Wawasan Umum

8+ Manfaat Pete Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat pete

Manfaat Pete Bagi Kesehatan – Masyarakat Indonesia banyak mengkonsumsinya sebagai lalapan atau campuran masakan. Dibalik aromanya yang menyengat ternyata banyak manfaat petai bagi kesehatan tubuh yang diakui kalangan medis. Dalam artikel ini kami akan bahas 8+ Manfaat Pete bagi kesehatan dan tubuh Manusia.

Mengenal Manfaat Pete / Tanaman Buah Petai

petai

Buah Petai merupakan jenis buah yang masuk suku polong-polongan dan telah tersebar luas di wilayah Indonesia khususnya bagian barat. Pohon Petai bisa mencapai ketinggian 20 meter dan memiliki cabang yang sedikit, serta daun yang majemuk. Pohon Petai menghasilkan buah yang memanjang dan dalam satu bongkol Anda bisa menemukan belasan buah didalamnya. Saat Anda membuka buah, maka Anda akan menemukan sekitar 20 biji yang berwarna hijau muda dan diselimuti dengan selaput berwarna coklat.

Masyarakat pada umumnya banyak menggunakan buah ini untuk konsumsi sebagai lalapan dalam keadaan segar atau bisa juga menjadi campuran berbagai menu masakan. Salah satu menu masakan yang biasanya menggunakan buah petai adalah Sambal petai.

Salah satu kekhawatiran utama yang banyak masyarakat keluhkan saat mengonsumsi makanan ini adalah bau mulut yang timbul dan membuat sangat tidak nyaman. Tapi, meskipun demikian ternyata manfaat pete atau petai bagi kesehatan tubuh Anda sangat besar.

Apa saja manfaat buah Pete ?

Kali ini kami akan membahasnya secara lengkap untuk Anda.

Manfaat Pete Pertama : Memperbaiki Mood dan Mengurangi Tingkat Depresi

MIND pernah melakukan sebuah survey kepada para pasien yang sedang menderita depresi dengan memberikan buah pete sebagai menu makanan. Hasilnya banyak dari penderita depresi merasa lebih baik kondisi kejiwaanya setelah mengonsumsi buah pete.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dalam buah pete terdapat kandungan tryptophan yang akan diubah tubuh menjadi serotonin. Faktor inilah yang membuah tubuh menjadi lebih santai setelah mengonsumsi buah pete dan bisa membuat orang merasa lebih bahagia dengan mood yang lebih baik. So inilah manfaat pete bagi kesehatan tubuh yang pertama. Lanjut ke yang kedua

Manfaat Petai Kedua : Menurunkan Tekanan Darah Bagi Penderita Hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah petai merupakan zat yang bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Inilah kandungan buah pete yang membuatnya mampu menjadi obat yang baik untuk mengurangi tekanan darah.

Manfaat Pete ketiga : Meningkatkan Kewaspadaan dan Kemampuan Belajar

Sebuah riset dilakukan terhadap 200 siswa di Twickenham (Middlesex) dengan rutin memakan buah pete pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Kalium yang ada dalam pete ternyata mampu membantu para siswa meningkat kewaspadaanya serta membantu mereka untuk belajar dengan lebih baik.

Manfaat Pete keempat : Memperbaiki Mood Wanita Saat PMS (Premenstrual Syndrome)

Buah Petai juga memiliki kandungan Vitamin B6 yang mampu mengatur kadar gula darah dan membantu Anda  memperbaiki mood menjadi lebih baik. So anda yang sering merasakan bad mood silahkan mencoba manfaat pete yang satu ini 🙂

Manfaat Petai Kelima : Mengurangi Iritasi Pada Lambung

Buah Pete memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga bisa bermanfaat sebagai makanan untuk merawat sistem pencernaan tubuh. Selain itu manfaat pete lainya adalah untuk menetralkan asam lambung serta mengurangi luka atau iritasi dengan cara melapisi permukaan dalam lambung.

Manfaat Pete ke enam : Membantu Anda yang Ingin Berhenti Merokok

Tahukah Anda bahwa dalam buah pete terdapat kandungan Vitamin B6, B12, Kalium, dan Magnesium yang ternyata mampu membuat tubuh lebih cepat sembuh terhadap kecanduan nikotin. Dengan demikian, Anda yang ingin cepat berhenti merokok bisa mengonsumsi makanan ini sebagai penunjang.

Manfaat Pete ke tujuh : Stres Bisa Berkurang

Saat sedang stres, tubuh Anda akan meningkatkan kecepatan metabolisme, sehingga bisa mengurangi kadar Kalium dalam tubuh. Padalah Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang bisa membantu menormalkan detak jantung dan mengirim oksigen ke otak serta mengatur keseimbangan dalam tubuh.

Buah Pete bisa menjadi makanan yang bisa Anda konsumsi karena mengandung zat kalium yang tinggi.

Manfaat Pete ke Delapan : Menurunkan Resiko Kematian Akibat Stroke

Sebuah riset pernah tertuang dalam The New England Journal of Medicine yang menyatakan bahwa saat mengonsumsi buah pete sebagai makanan sehari-hari, maka hal tersebut bisa menurunkan resiko kematian karena stroke sebesar 40%.

Manfaat Pete Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat pete bagi kesehatan

Konsumsi buah petai ternyata bukan hanya karena kelezatan rasanya saja. Buah berupa biji dikotil ini bisa menjadi makanan sehat yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Sangat bermanfaat bagi siapa saja. Syaratnya adalah dengan tidak mengkonsumsinya berlebihan terutama bagi orang yang menderita penyakit tertentu.

Bagi pembudidaya dan juga penggemar buah petai harus tahu manfaat apa saja yang ada dalam tanaman ini. Berikut ini adalah berbagai manfaat pete bagi kesehatan tubuh :

1. Mencegah depresi

Alasan buah petai bisa memberikan manfaat ini adalah dari kandungan tryptophan dalam buahnya. Kandungan ini bermanfaat sebagai obat tidur alternatif untuk menghilangkan gangguan tidur, kecemasan hingga depresi.

Karena hal tersebut, makan buah petai bisa membuat seseorang lebih bahagia dan juga merasa rileks. Pada akhirnya, seseorang akan terhindar dari depresi karena konsumsi buah ini.

2. Mengatasi tekanan darah tinggi

Buah-buahan tropis seperti buah petai mengandung kadar kalium tinggi. Inilah yang akan membantu dalam menurunkan tekanan darah. Kalium ini juga membantu dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga fungsi otot dan saraf.

3. Menjaga sistem pencernaan

Kandungan serat dalam petai sangat bermanfaat untuk proses pencernaan . Serat inilah yang akan membantu proses pencernaan, sehingga kesehatan tubuh akan tetap terjaga. Konsumsi makanan ini dengan porsi yang tepat juga dapat mengatasi masalah sembelit.

4. Membantu mengatasi anemia

Kandungan zat besi pada buah petai sangat membantu mengatasi gangguan anemia. Zat besi ini akan menstimulasi produksi sel darah merah. Dengan demikian, maka dapat terhindar dari gangguan anemia. Namun ingat bahwa meskipun manfaat ini sangat berguna, namun konsumsi buah petai tetap perlu pembatasan. Terlalu banyak zat besi justru akan membawa masalah lain bagi  kesehatan tubuh.

5. Sumber energi bagi tubuh

Dalam buah petai mengandung 3 macam gula alami yang berguna bagi tubuh. Kandungan ini terutama berguna bagi siapa saja yang butuh energi lebih untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Berbagai macam gula alami tersebut adalah sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

6. Membantu melawan bakteri jahat

Dalam biji petai terdapat trithiolane dan hexathionine. Inilah yang akan membantu dalam melawan bakteri jahat. Karena itulah, makan petai akan membuat tubuh lebih sehat.

4 Manfaat Pete Bagi Tulang Manusia

Selain memberikan manfaat yang sangat banyak bagi tubuh manusia, ternyata pete juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tulang.

1. Mampu Mengurangi Rasa Sakit Saat Patah Tulang

Di dalam sebuah studi yang ada di Journal Bone pada tahun 2007 yang lalu menyatakan bahwa Vitamin C merupakan zat yang sangat penting untuk mengurangi rasa sakit karena patah tulang. Buah Petai merupakan buah yang memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi dan bisa bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit saat patah tulang.

2. Membantu Meningkatkan Kepadatan Tulang

Hal yang perlu Anda pahami disini adalah tidak semua karbohidrat berbahaya bagi tubuh manusia, sebab kandungan karbohidrat yang ada di dalam buah petai mampu meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini dikarenakan di dalam petai terdapat kandungan karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk membantu penyerapan kalsium dan meningkatkan kepadatan tulang.

3. Meningkatkan Massa Tulang

Tubuh manusia membutuhkan kalsium fosfat sebagai salah satu jenis mineral yang membantu tubuh membangun massa tulang dan membantu tubuh menjaga kesehatan tulang agar tidah mudah patah dan rapuh.

Buah Petai bisa membantu Anda menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dengan adanya kandungan kalsium di dalamnya.

4. Merawat Tulang Anda

Kandungan lain yang ada di dalam buah pete adalah sulfur atau belerang yang sangat bagus untuk merawat kesehatan tulang. Selain itu kandungan belerang yang ada di dalam pete juga bisa membantu Anda untuk mengatasi permasalahan pada tulang seperti Osteoarthritis, Arthritis, dan Rheumatoid Arthritis.

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan tulang, sebaiknya jangan mengonsumsi buah petai secara berlebihan. Hal ini dikarenakan ada efek samping yang bisa terjadi bagi tubuh saat Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Apa saja?

Manfaat Pete Dan Efek Lain Konsumsi Buah Pete Bagi Tubuh Anda

Konsumsi buah petai bukan hanya memberikan berbagai manfaat. Namun banyak pula orang yang bisa mendapatkan efek samping dari konsumsi petai. Apalagi bagi yang mengkonsumsinya secara berlebihan, maka petai bisa meninggalkan efek kurang baik pada tubuh. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. Menyebabkan bau mulut

Banyak yang menghindari konsumsi buah pete karena bau atau aromanya yang kurang sedap. Bukan hanya dari bau mulutnya saja. Namun pada urine orang yang mengkonsumsinya akan memiliki bau tidak sedap akibat buah pete ini.

Hal ini karena kandungan beberapa senyawa dalam buah pete seperti hexathionine, tetrathiane, pentathipane, dan beberapa kandungan zat lain pada buahnya. Di dalamnya juga terdapat kandungan asam amino tinggi yang menghasilkan gas metana bagi tubuh. Gas inilah yang merangsang seseorang buang angin.

2. Menyebabkan sakit perut

Kebiasaan makan petai mentah masih umum beberapa masyarakat tanah air. Jika cara makan dengan metode ini tidak terjaga kebersihannya atau kurang higienis kemungkinan bakteri dalam petai bisa ikut termakan. Selain itu ada alasan lain yang menyebabkan kondisi ini.

Di dalam buah pete terdapat kandungan karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini banyak terdapat dalam biji-bijian hingga kacang-kacangan. Akibat konsumsi buah pete yang berlebihan menyebabkan terbentuknya gas di dalam perut sehingga membuat perut terasa tidak nyaman.

3. Menyebabkan rematik

Kondisi ini bisa terjadi akibat dari terlalu banyak konsumsi buah petai. Oleh Karena itu, maka konsumsi petai haruslah dengan batas yang wajar dan porsi yang ideal. Jangan mengonsumsi buah petai secara berlebihan apabila Anda memiliki riwayat penyakti rematik. Hal ini bermanfaat agar rematik tidak kembali kambuh saat Anda mengonsumsi buah pete sebagai pelengkap menu sehari-hari.

Penyakit rematik sangat mirip dengan asam urat yang bisa mengganggu aktivitas para penderitanya. Saat rematik kambuh, maka penderitanya bisa merasakan rasa sakit yang sangat menyiksa dan hal ini sangat mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Buah Petai merupakan salah satu jenis makanan yang sangat berpotensi untuk menimbulkan gangguan rematik pada tubuh seseorang. Oleh sebab itu, kami sangat menyarankan Anda untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan ini.

4. Meningkatkan kadar asam urat

Selain asam amino yang tinggi, buah petai juga mengandung purin. Makanan yang kaya purin inilah yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Kandungan purin yang ada di dalam buah petai sangatlah tinggi dan zat inilah yang memicu meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh manusia. Maka, bagi yang memiliki keluhan penyakit ini sebisa mungkin menghindari untuk mengkonsumsinya. Saat kadar asam urat di dalam tubuh meningkat, maka akibatnya muncul rasa sakit yang berlebihan pada bagian persendian dan hal ini tentu saja bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat, sebaiknya jangan terlalu banyak atau berlebihan dalam mengonsumsi buah petai.

5. Bisa Memicu Gangguan Ginjal

Di dalam buah pete terdapat kandungan asam amino yang sangat tinggi, zat inilah yang menjadi penyebab munculnya gangguan kesehatan pada ginjal. Jika Anda mengonsumsi buah ini secara berlebihan, maka akibatnya organ ginjal yang ada di dalam tubuh bisa mengalami gangguan.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki riwayat penyakit ginjal, maka kami sangat menyarankan Anda untuk tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

Jangan Dikonsumsi Secara Berlebihan Meskipun Manfaat Pete Sangat Banyak

manfaat petai

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan tubuh saat mengonsumsi buah ini. Mulai dari meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki mood seseorang, mengurangi tekanan darah, sampai merawat tulang. Meskipun demikian, petai bisa memberikan manfaat optimal saat Anda mengonsumsinya tidak berlebihan dan dalam kadar yang cukup.

Saat buah petai dikonsumsi secara berlebihan, maka bukan manfaat yang akan Anda rasakan melainkan efek samping penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Kami berharap informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda semua yang telah membacanya. Untuk anda yang tertarik membudidayakannya dapatkan bibit buahnya disini

Artikel Lain Yang Terkait :

Bagi anda yang tertarik melakukan budidaya bibit pohon buah pete silahkan klik tautan ini.

Ada juga artikel tentang manfaat durian merah klik tautan ini

dan tips budidaya anggur yang wajib anda tahu, silahkan ikuti tautan ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *