Posted on

Tanaman Buah Langka Serta Unik Miracle Fruit Dan Jaboticaba

miracle fruit

Miracle fruit atau buah miracle fruit dan Jaboticaba merupakan nama buah yang mulai populer saat ini. Hal ini dikarenakan kedua jenis buah tersebut merupakan buah langka yang kaya manfaat. Belum lagi, rasa buah yang lezat menjadi daya tarik tersendiri dari buah ini.

Keduanya kini bukan hanya bisa dibeli di  supermarket. Namun kini ada pula bibit buah miracle fruit maupun jaboticaba yang bisa ditanam sendiri. Teknik budidayanya bisa ditanam di kebun maupun di dalam pot. Orang sering menyebutnya dengan tabulampot atau tanaman buah dalam pot.

Dengan cara budidaya yang tepat, maka siapa saja bisa merasakan buah ini tanpa harus membeli lagi. Baik sebagai tanaman penghias rumah maupun untuk budidaya secara serius. Miracle fruit dan jaboticaba merupakan buah yang mulai memiliki prospek bagus di Indonesia.

Buah Miracle Fruit Sebagai Buah Langka Dan Kaya Manfaat

buah miracle fruit

Miracle fruit disebut juga dengan buah ajaib. Buah ini mulai populer sebagai buah langka, unik, dan kaya manfaat. Tanaman budidaya ini populer berkat rasa manisnya. Belum lagi ada banyak khasiat dari konsumsi buah ini.

Buah miracle fruit sendiri merupakan komoditas dari Afrika Barat yang diburu oleh pengumpul tanaman karena menjadi tanaman yang unik. Tidak heran, jika penanaman buah ajaib ini sekarang sedang naik daun.

Keuntungan Budidaya Buah Miracle Fruit

Penanaman buah miracle fruit sendiri relatif mudah. Tanaman ini mudah tumbuh dan tidak membutuhkan banyak air. Dan seperti cuaca di negara asalnya, buah ajaib dapat dikembangkan di daerah yang panas.

Meskipun demikian, faktor tanah yang subur menjadi hal penting yang tak boleh dilewatkan. Keuntungan memulai budidaya ini adalah :

  • Tidak butuh banyak air
  • Penyiraman cukup sekali sehari jika panas dan jika musim hujan tidak perlu disiram
  • Tidak membutuhkan lahan yang luas
  • Bisa dibudidayakan menggunakan pot

Karakteristik Tanaman Miracle Fruit

Miracle fruit digolongkan sebagai tanaman semak dengan ketinggian maksimal hanya 1 meter dan ukurannya kecil. Karena hal itulah, buah miracle fruit bisa ditanam di dalam pot dengan mudah.

Namun, saat ditanam di tanah, jarak antar pohon setidaknya 2 x 1 meter persegi (m²). Untuk berbuah, butuh sekitar tiga hingga empat tahun. Pada saat itu, ketinggian pohon miracle fruit telah mencapai 40-60 cm.

Setelah buah pertama, miracle fruit akan terus berbuah sepanjang tahun. Semakin tua pohon semakin banyak buah, sekitar 10 hingga 20 buah per pohon.

Untuk serangan hama, pembudidaya hanya perlu mewaspadai keberadaan kutu daun. Pemupukan buah ajaib cukup  dilakukan sebulan sekali. Tanaman yang dibudidaya dari biji ini memiliki keunikan lainnya, sedangkan untuk perawatannya tidak terlalu banyak. Tanaman buah miracle fruit banyak yang diperbanyak dari biji sehingga tidak jarang orang mengimpor biji tanaman.

Keunikan Miracle Fruit

Mengapa tanaman ini disebut buah ajaib? Rasa buah inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari tanaman ini. Karena memang ada sensasi yang berbeda setelah mengkonsumsinya. Setelah memakan buah ajaib ini, makanan yang awalnya terasa asam akan terasa manis dari lidah sampai tenggorokan.

Efek perubahan rasa miracle fruit yang dirasakan oleh pengecap rasa adalah karena kehadiran zat miraculin dalam buah ini. Kandungan tersebut secara umum berfungsi sebagai pemanis gula. Ketika buah miracle fruit dikonsumsi, molekul ini terhubung ke lidah. Perubahan rasa ini hanya berlangsung selama makan buah ajaib ini. Idealnya setelah 30 menit indera pengecap akan kembali normal seperti semula.

Manfaat Tanaman Buah Ajaib Bagi Kesehatan

Miracle Fruit merupakan buah merah berukuran kecil yang sangat langka. Namun, banyak orang mulai berburu untuk berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan. Beberapa manfaatnya adalah :

1. Baik untuk penderita diabetes

Miracle fruit memiliki rasa manis alami dengan rasa sedikit pahit. Orang yang menderita diabetes bisa mengkonsumsi buah miracle fruit, karena gula yang dikandungnya tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah setinggi gula lainnya. Penderita diabetes masih bisa merasakan manisnya makanan tanpa perlu terlalu khawatir tentang penyakitnya.

Untuk lebih aman, maka konsultasi ke dokter adalah hal bijaksana untuk dilakukan. Konsumsi harus dengan porsi yang dianjurkan. Terlalu banyak buah miracle fruit yang dimakan justru akan mendatangkan efek buruk bagi kesehatan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Buah ajaib dengan ukuran kecil ini hanya mengandung satu kalori dan 0% lemak. Komposisi ini sangat dianjurkan bagi yang sedang menjalani program diet, terutama diet kalori. Jumlah kalori yang terkandung dalam buah ajaib ini juga relatif lebih sedikit dibandingkan jenis buah lain yang ada di pasaran.

Makan buah miracle fruit bisa jadi makanan penutup seperti kue, puding, dan lainnya. Cara ini bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Menyumbangkan nutrisi bagi tubuh

Miracle fruit dapat digunakan sebagai campuran makanan atau minuman. Contoh penggunaannya adalah untuk campuran dalam salad atau bahkan dikombinasikan dengan teh lemon. Cara ini bisa membantu menyuplai berbagai nutrisi ke dalam tubuh.

Nutrisi yang dimaksud adalah mineral, vitamin, dan antioksidan, sehingga tubuh lebih kuat dan lebih jarang sakit. Gaya hidup sehat kini mulai dicintai oleh banyak orang, maka semakin banyak pula yang berburu buah ini untuk konsumsi harian.

4. Sebagai campuran obat pahit

Banyak orang yang kesulitan minum pil atau obat tablet karena rasanya sangat pahit. Coba gunakan miracle fruit untuk membantu menetralkan rasa obat. Dengan begitu, anak yang sulit minum obat akan lebih mudah untuk menelannya. Selain itu, buah ajaib tidak akan memengaruhi komposisi obat. Bahkan dengan kandungan alaminya buah miracle fruit akan membantu kerja obat dalam tubuh.

5. Alternatif pengobatan kanker

Seseorang yang menderita kanker dan telah menjalani proses radiasi akan merasakan efek samping berupa lidah yang sulit merasakan kenikmatan makanan. Jika mengenal seseorang dalam kondisi ini, maka sajikan buah ajaib yang dapat mengurangi efek samping ini sehingga bisa membantu pulih lebih cepat.

6. Mengandung zat miraculin

Miracle fruit mengandung miraculin, sejenis protein yang sangat umum ditemui dalam buah beri. Miraculin dalam tubuh dapat meningkatkan sensitifitas lidah terhadap rasa manis. Hal ini membuat respon terhadap bahan makanan yang asam atau pahit. Buah ajaib mampu mengubahnya menjadi rasa manis.

7. Sebagai suplemen kesehatan yang baik

Banyak pilihan suplemen di pasaran, tetapi tentu saja suplemen alami terasa lebih sehat untuk dipilih. Buah ajaib dapat dikategorikan sebagai suplemen dengan bahan yang bermanfaat di dalam tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh.

8. Meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak

Miracle fruit memiliki rasa manis yang pasti disukai anak-anak. Warnanya merah segar sehingga anak-anak tidak akan merasa makan sayur tetapi tetap mendapatkan vitamin yang mereka butuhkan. Jika memiliki anak yang sulit makan, salah satu solusinya adalah memberinya buah ajaib.

9. Mengatasi tekanan darah tinggi

Buah ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang sebagai pengobatan alternatif untuk tekanan darah tinggi. Memang kandungan garam yang dimiliki oleh buah ajaib sangat rendah, juga mineral yang dikandungnya tidak menyebabkan tekanan darah terus meningkat.

Cara Budidaya Tanaman Buah Miracle Fruit

Buah miracle fruit memiliki kadar gula rendah dan aroma yang agak manis. Buah yang banyak dicari karena manfaatnya bagi kesehatan ini bisa dibudidayakan sendiri di pot atau ditanam di lahan. Caranya adalah dengan :

1. Memperhatikan syarat tumbuh miracle fruit

Meskipun buah ini berasal dari daerah di Afrika Barat, tanaman ini cocok untuk ditanam di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah beriklim tropis dengan ketinggian rata-rata 100-1000 m di atas permukaan laut.

Untuk budidaya tanaman ini, maka dibutuhkan area tanam yang bersih dari gulma, tanahnya yang subur dan gembur. Kondisi media tanam ini juga harus mengandung banyak bahan organik. Lokasinya harus mendapatkan sinar matahari langsung tanpa naungan.

2. Memilih bibit unggul buah miracle fruit

Jika memiliki induknya, tanaman buah ajaib dapat diperoleh dengan cara vegetatif (stek) atau dari generatif (biji). Tetapi jika ingin cara lebih mudah, maka bibit bisa diperoleh di toko benih. Pilih benih yang berkualitas unggul, sehat bebas dari hama dan penyakit, berdaun hijau segar, memiliki banyak cabang serta batang lebih kuat.

3. Persiapan media tanam

Bersihkan area penanaman dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, cangkul atau bajak tanah agar gembur dan subur. Selanjutnya, buat lubang tanam berukuran 50x50x50cm. Kemudian tanah galian dapat digunakan untuk menutup penanaman nanti. Tetapi sebelumnya, tanah dicampur terlebih dahulu dengan kompos atau pupuk kandang dan sekam.

Lubang tanam dibiarkan selama 2-3 hari pertama dan biarkan terkena sinar matahari secara langsung. Tujuannya adalah untuk membunuh hama dan penyakit di lubang tanam supaya mati.

4. Menanam Buah Ajaib

Jika semuanya sudah siap, maka bibit buah miracle fruit siap dipindahkan ke media tanam baik di lahan maupun di dalam pot. Ambil bibit buah ajaib dan lepaskan polybag plastik dengan hati-hati terlebih dahulu agar tidak merusak akarnya.

Tempatkan benih di tengah lubang tanam dalam posisi tegak dan kemudian timbun dengan media tanam. Tekan sedikit agar batang berdiri dengan kuat dan tidak mudah roboh.

5. Perawatan tanaman miracle fruit

Agar tanaman tidak mudah roboh, bisa dilakukan dengan memasang penyangga dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran tanaman. Selain itu, pemupukan juga penting dilakukan agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman terpenuhi.

Pemupukan ini memakai kombinasi pupuk organik dan pupuk kimia. Pemupukan bisa dilakukan setiap 1 bulan sekali. Dengan perawatan yang baik, maka buah ajaib dapat berbuah setelah masa tanam sekitar 3-4 tahun. Agar buah cepat muncul, hormon perangsang buah bisa diberikan setiap 1 bulan.

Sedangkan untuk penyiraman bisa dilakukan 1 kali sehari, tetapi tergantung dari kondisi media tanam.  Sementara jika tanaman terserang hama dan penyakit, insektisida dan fungisida dapat diberikan setiap 10 hari.

Buah Jaboticaba Sebagai Buah Langka Yang Kaya Manfaat

jaboticaba

Tanaman jaboticaba adalah salah satu buah yang unik. Tanaman ini mirip dengan anggur dan harganya sangat mahal. Hal inI karena buah ini sangat langka dan jarang ditemui di pasaran.

Jabotica sendiri sebenarnya mampu tumbuh dengan baik di daerah tropis dan menjanjikan sebagai salah satu varietas buah unggul di Indonesia. Namun belum banyak yang mengenal buah ini lebih jauh lagi. Karena hal itulah, bagi yang ingin tahu potensi ekonomis dari buah ini, maka kenali dulu tentang buah jaboticaba sebagai berikut ini :

Kerakteristik Buah Jaboticaba

Tidak seperti anggur biasa, tanaman ini mempunyai batang yang memiliki banyak cabang dan bunga yang lebih mirip dengan buah jambu biji. Sedangkan dagingnya berwarna putih. Jadi  meskipun penampilan buahnya mirip anggur, namun pohon buah satu ini sangat jauh berbeda.

Ketika buah matang, kulit buah tampak berwarna ungu gelap mendekati hitam. Buah ini memiliki kulit tipis dan kencang. Saat buah masih muda warna kulitnya hijau cerah dengan buah yang muncul dan menempel di batang pohon jaboticaba.

Karena itu, oleh para penanam jaboticaba, buah ini sering disebut sebagai anggur batang atau anggur Brasil. Dari segi rasa, buah ini memiliki rasa yang unik. Ada rasa asam, manis, segar dengan campuran rasa anggur, alpukat dan rasa seperti leci.

Selain memiliki banyak cabang dengan bentuk yang indah dan rasa segar, jaboticaba juga memiliki manfaat kesehatan. Antara lain, anti penuaan dan memiliki antioksidan tinggi yang dapat membunuh sel kanker.

Jaboticaba dapat ditanam di drum atau pot besar sebagai tanaman buah. Pohon ini dapat hidup dan berbuah di daerah panas hingga dataran tinggi. Jika tanaman sudah matang, cukup diberikan stimulan berbunga atau inisiasi dan meningkatkan penyiraman pada batang pohon. Ketika jaboticaba berbuah, pohon itu akan terlihat indah dan unik karena buah menempel pada setiap pohon dengan jumlah yang sangat banyak.

Budidaya Tanaman Buah Jabotibaca

Sebagai tanaman budidaya dengan prospek yang bagus, tumbuhan ini bisa mulai ditanam dengan membeli bibitnya. Namun sebelumnya, perlu diketahui dulu apa saja yang dibutuhkan dan langkah budidaya tanaman jaboticaba yang ideal :

1. Mengetahui syarat tumbuh jaboticaba

Tumbuhan ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah dengan ketinggian antara 0 -1.000 meter di atas permukaan laut. Anggur batang ini membutuhkan sinar matahari langsung.

Untuk kondisi tanah yang ideal adalah tanah dengan kandungan pH antara 5,5 hingga 6,5. Tanaman ini toleran terhadap angin tetapi tidak mengandung udara asin di laut.

2. Pemilihan bibit unggul jaboticaba

Jaboticaba juga dapat diperbanyak dengan stek. Stek Jaboticaba akan berbuah dalam waktu tiga tahun. Sementara tanaman yang diperbanyak melalui biji baru bisa berbuah setelah 7 tahun hingga 15 tahun.

3. Hama yang menyerang jaboticaba

Hama yang menyerang tanaman jaboticaba adalah kutu daun yang akan membuat daun keriting. Meski tidak akan membuat tanaman mati, daun keriting akan mengurangi keindahan tanaman ini. Perlu pula diketahui bahwa hama ini hanya menyerang tanaman yang berusia di bawah 1,5 tahun. Sebagai solusi, maka cukup atasi dengan penyemprotan pestisida.

Manfaat Buah Jaboticaba

Anggur Brasil atau jaboticaba ini adalah salah satu jenis anggur merah dengan warna ungu yang lebih pekat. Ukuran buah ini juga lebih besar dari anggur pada umumnya.

Keunikan lainnya adalah buahnya tumbuh di batang yang tinggi. Jenis anggur ini dapat dikonsumsi langsung atau juga dapat diolah menjadi berbagai makanan atau minuman. Contoh makanan olahannya adalah selai, juice, dan kue tart.

Pohon buah ini sering disebut pohon abadi karena dapat berbuah sepanjang tahun. Keunikan lainnya adalah tingginya kandungan nutrisi di dalam buah. Ada vitamin K, vitamin C, vitamin B2, vitamin B1, vitamin B9, vitamin B12, vitamin B6, zat besi, magnesium, karbohidrat, energi, seng, niasin, tiamin, riboflavin.  Dengan semua kandungan tersebut, buah ini menawarkan berbagai manfaat diantaranya :

1. Membantu melancarkan peredaran darah

Anggur Brasil sangat baik untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Caranya adalah dengan mengupas kulit buah anggur dan mengkonsumsinya secara langsung atau menjadikan buah ini sebagai juice.

2. Membantu mencegah kanker

Senyawa fenolik seperti antosianin banyak ditemukan dalam anggur Brasil. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi dan juga anti kanker. Senyawa anti kanker yaitu anthocyanin dipercaya dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

3. Cegah penyakit kardiovaskular

Semua makanan yang mengandung polifenol dan antosianin dapat digunakan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Contohnya adalah tanaman buah ini yang mampu mengatur metabolisme lipid dalam tubuh. Diet dengan mengonsumsi anggur Brasil akan meningkatkan LDL atau kolesterol baik dalam tubuh Anda.

4. Organ pernapasan yang sehat

Sifat astringen dari buah ini akan membantu memperlebar saluran udara bronkial sehingga sirkulasi udara di saluran pernapasan bisa lebih baik.

5. Membantu mengatasi Anemia

Kandungan zat besi dalam buah sangat baik dalam meningkatkan sel darah merah. Inilah yang membuat konsumsi buah jaboticaba ini mampu mencegah kekurangan darah atau anemia.


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Tinggalkan Balasan