Semua Kategori

Cara Mudah Budidaya Tanaman Mangga Harum Manis Dan Buah Bisbul

mangga harum manis

Mangga harum manis dan buah bisbul merupakan salah satu jenis tanaman budidaya yang bisa tumbuh di Indonesia. Bisbul tergolong tanaman buah langka. Masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri dan sangat menguntungkan untuk dibudidayakan.

Bukan hanya di lahan atau perkebunan, tanaman buah-buahan di atas bisa jadi tanaman buah dalam pot atau tabulampot. Tentunya akan ada banyak keuntungan dengan budidaya buah tersebut. Hasil panen akan bisa dinikmati sendiri bersama keluarga. Selain itu, bisa juga dibudidayakan dengan serius sehingga dapat memberikan peluang keuntungan yang bagus.

Sebelum melangkah lebih jauh untuk mengetahui bagaimana cara budidaya tanaman buah yang baik, maka kenali dulu masing-masing jenis buah di atas. Buah mangga harum manis maupun buah bisbul memiliki karakteristik yang bermanfaat buat semua orang. Baik manfaat bagi kesehatan maupun keuntungan yang didapatkan dari segi ekonomis karena budidayanya selalu menguntungkan.

Buah Mangga Harum Manis Dan Cara Budidayanya

mangga harum manis

Mangga harum manis adalah salah satu jenis tanaman mangga yang populer di Indonesia. Buah ini memiliki ciri khas warna kulit hijau dan juga rasa daging buah yang manis. Sebenarnya ada banyak jenis mangga, yang dikategorikan berdasarkan bentuk dan aromanya.

Untuk nama buah jenis harum manis sendiri diambil karena aroma buah mangganya harum dan rasanya manis. Meskipun secara umum, buah ini memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dari buah mangga manalagi.

Keistimewaan Buah Mangga Harum Manis

Secara fisik kulit buah mangga harum manis tidak begitu tebal. Pada bagian permukaan kulit ini akan terdapat bintik-bintik dengan warna keputihan dan ditutupi dengan lapisan lilin. Daging buahnya tebal, kuning, lunak, tidak berserat, dan tidak mengandung banyak air.

  • Buah ini memiliki rasa segar dan manis tetapi ada sedikit sensasi asam yang membuatnya semakin nikmat. Mangga harum manis memiliki biji buah pipih kecil, lonjong, dan memiliki panjang antara 13-14 cm.
  • Panjang buahnya bisa mencapai 15 cm dan beratnya 450 gr per bijinya. Dalam 1 pohon usia produktif, mangga harum manis dapat menghasilkan 30-70kg / pohon. Hal inilah yang membuat banyak petani memanfaatkan peluang bisnis ini. Selain produksinya tinggi, pohon mangga harum manis juga mudah dalam perawatannya.
  • Keistimewaan buah ini tak hanya sampai di situ. Buah ini juga memiliki banyak nutrisi. Di dalamnya termasuk vitamin A dan C, zat besi, kalsium fosfor, natrium, kalium, magnesium. Maka banyak yang mengkonsumsi buah ini dengan alasan kesehatan.
  • Buah mangga ini saat matang memiliki daya simpan yang lama, sehingga memiliki nilai jual tinggi.

Cara Konsumsi Mangga Harum Manis

Mangga harum manis bisa dikonsumsi dalam kondisi segar. Selain itu, buah yang rasanya manis dan banyak mengandung nutrisi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai juice dan berfungsi untuk mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh.

Daging buah juga banyak diolah ke dalam berbagai makanan. Sebut saja es buah, jelly, puding, dan berbagai makanan dan minuman yang memanfaatkan mangga ini sebagai bahan dasarnya.

Sebelum siap dikonsumsi, buah ini haruslah dipanen dalam keadaan matang. Dengan demikian, maka akan didapatkan rasa manis dan aroma yang menggugah selera. Apabila buah yang dipetik kondisinya belum terlalu matang, maka rasa manis yang didapatkan akan kurang maksimal bahkan rasa buah akan cenderung asam. Umur buah siap panen adalah sekitar 4-5 bulan (110-150 hari) sejak bunga mekar.

Umumnya, tanaman mangga mekar pada bulan Juli-Agustus. Buah matang dapat dipanen pada bulan September-Oktober. Saat itulah, panen buah mangga harum manis bisa dilakukan.

Klasifikasi Buah Mangga Jenis Harum Manis

Jenis mangga harum manis sebenarnya berasal dari dalam negeri sendiri atau asli dari Indonesia. Meskipun digolongkan sebagai buah lokal, tetapi buah ini dipasarkan juga di pasar domestik dan luar negeri.

Dengan hasil perbanyakan vegetatif, maka pohon mangga harum manis bisa berbuah dan siap panen pada usia 3-4 tahun. Panen besar biasanya jatuh pada bulan September hingga Oktober. Untuk lebih mengenal buah ini lebih jauh lagi, maka berikut klasifikasi buah ini secara umum :

  • Filum: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Keluarga: Anacardiaceae
  • Genus: Mangifera
  • Spesies: M. indica
  • Nama binomial: Mangifera indica L.

Morfologi Tanaman Buah Mangga Harum Manis

Seperti halnya tanaman budidaya, mangga harum manis ini memiliki morfologi yang berbeda dengan tanaman buah lainnya. Pohon yang bisa tumbuh dengan subur di berbagai daerah di Indonesia ini memiliki morfologi sebagai berikut :

Akar tanaman mangga

Akar tanaman mangga harum manis bersifat sangat keras, kuat, dan memiliki cabang. Sistem akar pohon ini memiliki panjang hingga 60 cm. Akar-akar ini tumbuh untuk mencari sumber air dan nutrisi di dalam tanah. Setelah itu, akar pohon akan menyalurkan nutrisi ke bagian-bagian pohon lainnya untuk  proses tumbuh kembang tanaman.

Batang tanaman mangga

Batang pada tanaman mangga harum manis cenderung tegak, lurus dan kuat. Kulit batang tebal dan kasar dengan retakan kecil dan bersisik. Warna kulit kayu adalah coklat keabu-abuan, bahkan hingga terlihat hampir hitam.

Daun tanaman mangga

Pohon mangga harum manis memiliki daun yang berwarna hijau gelap. Pohon ini digolongkan sebagai tanaman daun tunggal. Mangga memiliki deskripsi daun dalam bentuk lanceolate, sedangkan daging daun berbentuk seperti kertas dengan tepi daun yang rata. Bagian ujung daun berbentuk meruncing. Pada permukaan daun akan ditemui tekstur yang yang kasap atau kasar.

Bunga tanaman mangga harum manis

Bunga yang ditemui pada jenis tanaman mangga harum manis adalah bunga majemuk. Bunga ini berukuran kecil dengan diameternya berkisar 6-8mm. Mangga ini merupakan tanaman dengan dua jenis kelamin (hermafrodit). Untuk warnanya sendiri adalah kuning.

Karakter buah mangga harum manis

Buah mangga harum manis berbentuk oval, hingga oval memanjang, tergantung varietasnya. Ciri khas buah mangga ini adalah warna kulit yang hijau dan daging buah berwarna kuning. Rasa yang ditawarkan adalah manis dengan aroma yang harum.

Biji buah mangga harum manis

Biji yang dibungkus dalam buah mangga ini merupakan biji dikotil.  Biji mangga berukuran besar namun cenderung tipis. Biji ini memiliki struktur keras dan agak kasar, berwarna putih, berkayu dan berserat.

Syarat Tumbuh Tanaman Buah Mangga Harum Manis

Komoditas tanaman musiman ini masih sangat di buru. Hal ini karena rasa buahnya yang sangat manis.  Buah yang satu ini juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit sariawan. Berikut ini adalah cara budidaya mangga harum manis berserta dengan syarat tumbuhnya :

1. Iklim untuk budidaya tanaman

Tanaman mangga harum manis cocok untuk ditanam di daerah dengan musim kering selama 3 bulan. Masa kering diperlukan sebelum dan sewaktu berbunga. Hal ini mengingat jika ditanam di daerah basah, biasanya tanaman akan lebih mudah terkena banyak serangan hama dan penyakit.

2. Media tanam untuk budidaya

Tanah atau media tanam yang baik untuk budidaya mangga harum manis adalah tanah yang gembur. Akan lebih baik jika tanah ini mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang seimbang.

3. Ketinggian lokasi budidaya tanaman mangga harum manis

Mangga harum manis bisa ditanam di dataran rendah dengan ketinggian 0-500 m dpl. Pada lokasi tersebut akan mampu menghasilkan buah yang lebih bermutu dan jumlahnya lebih banyak daripada di dataran tinggi.

4. Pembibitan tanaman mangga harum manis

Bibit dipilih dari kualitas tanaman yang sehat, kuat dan buah yang bagus. Bibit bisa dibuat dari biji buah. Bisa pula dari perbanyakan vegetatif dengan hasil tanaman yang lebih berkualitas dan siap panen dalam waktu 3 hingga 5 tahun saja.

Salah satu cara perbanyakan yang bisa dilakukan adalah dengan metode cangkok. Batang yang akan dicangkok idealnya memiliki diameter sekitar 2,5 cm dan berasal dari tanaman yang sudah berumur minimal 1 tahun. Panjang sayatan cangkok adalah 5 cm.

5. Pembukaan lahan

Untuk penanaman pohon di lahan atau kebun, maka bisa dilakukan dengan membuang terlebih dahulu rumput dan semua tanaman pengganggu. Bila perlu tanah dibajak untuk menghilangkan bongkahan tanah yang terlalu besar sehingga akan membuat kondisi tanah lebih baik.

6. Teknik penanaman

Awali dengan pembuatan lubang tanaman dengan ukuran panjang, lebar dan kedalaman 80-100cm. Tanah galian dicampur dengan pupuk kandang dan dikeringkan beberapa hari. Pembuatan lubang tanam lebih tepat dilakukan pada saat musim kemarau untuk membuat tanah ideal bagi budidaya tanaman.

Lubang tanam yang telah ditimbun digali kembali dengan ukuran panjang dan lebar 60 cm pada kedalaman 30 cm, taburi lubang dengan furadan 10-25 gram. Bibit siap untuk ditanam.

Buah Bisbul Dan Cara Budidayanya

buah bisbul

Buah bisbul adalah nama jenis buah yang bisa dibudidayakan di indonesia. Nama ilmiahnya adalah Diospyros blancoi. Banyak yang lebih mengenal buah ini sebagai buah mentega. Nama ini terkait dengan daging buah yang mirip dengan mentega.

Ciri khas lainnya adalah adanya kulit buah yang berbulu halus. Karena itulah, buah ini juga sering disebut dengan buah apel beludru.

Buah bisbul sendiri berasal dari pohon dengan ketinggian sekitar 15 m atau kurang. Batang lurus, dengan daun hijau kehitaman.

Morfologi Tanaman Buah Bisbul

Daun tanaman buah bisbul memiliki tepi datar, dengan ujung meruncing. Daun ini bertangkai dengan panjang sekitar 17 cm. Sisi atas daun  berwarna hijau gelap dan mengkilap.  Sedangkan pada sisi bawah daun ini berbulu halus dan berwarna perak. Daun muda berwarna hijau muda hingga merah muda.

Sedangkan bunga dari buah bisbul ini memiliki mahkota berbentuk tabung dan berwarna putih susu. Untuk buahnya, memiliki bentuk bulat. Ukurannya yang paling umum adalah 5-12 × 8-10 cm, berbulu halus seperti beludru. Warnanya adalah coklat kemerahan dan merah cerah. Warna ini akan menjadi sedikit kusam saat matang, dengan kelopak bunga yang tidak rontok.

Daging buah berwarna keputihan, agak keras dan kering. Rasanya manis dan memiliki aroma harum. Daging buah ini ditutupi kulit buah berbulu tipis. Aromanya sedikit mirip keju atau durian. Bagi sebagian orang, aroma buah bisbul kurang disukai. Pada setiap butir buah, terdapat biji hingga 10 butir yang berkulit coklat.

Budidaya Buah Bisbul

Buah bisbul merupakan salah satu tanaman buah yang mudah dibudidayakan di Indonesia. Dengan kondisi iklim, tanah dan juga cuaca yang ideal, maka akan menghasilkan buah yang berkualitas.

Untuk buah bisbul sendiri masih tergolong ke dalam buah yang langka. Jadi, prospek budidaya buah ini masih menjanjikan di Indonesia. Bukan hanya dikonsumsi bagi keluarga tercinta, buah ini bisa jadi komoditi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Berikut ini adalah langkah serta tips untuk budidaya tanaman buah bisbul :

1. Penyiapan media tanam

Kebun yang akan ditanami bisbul harus diproses dan dibersihkan dari gulma, terutama rumput liar. Jika buah bisbul ditanam hanya untuk tepi pagar atau tanaman pelindung, maka tanah tidak perlu diproses. Akan tetapi cukup membuat lubang tanam dengan cangkul.

Ukuran lubang tanam adalah 60 cm x 60 cm x 50 cm dengan jarak antar lubang 6-8 m. Setiap lubang diberi pupuk kandang atau kompos 20-30 kg. Di sinilah nantinya bibit tanaman buah bisbul akan ditanam.

2. Persiapan bibit buah bisbul

Cara paling mudah memperoleh bibit dari tanaman buah bisbul adalah dengan membelinya di lokasi penjual bibit tanaman buah. Banyak yang menyediakan bibit unggul dari perbanyakan vegetatif. Jadi, petani buah tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk membuat bibit sendiri.

Perbanyakan benih buah mentega dapat dilakukan melalui biji dan sistem okulasi batang. Budidaya melalui biji dan pucuk akar biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berbuah, yaitu sekitar 8-10 tahun baru akan berbuah.

Untuk menghasilkan buah dengan cepat, bisa dilakukan dengan menggunakan bibit hasil perbanyakan dengan cara okulasi, yaitu menempelkan cabang pohon buah yang sudah pernah berbuah ke batang bawah dari biji. Selain itu, metode lain yang paling banyak digunakan adalah sistem cangkok.

Jika bibit dibeli di toko bibit terutama pembelian secara online sebaiknya jangan langsung ditanam. Biarkan benih selama 3 hari sampai satu pekan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Bibit yang dibeli harus dilepaskan dari polybag dengan cara membelahnya. Pastikan akar tidak rusak, kemudian masukkan bibit berserta tanah dari polybag ke lubang tanam. Jika sudah, maka lubang ditutup dengan bagian tanah yang halus dan subur sambil sedikit ditekan supaya agak padat.

3. Perawatan tanaman buah bisbul

Kebun yang akan ditanami dengan bisbul harus diproses dan dibersihkan dari gulma, terutama rumput liar. Agar tidak ada persaingan dengan tanaman lain, maka pastikan bahwa kebun buah bisbul bersih dari tanaman pengganggu. Pasalnya, gulma ini akan mengganggu dalam penyerapan nutrisi oleh akar.

Jangan lupa pula untuk menyirami tanaman. Terutama, penyiraman yang dilakukan pada saat setelah penanaman selesai.

Manfaat Buah Bisbul

Buah yang satu ini kaya akan manfaat. Karena itulah, tak heran jika buah langka yang disebut dengan buah mentega ini banyak dicari di pasaran. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah ini :

  • Menjaga kesehatan jantung => Buah bisbul mengandung banyak kalium yang dapat membantu melonggarkan pembuluh darah. Fungsi lainnya adalah untuk mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah.
  • Menjaga sirkulasi darah => Kandungan zat besi yang melimpah dalam buah bisbul dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Zat besi juga bisa meningkatkan oksigenasi jaringan penting dan kelompok otot, dan merangsang pertumbuhan rambut.
  • Menjaga kesehatan pencernaan => Kandungan serat yang ditemukan pada buah bisbul dapat membantu meningkatkan proses pencernaan. Sehingga sangat membantu mengurangi masalah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh => Buah bisbul kaya akan vitamin C dan vitamin A, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin tersebut bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang dapat melawan radikal bebas yang dapat bermutasi dan membunuh sel-sel sehat di tubuh. Karena itu, buah ini banyak dicari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Showroom dan Marketing Office TanamanMart :

Kota Delta Mas Zona Amerika Jalan Pasadena Raya (Depan SDIT Nurrahman Cluster El Verde) Pasirranji Cikarang Pusat Kab.Bekasi Jawa Barat 17531

Phone: (021) 2909 4048

HP      : 0812-1303-0404 (SMS/WA/TELP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *