Semua Kategori

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat jeruk nipis

Jeruk Nipis, nama ilmiahnya Citrus aurantifoliaa merupakan buah asli Asia Tenggara yang dibawa ke Eropa oleh orang Arab. Sejak saat itulah penyebarannya  ke seluruh dunia dimulai. Yang paling banyak dibudidayakan adalah spesies jeruk asam. Tercatat bahwa para pengguna pertama yang mengambil manfaat jeruk nipis ini adalah para pelaut yang membawanya untuk menghindari penyakit kudis selama perjalanan panjang.

Buah jeruk nipis adalah hasil budidaya tanaman yang mudah tumbuh di berbagai wilayah di Indonesia. Penggunaannya sebagai pelezat makanan dan minuman menjadikan buah ini memiliki potensi ekonomi yang cukup baik dan prospek pasarannya sangat bagus di pasaran.

Pohon buah jeruk nipis dapat mencapai ketinggian 3-6 meter, memiliki banyak cabang dan duri dengan bentuk daun yang memanjang. Terdapat batang kecil pada daun.

Untuk perbungaan, biasanya akan muncul dari ketiak daun dengan bunga-bunga putih kecil yang harum. Buah jeruk nipis sendiri memiliki ciri khas berupa : bentuk bulat telur, berwarna hijau ke kuning-kuningan, dan kulit buahnya tipis. Di dalam kulit buah ini didapati memiliki kandungan sejumlah besar minyak esensial.

Daging buahnya berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Di dalamnya akan ditemukan banyak biji dan ukurannya kecil. Di Indonesia tanaman jeruk nipis bisa hidup di dataran rendah pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik di tanah alkali dan di tempat-tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Di Asia Tenggara, penggunaannya sangat sering ditemui. Rasa asam dari buah jeruk nipis ini digunakan sebagai bahan untuk menetralkan bau amis dari daging atau ikan.

Kandungan Nutrisi

jeruk-nipis-untuk-kesehatan

Manfaat dari buah jeruk nipis sangat beragam. Buah Jeruk nipis digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan hidangan penyedap. Bahkan ada pula yang memanfaatkannya sebagai penghilang karat.

Tetapi manfaatnya ternyata bukan hanya sekedar itu saja, jeruk ini dapat pula digunakan untuk kecantikan serta kesehatan. Banyak yang sudah mengetahui manfaat jeruk nipis ini. Baik itu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, manfaat jeruk nipis untuk wajah, manfaat jeruk nipis untuk rambut, dan manfaat jeruk nipis untuk diet. Meskipun rasanya sangat asam atau kecut ternyata di dalamnya terkandung banyak sekali senyawa dan vitamin yang baik untuk menjaga keseimbangan tubuh luar maupun dalam.

Buah jeruk ini kaya akan kandungan nutrisi dan senyawa yang sangat berguna bagi tubuh kita yaitu:

1. Serat Dan Kalori

Dalam secangkir air jeruk segar mengandung 1 gram protein, 0,17 gram total lemak, yang merupakan 2 persen dari nilai harian yang penetapannya telah resmi oleh Amerika Serikat Food and Drug Administration berdasarkan diet 2.000 kalori per hari. Mengandung sekitar 20 gram karbohidrat, 1 gram serat dan 60 kalori. Selain itu, air jeruk memiliki sejumlah lemak yang bebas kolesterol.

2. Nilai Micronutrient

Buah Jeruk asam ini kaya akan vitamin C. Dalam secangkir air jeruk segar mengandung 73 miligram, ini berarti lebih dari 100 persen nilai harian vitamin C yang tubuh butuhkan. Vitamin C sangat penting untuk pengembangan jaringan ikat tubuh, untuk penyembuhan luka dan mendukung dinding pembuluh darah. Buah jeruk ini juga mengandung mikronutrien penting lainnya dalam jumlah yang lebih kecil, termasuk kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A dan vitamin B.

3. Kaya Flavonoid

Flavonoid adalah pigmen yang memberikan warna pada tanaman Buah jeruk dan jus kaya akan flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang merusak sel-sel sehat. Menurut Linus Pauling Institute, diet kaya flavonoid terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit saraf degeneratif seperti Alzheimer, penyakit Parkinson, dan kanker.

4. Kandungan Asam Sitrat

Asam sitrat inilah yang membuat rasa asam getir dalam buah jeruk yang memberikan perlindungan berharga bagi tubuh. Dalam sebuah studi yang menyelidiki aktivitas antibakteri dari air jeruk terhadap spesies bakteri berbahaya,  terbukti sangat efektif dalam mengurangi penyebaran bakteri karena kandungan asam sitratnya.

Menurut sebuah artikel yang telah terbit dalam “Journal of Science Gizi dan Vitaminology “pada bulan April 2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah jeruk jenis ini efektif dalam mencegah infeksi bakteri tertentu.

5. Kandungan Mineral

Dalam buah jeruk terkandung sejumlah mineral sehat seperti besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang berfungsi membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Pengobatan Alternatif Sakit Maag

Bila anda ingin memiliki badan sehat serta memiliki ketahanan badan yang sempurna tanpa gangguan sakit maag, tak ada salahnya anda manfaatkan buah jeruk ini untuk mengobati sakit maag. Karena buah ini terbukti bisa anda pakai sebagai pengobatan alternatif untuk mengobati penyakit maag ringan dan akut.

Caranya adalah dengan menambahkan air hangat dan meminumnya, supaya tidak terlalu asam dapat pula menambahkan beberapa tetes madu dan minum setiap hari. Agar khasiatnya lebih optimal anjurannya adalah meminumnya saat pagi hari.

Menurut Moraes TM serta rekan-rekan dari Department of Physiology Sao Paulo State University, Brasil, menemukan bahwa sari buah jeruk ini memiliki kandungan zat yang merangsang kelenjar pada permukaan dinding lambung untuk menghasilkan lendir.

Lendir itu berfungsi membuat perlindungan dinding lambung dari kerusakan karena gesekan. Hasil penelitian mereka menunjukkan 99% tikus yang terpapar dengan etanol absolut serta obat nonsteroid NSAID tidak mengalami kerusakan lambung karena pemberian sari jeruk nipis.

Perawatan Kecantikan Wajah

jeruk-nipis-untuk-wajah

Jeruk jenis ini adalah bahan masakan yang sangat murah dan sangat mudah kita temukan dalam lingkungan sekitar kita. Cara-cara perawatan kecantikan menggunakan buah jeruk ini pun sangat mudah sehingga setiap orang bisa melakukannya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa perasan buah jeruk ini dapat berperan sebagai pemutih alami. Hal tersebut karena sifat ringan yang terdapat pada kulit jeruk. Perasan air jeruk nipis juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bintik-bintik gelap pada wajah. Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis dalam perawatan wajah :

1. Dapat Mengurangi Jerawat

Inilah manfaat jeruk nipis untuk wajah berjerawat. Buah Jeruk mampu membuka pori-pori dan membunuh berbagai bakteri pada wajah sehingga jerawat kita akan lebih mudah hilang. Jangan takut jerawat akan sakit karena sudah banyak yang melakukan perawatan ini dan hasilnya memuaskan. Jadi, perih sedikit tidak apa-apa karena toh hasilnya memuaskan. Berikut adalah langkah-langkah dalam pengolahannya.

Pertama, siapkan sekitar 2 buah jeruk yang masih hijau. Iris buah jeruk tersebut menjadi 2 bagian dan peras sampai airnya keluar. Tuang air ke dalam sebuah wadah bersih dan siapkan kapas gulung atau kapas wajah biasa. Celupkan kapas ke dalam air jeruk dan tempelkan kapas ke setiap bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 sampai dengan 20 menit sampai air jeruk pada wajah mengering. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan kembali. Untuk mempercepat hilangnya jerawat, lakukan perawatan ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Mengontrol Minyak Di Wajah

Jeruk nipis dapat juga mengontrol kelebihan minyak pada wajah. Manfaat jeruk untuk wajah berminyak inilah yang membuat bahan alami ini menjadi salah satu resep kecantikan utama. Asam dalam buah jeruk ini dapat meluruhkan minyak pada wajah dan membuat produksi kelenjar minyak menjadi sedikit lebih pasif. Cara mengolahnya pun sangat mudah, siapkan saja beberapa buah jeruk yang cukup untuk seluruh bagian wajah. Selanjutnya, iris buah jeruk tersebut tipis-tipis membentuk lingkaran. Langsung tempelkan irisan jeruk ke seluruh bagian wajah yang berminyak terutama daerah T (kening dan hidung). Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini setidaknya 2 kali seminggu agar kulit bisa bebas dari minyak dan tidak terlihat mengkilap lagi.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Kulit Anda kusam karena sering terpapar polusi? Jangan langsung menggunakan bahan kimia yang banyak mengakibatkan efek samping bagi kulit Anda. Segera ambil jeruk masam ini dari dapur dan belah menjadi 2 bagian untuk mendapat manfaat jeruk nipis untuk wajah cantik. Peras airnya, kemudian usapkan airnya tersebut ke wajah. Air jeruk akan bekerja untuk meluruhkan seluruh bakteri, kotoran, maupun minyak pada wajah sehingga kulit akan terlihat jauh lebih cerah dalam sekejap. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan ini setiap 2 hari sekali.

4. Mampu Menghilangkan Bekas Jerawat

Dengan cara kerja yang sama seperti mencerahkan warna kulit, jeruk nipis dapat juga menghilangkan bekas jerawat secara cepat. Kandungan vitamin C yang tinggi akan membuat kulit tampak lebih putih dengan alami dan memperbaiki flek-flek hitam. Penggunaannya pun bisa Anda sesuaikan dengan preferensi Anda, bisa membelahnya kemudian menempelkannya pada wajah atau mengambil airnya terlebih dahulu kemudian mengoleskanyan ke seluruh bagian wajah. Pastikan bahwa melakukan treatment ini setidaknya 3 kali dalam seminggu agar bekas jerawat bisa hilang jauh lebih cepat. Jika masih ada jerawat yang meradang dan sangat parah, treatment ini sebaiknya tidak Anda lakukan karena akan menimbulkan rasa perih yang tidak tertahankan.

Melindungi Tubuh Dari Gangguan Penyakit

jeruk-nipis-air-hangat

Selain Berguna untuk perawatan wajah, jeruk ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan cara meminumnya pada malam hari sebelum tidur. Salah satu cara mengkonsumsi air perasan jeruk ini adalah dengan menambahkan air hangat dan meminumnya pada malam hari menjelang tidur. Khasiatnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terlindung dari gangguan beragam penyakit yang mengancam tubuh.

Kandungan vitamin C pada buah jeruk asam ini berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi dan menjaga tubuh. Minum segelas air hangat yang berampur dengan perasan jeruk pada waktu malam hari merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Meskipun tips ini sangat sederhana, namun ada beribu manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam buah jeruk ini dapat melawan sel kanker dalam tubuh. Buah jeruk yang asam ini ternyata memiliki peranan penting sebagai penetralisir kadar asam sehingga dapat meminimalisir perkembangan sel kanker.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat minum air jeruk hangat malam hari adalah dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan serat pada buah jeruk ini berfungsi untuk memaksimalkan kerja usus sehingga akan terhindar dari gangguan kesehatan yang menyerang usus. Seperti gangguan lambung, susah buang air kecil dan susah buah air besar atau sembelit.

Tidak hanya itu, jika kamu sering merasakan panas pada ulu hati maka cobalah mengkonsumsi segelas air hangat yang di campur dengan 2 sendok air jeruk 30 menit sebelum makan. Dan juga kandungan flavonoid dalam buahnya dapat membersihkan enzim-enzim jahat yang terdapat di dalam lambung.

3. Mencegah Peradangan

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah dapat mencegah timbulnya penyakit peradangan seperti radang sendi, asam urat dan beragam penyakit sendi lainnya dengan meminum air jeruk hangat pada waktu malam hari. Kandungan vitamin C pada air perasan jeruk ini berfungsi sebagai antiinflamasi untuk meredakan gejala radang sendi.

4. Membuat Kerja Otak Lebih Fokus

Buah jeruk asam ini sangat kaya akan kandungan potasium dan magenisum. Dengan meminum air jeruknya secara rutin maka dapat memaksimalkan sistem kerja dalam otak. Manfaat jeruk nipis ini juga dapat mengatasi dehidrasi sehingga otak akan lebih fokus lagi karena sudah memiliki asupan energi yang cukup.

5. Mencegah Berkembangnya Sel Tumor

Salah satu manfaat jeruk nipis adalah dapat mencegah tubuh dari serangan penyakit tumor, yaitu dengan cara meminum air perasan jeruk hangat sebelum tidur. Kandungan senyawa naringenin pada buah jeruk berkhasiat untuk memperbaiki sel DNA dalam tubuh sehingga sel tumor yang bergentayangan dalam tubuh tidak dapat berkembang biak.

6. Mencegah Diabetes

Buah jeruk yang satu ini sangat kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Salah satu manfaat jeruk nipis adalah untuk mencegah penyakit diabetes. Kandungan kadar gula dalam buah jeruk ini sangat rendah dan dapat menyeimbangkan asupan gula pada darah, sehingga menjaga kadar gula dalam darah akan tetap stabil.

7. Menetralkan Kadar pH Tubuh

Buah jeruk ini juga populer sebagai minuman yang mengandung alkaline. Jika air perasan buah jeruk ini bercampur dengan air hangat, maka dapat membantu produksi molekul dalam tubuh lebih maksimal dan nantinya berfungsi sebagai penyeimbang kadar pH.

8. Penunjang Program Diet

manfaat buah jeruk nipis

Bagi para pejuang diet sehat yang sedang dalam proses menurunkan berat badan maka sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi air jeruk nipis hangat. Manfaat minum air buah jeruk ini sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Dan juga dapat mencegah gangguan kesehatan karena obesitas.

Selain konsumsi pada malam hari, Anda juga bisa minum air perasan jeruk pada pagi hari saat tubuh masih belum mengkonsumsi apapun. Ini sangat efektif untuk menjadikan bentuk tubuh yang ideal dan proporsional seperti yang Anda idamkan. Kandungan vitamin C, asam folat, asam sitrat dan potassium pada buah jeruk mampu untuk mengurangi kadar lemak yang berlebihan dalam tubuh.

Selain itu, antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini sehingga wajah akan tampak awet muda.

9. Membantu Proses Detoksifikasi Toksin

Saat kita tidur di malam hari, tubuh mulai bekerja membuang racun dan toksin jahat yang bersemayam dalam tubuh. Dengan bantuan air jeruk ini maka proses detoksifikasi pembersihan racun tersebut akan bekerja secara maksimal. Dan pada pagi harinya tubuh akan terasa lebih bugar dan sehat.

10. Mengurangi Kadar Kolesterol

Seperti kita ketahui bersama, bahwasanya dalam tubuh manusia itu terdapat 2 jenis kolesterol. Yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Nah, kehebatan dari air jeruk ini adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sekaligus dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit stroke dan hipertensi.

11. Menambah Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam buah jeruk ini terdapat kandungan vitamin C, vitamin B, vitamin B6, niacin, tiamin dan asam pantotenat yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi air jeruk hangat secara rutin maka tubuh akan terhidar dari resiko terkena penyakti kardiovaskular yang mematikan seperti kanker, kencing manis, serangan jantung dan hipertensi.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

tanaman-pohon-jeruk-nipis-e1550201

Secara umum, buah jeruk nipis memiliki antioksidan yang tinggi. Manfaatnya adalah untuk menangkal radikal bebas dan bahan kimia yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

Kandungan nutrisi dalam buah ini sangatlah beragam mulai dari kandungan kalium, vitamin A, B, C, D, kalsium dan magnesium. Untuk mendapatkan manfaat dari buah inipun sangatlah praktis karena tidak harus meramunya dengan obat atau bahan lain, mengkonsumsi buah jeruk nipis dalam keadaan segar atau dengan menambahkannya ke dalam minuman bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah jeruk nipis secara umum. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa memperoleh manfaat di dalamnya dengan cara melakukan konsumsi dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

1. Melancarkan saluran pencernaan

Minum air putih bercampur dengan jeruk nipis pada pagi hari dapat menyebabkan saluran pencernaan menjadi lebih lancar. Hal ini karena dalam jeruk nipis terdapat kandungan flavonoid yang mampu berperan merangsang zat pencernaan dalam tubuh.

Jika sering mengalami sembelit, rasa asam dari jeruk nipis dapat melembutkan sistem ekskresi dan merangsang aktifitas usus. Untuk dapat merasakan manfaat jeruk nipis yang satu ini, maka minumlah segelas air hangat dengan dua sendok perasan jeruk nipis sebelum makan.

2. Membantu untuk menurunkan berat badan

Bagi yang sedang berjuang menurunkan berat badan, maka buah jeruk nipis bisa turut memberikan kontribusi. Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori. Mulailah aktifitas sehari-hari dengan meminum segelas jus jeruk nipis kemudian imbangi dengan olahraga secara teratur serta makan makanan sehat. Dengan begitu maka tubuh akan tetap bugar dan memiliki berat badan yang ideal.

3. Mengurangi kadar gula darah

Seperti halnya buah jeruk lainnya, buah jeruk nipis ini kaya akan vitamin C. Sehingga buah ini baik untuk penderita diabetes. Dengan indeks glikemik rendah, jeruk nipis dapat mengatur metabolisme tubuh dan dapat mengurangi resiko yang akibat tingkat gula darah yang berlebih.

Namun untuk memastikan tidak adanya efek samping akibat konsumsi buah ini, sebaiknya para penderita diabetes wajib untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini karena kondisi setiap pasien berbeda-beda. Oleh karena itu tetap patuhi setiap saran dari dokter dan sesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing.

4. Melawan infeksi

Saat musim flu datang, maka buah jeruk nipis bisa bermanfaat sebagai salah satu makanan sehat yang memberikan banyak kegunaan. Tanpa perlu membeli vitamin apotek dengan harga mahal, cukup dengan konsumsi jeruk nipis maka tubuh bisa lebih kuat.

Minumlah jus jeruk nipis setiap hari untuk mengurangi risiko infeksi dan manambah imunitas tubuh. Vitamin C dan antioksidan dalam buah jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi seperti pilek atau flu. Jika sudah terlanjur sakit, maka konsumsi buah ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan.

5. Menyegarkan kulit

Jeruk nipis dengan rasa yang asam ini mengandung banyak vitamin C dan flavonoid. Keduanya merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi memperkuat kolagen dalam jaringan kulit. Minum campuran air dengan sari buah jeruk nipis dapat melembabkan dan meremajakan kulit.

Kegunaan Daun Jeruk

cara budidaya buah jeruk nipis

Selain buahnya yang mengandung banyak manfaat, tak ketinggalan daunnya juga memiliki kandungan senyawa seperti linalool, poncirin, hesperidine, rhoiolin, naringin, kaempferol, rosmanic, flavonoid, apigenin, dan berbagai kandungan lainnya. Daun jeruk juga mengandung aroma minyak esensial sejenis citrus dan citronela. Citronella daun jeruk juga mampu mengusir nyamuk.

1. Dapat Mengobati Diare dan Reumatik

Daun jeruk juga anda dapat manfaatkan sebagai obat diare. Anda dapat mengkonsumsinya langsung dengan mengunyah tumbukan daun jeruk tersebut. Jika terasa sangat pahit, anda dapat menambahkan gula pada tumbukan daun jeruk tersebut. Daun jeruk juga dapat anda manfaatkan sebagai obat rematik. Anda dapat menggosokkan daun jeruk pada bagian yang terasa sakit dan nyeri. Hal ini karena kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga daun jeruk efektif sebagai pembersih racun.

2. Menghilangkan Bau Mulut

Daun jeruk dapat menghilangkan masalah-masalah pada gigi dan mulut. Hal ini karena kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi sehingga sangat efektif bila anda gunakan untuk menghilangkan bau mulat. Anda cukup mengunyah daun jeruk dan kemudian berkumur. Setelah itu, masalah bau mulut yang anda miliki akan hilang. Daun jeruk juga sangat efektif anda gunakan untuk merawat kesehatan gigi. Daun jeruk dapat membuat gigi terhindar dari ancaman karies

3. Menghilangkan Mual

Karena kandungan minyak essensial yang di milikinya, daun jeruk sangat efektif sebagai obat apabila anda mengalami mual. Anda dapat mengkonsumsinya dengan  merebus daun jeruk dengan air beserta madu. Rebusan daun jeruk ini juga anda dapat gunakan untuk mengatasi perut kembung. Hal ini karena mengandung zat apigenin. Selain itu, daun jeruk juga berkhasiat untuk proses detoksifikasi pada tubuh.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dan flavonoid, membuat daun jeruk dapat berguna sebagai penambah kekebalan (sistem imun) tubuh sehingga tubuh anda tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

Efek Samping Buah Jeruk Nipis

jeruk-nipis-anti-maag

Buah Jeruk nipis memiliki banyak manfaat dan berfungsi sebagai salah satu minuman terbaik dari alam. Namun, dalam mengkonsumsinya harus bijak karena efek samping yang timbul apabila terlalu berlebihan justru tidak baik dan dapat mengganggu kesehatan. Berikut ini adalah beberapa resiko yang timbul dan berdampak pada tubuh akibat konsumsi buah rasa asam ini secara berlebihan :

1. Kerusakan Gigi

Buah jeruk nipis mengandung asam sitrat tinggi yang dapat menyebabkan korosi email gigi. Ketika kerusakan gigi terus berlanjut maka rasa sakit akan muncul. Oleh karena itu konsumsi buah ini harus secara benar dan tidak berlebihan. Pastikan untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut secara benar dengan dengan cara menggosok gigi sebelum tidur. Hal ini bisa membantu agar sisa sari buah ini tidak menempel pada gigi dan menyebabkan kerusakan.

2. Menyebabkan Luka Pada Lambung

Ulkus peptikum atau tukak lambung adalah luka yang sangat menyakitkan yang terdapat pada lapisan perut atau usus kecil. Asam sitrat dalam buah jeruk nipis dan jeruk limau dapat meningkatkan risiko terkena radang lambung. Gejalanya bisa meliputi nyeri hebat dalam perut, muntah, dan penurunan berat badan yang tak terduga. Oleh karena perlu adanya pembatasan konsumsi buah ini secara teratur.

 

Manfaat Jeruk nipis untuk kecatikan wajah dibawah di artikel lain di blog kami ini, silahkan ikuti tautan berikut untuk menyimak artikelnya https://tanamanmart.com/manfaat-jeruk-nipis-untuk-wajah-masker-jeruk-nipis/ 

Untuk melihat semua bibit jeruk koleksi kami klik disini

Klik tautan ini untuk melihat artikel tentang manfaat pete bagi kesehatan dan tautan ini untuk tips budidaya tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *