yang terkena asam urat ini biasanya para penderita hipertensi, diabetes, dan obesitas.

bidara

Mengobati Asam Urat

Asam urat ini, biasanya lebih sering menyerang laki-laki. Akan tetapi kaum wanita juga tidak menutup kemungkinan dapat terjangkit penyakit ini. Untuk itu, rawatlah tubuh Anda agar tidak terjangkit  oleh penyakit ini. Lakukan hal-hal yang berguna seperti menjaga pola makan dan makanan yang akan dikonsumsi serta berolah raga secara rutin. Apalagi asam urat sudah kambuh pastinya akan terasa sangat menyiksa. Untuk itu, segera obati asam urat Anda dengan ramuan alami dan tradisional yang aman dan mudah. Yaitu dengan menggunakan daun bidara. Pembuatan ramuan daun bidara ini tidak berbeda jauh dengan pembuatan ramuan seperti biasanya. Anda cukup menyiapkan beberapa helai daun bidara saja dan tidak perlu bahan tambahan lainnya. Daun yang sudah disiapkan dicuci terlebih dahulu hingga bersih, lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu angkat dan tunggu dingin baru dikonsumsi. Untuk memaksimalkan khasiatnya, lakukan cara ini secara rutin hingga asam urat Anda berangsur-angsur hilang.

Berikut Ini Penjelasan Tentang Manfaat Daun Bidara

  1. Membersihkan Jerawat

Jerawat tidak jarang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Anda dapat menyembuhkan jerawat dengan bahan-bahan herbal, salah satunya yaitu lakukan perawatan masker bidara. Daun bidara terbukti ampuh sebagai masker untuk menghilangkan jerawat. Khasiat daun ini bisa anda manfaatkan untuk dijadikan masker pada kulit wajah. Penggunaan daun pohon ini sebagai masker wajah bermanfaaat untuk membersihkan kulit dari kotoran, membersihkan jerawat, dan mencegah  kulit dari kerusakan yang diakibatkan jerawat.

Untuk orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan rentan terkena jerawat di wajah. Masalah jerawat dapat menyebabkan kerusakan kulit wajah. Oleh karena itu, manfaatkan masker daun ini.

Berikut langkah-langkah membuat masker:

  • Siapkan beberapa lembar daun kemudian cuci sampai bersih.
  • Tumbuk sampai halus dan masukkan ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan sedikit air ke dalam mangkuk tersebut.
  • Setelah berbentuk seperti pasta kental, maka oleskan pada kulit wajah (sebagai masker).
  • Diamkan hingga masker wajah mengering.
  • Bilas wajah dengan air tanpa sabun hingga bersih.

Untuk  menghilangkan jerawat dengan daun bidara tidaklah instan, butuh proses dan ketekunan. Ulangi langkah diatas secara teratur.

  1. Mencegah Diabetes

Penggunaan daun bidara yang menakjubkan manfaatnya adalah untuk mencegah munculnya diabetes. Kandungan senyawa dalam daun bidara kering bekerja secara efektif untuk melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula.

Diabetes terjadi karena tubuh tidak mampu mengatur kadar gula dalam darah, hal lainnya karena kerusakan sistem insulin dalam tubuh, masalah ini bisa berpotensi menimbulkan komplikasi penyakit berupa penyakit ginjal dan jantung.

Daun yang sudah kering dikonsumsi seperti dalam bentuk teh bermanfaat untuk menstabilkan kembali kadar gula dalam darah, dan membantu melindungi sistem pengaturan produksi insulin di dalam tubuh.

Dengan memanfaatkan bahan alami berupa daunnya bermanfaat untuk mencegah terjadinya kenaikan gula darah atau diabetes, karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

  1. Mengobati Diare

Diare ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi BAB yang lebih sering dibandingkan biasanya. Terjadinya diare biasanya akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, parasit ataupun virus. Diare pada umumnya dapat berlangsung beberapa hari dan berpotensi bisa terjadi selama seminggu atau lebih. Penderita diare bisa mengalami gejala seperti sakit perut singkat dengan tinja yang tidak terlalu encer, hingga bisa mengalami kram perut dengan tinja yang sangat encer. Orang yang mengalami diare parah berpotensi juga mengalami demam dan kram perut hebat. Terdapat beberapa jenis tanaman herbal yang berkhasiat untuk pengobatan diare, seperti buah sirsak, jambu biji, buah sawo, pisang klutuk, daun asam, daun bidara, dll. Daun pohon jenis ini memiliki khasiat untuk pengobatan diare. Minumlah teh yang terbuat dari daun bidara , cara pembuatannya juga sangat mudah seperti membuat teh pada umumnya.

  1. Menyembuhkan Luka

Daun bidara memiliki kandungan sifat antiseptik. Daun ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luka bakar dan luka luar lainnya. Kandungan antiseptik dalam daun ini bermanfaat dalam mengobati luka gores atau lecet pada kulit tubuh, bahkan termasuk luka yang disebabkan oleh sariawan. Daun ini akan bekerja untuk membantu menghentikan pendarahan dan mengeringkan luka sehingga cepat pulih, serta mendorong proses regenerasi sel-sel kulit baru.

  1. Meremajakan Kulit

Masalah munculnya tanda-tanda penuaan dini tidak jarang dikeluhkan banyak orang, terutama oleh kaum wanita. Munculnya kerutan halus pada kulit ini seiring dengan pertambahan usia, namun yang menjadi masalah ketika tanda-tanda penuaan tersebut muncul terlalu cepat. Daun pohon jenis ini memiliki manfaat untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit baru, hal ini menjadikan kulit yang berkerut, kering maupun kusam akan bisa tergantikan dengan kulit yang lebih sehat dan indah.

  1. Merawat Kulit Kering

Kulit wajah yang kering menyebabkan seseorang akan terlihat kusam , bahkan kulit terlihat seperti tidak terawat. Sehingga bisa membuat tidak percaya diri. Bagi Anda yang memiliki kulit kering maka harus rajin melakukan perawatan kulit, terutama kulit wajah. Anda bisa memanfaatkan daun pohon ini sebagai bahan utamanya, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  •     Siapkan daun yang masih hijau dan segar, cuci bersih lalu hancurkan.
  •     Campurkan dengan sedikit air, sehingga membentuk seperti pasta.
  •     Aplikasikan sebagai masker pada bagian wajah , dapat juga digunakan pada tangan dan kaki.
  •     Diamkan beberapa saat, agar meresap ke dalam kulit.
  •     Bersihkan kulit dengan air hangat.
  •     Berikan pelembab sesuai dengan jenis kulit.

Lakukan perawatan alami ini secara rutin. Agar manfaatnya lebih efektif,  tambahkan madu atau perasan jeruk lemon sebagai bahan masker.

  1. Mencegah Dampak Buruk dari Paparan Sinar UV

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung akan menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada wajah dan kulit tubuh secara umum, bahkan yang terburuk dari dampak paparan sinar UV adalah radikal bebas. Kulit yang sering terpapar sinar UV akan berdampak buruk seperti kulit terlihat lebih kusam, berminyak, bahkan memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Untuk mencegah hal ini salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan daun pohon bidara. Daun pohon bidara dapat digunakan sebagai masker kulit. Lakukan penggunaan daun  ini sebanyak 3 kali dalam seminggu supaya keindahan kulit tetap terjaga.

  1. Menyehatkan dan Menguatkan Rambut

Daun herbal ini memberikan manfaat besar bagi kesehatan rambut. Kandungan di dalam daun pohon bidara juga berkhasiat untuk melembabkan rambut, mencegah kerontokan, memperindah rambut dan membantu kesuburan rambut.

Agar rambut menjadi selalu sehat, kuat dan tidak mudah rontok. Anda bisa melakukan perawatan alami menggunakan daun pohon bidara. Rebuslah beberapa lembar daun pohon bidara dengan air secukupnya, tunggu hingga dingin, setelah itu aplikasikan ke kulit kepala (seperti halnya hair tonic).

  1. Menghilangkan Bau Ketiak Dan Keringat

Daun pohon bidara dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau ketiak. Jika Anda sedang mengalami masalah bau ketiak yang kurang sedap, ada cara mudah dan manjur untuk mengatasinya.

Siapkan beberapa helai daun pohon bidara, lalu remas-remas supaya menjadi lebih lunak, kemudian tinggal digosokan ke ketiak, lakukanlah pada saat mandi.

jual bibit bidara

Manfaat Buah Bidara

Buah Bidara / Ziziphus Mauritiana / Jujube memiliki gizi yang tidak boleh diremehkan. Buah ini juga enak dimakan dalam bentuk segar, bahkan banyak digunakan sebagai bahan olahan kuliner di berbagai negara.

Buah ini banyak dijual untuk dimakan langsung dalam keadaan segar dan tidak jarang dijadikan minuman segar. Di beberapa daerah, buah dari kultivar unggul diperas menjadi minuman atau dibuat manisan. Di kawasan Asia Tenggara buah yang belum matang dimakan dengan garam ada juga yang direbus dan menghasilkan sirup.

Bentuk buah  yang satu ini menyerupai anggur, tapi kulitnya tidak sekeras anggur. Saat buah berwama hijau, rasanya biasanya pahit keasaman. Saat ranum warnanya berubah menjadi  kuning kemerahan dan kecoklatan. Dapat dipastikan rasanya manis, namun sentuhan asam masih terasa.

Didalam buah ini terkandung banyak vitamin dan mineral. Berikut adalah komposisi gizi rata-rata 100mg buah Ziziphus Mauritiana:

  •     Karbohidrat 17g
  •     Protein 0.8g
  •     Lemak 0,07 g
  •     Gula 10.5g
  •     Kalsium 6mg
  •     Fosfor ~ 6mg
  •     Besi 0.15mg
  •     Potassium 70mg
  •     Sodium 1mg
  •     Seng 0,01mg
  •     Magnesium 3mg
  •     Karoten 0,021 mg
  •     Tiamin 0,024 mg
  •     Riboflavin 0.038mg
  •     Niacin 0,087mg
  •     Asam sitrat 1,1 mg
  •     Asam askorbat 75 mg
  •     Flavonoid

Karena mengandung mineral dan vitamin yang cukup tinggi, buah ini memberikan manfaat penting untuk kesehatan tubuh mulai dari sistem peredaran darah hingga penampilan kulit tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

  1. Mencegah Pilek Dan Batuk

Buah bidara kaya akan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit batuk dan pilek, ataupun penyakit akibat cuaca.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Buah satu ini kaya akan potasium dan vitamin B-kompleks yang terbukti khasiatnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Sumber Antioksidan

Buah ini merupakan sumber antioksidan yang baik, yang bermanfaat untuk membantu proses peremajaan sel-sel tubuh, dan menjaga fungsi organ hati dan ginjal.

  1. Kesehatan Kulit Tubuh

Kandungan antioksidan memberikan solusi penting untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Buah ini juga sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit karena faktor eksternal akibat sengatan matahari, kulit kering, dan keriput.

  1. Mengobati Gangguan Pencernaan

Buah ini secara alami mengobati berbagai gangguan pencernaan. Khasiatnya membantu dalam sekresi enzim, sehingga menjaga fungsi organ pencernaan agar selalu bekerja secara normal. Khasiatnya juga dapat mengobati sembelit jika digunakan dalam bentuk kering.

  1. Meningkatkan Energi

Buah dari tanaman ini menjadi sumber energi yang bagus. Dengan cara mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat mengurangi kelelahan dan membantu menghasilkan tenaga atau energi untuk beraktifitas.

  1. Memperkuat Otot, Tulang Dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor yang ditemukan di dalam buahnya terbukti mampu membantu penguatan otot tubuh, tulang dan gigi.

  1. Membantu Penyembuhan Luka

Buah yang satu ini mengandung beberapa asam amino penting yang bermanfaat membantu sel tubuh dalam membangun berbagai jenis protein yang penting untuk penyembuhan luka.

  1. Menenangkan Sistem Saraf

Buah jenis ini memiliki khasiat untuk meredakan stress akibat depresi dan membantu menenangkan sistem saraf tubuh. Dengan melakukan konsumsi buah ini secara teratur terbukti mampu meredakan stress dan kecemasan, serta mengatasi masalah insomnia (susah tidur).

  1. Meningkatkan Imunitas Dan Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid yang ditemukan di dalam buah ini bermanfaat untuk menangkal paparan radikal bebas dalam sistem peredaran darah penyebab jantung tersumbat dan gangguan kardiovaskular lainnya. Senyawa Flavonoid di dalam Buahnya memiliki fungsi anti-oksidan, anti-inflamasi dan anti-kanker yang baik. Hal ini berperan penting dalam menurunkan risiko pembentukan sel kanker yang berbahaya.

jual bibit pohon bidara

Manfaat Lain Dari Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon bidara memanglah kaya manfaat. Tak hanya daun, buah, dan kayunya. Kulit kayu dan akarnya pun bisa diambil manfaatnya. Kulit kayunya biasa dugunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dan obat luka. Kulit akarnya memiliki khasiat lain, setelah dicampur pulasari dan bawang putih bisa dijadikan obat kencing nyeri dan berdarah.

Di Jawa, kulit kayu pohon bidara digunakan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, adapun di Malaysia tidak jarang digunakan sebagai obat sakit perut. Akar bibit pohon bidara dapat dimanfaatkan untuk membantu pertumbuhan rambut yang baik, serta mengurangi demam yang diakibatkan oleh penyakit lain seperti cacar air dan campak. Bagi anda yang ingin melakukan budidaya tanaman ini namun terkendala dengan ketersediaan bibit pohonnya, anda tidak perlu khawatir lagi. Kami Jual Bibit Bidara unggul dan berkualitas. Kami Jual bibit bidara dengan harga yang sangat terjangkau. Informasi lengkap harga bibit bidara silahkan klik di sini. Selain Jual Bibit Bidara kami juga menyediakan aneka bibit buah unggulan.

==============================================================================================================================================================================================================

DAPATKAN ANEKA BIBIT BUAH UNGGULAN ASLI, BERKUALITAS DAN BERGARANSI HANYA DI

TEMPAT KAMI

Kami Jual Bibit Bidara dan bibit buah lainnya.

Untuk informasi lebih lengkap Harga Bibit Bidara dan Bibit Buah yang lain silahkan KLIK DI SINI

Bisa juga datang langsung ke lokasi atau hubungi sales marketing kami:

Showroom dan Marketing Office TanamanMart :

Jl.Tegal Danas No.38 Kp.Bugelsalam RT.001 RW.003 Ds.Sertajaya Kec.Cikarang Timur Kab.Bekasi 17823 ( Belakang Stadion Wibawa Mukti / Depan SMPN 1 Cikarang Timur )

Phone: (021) 2851 2658

HP      : 0812-8466-9886 (SMS/WA/TELP)

BBM      :D5F65FEF

Pencarian terpopuler artikel terkait:

  • Harga bibit bidara
  • Jual bibit bidara
  • Harga bibit bidara unggul
  • Jual bibit bidara arab
  • Harga bibit bidara arab
  • Harga bibit bidara di jakarta
  • Harga bibit bidara lengkap
  • Harga bibit bidara murah


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul

Ulasan

Belum ada review.

Be the first to review “Bibit Bidara”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *