Wawasan Umum

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Cara Praktis Membuat Masker Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Tips Membuat Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal kegunaannya sebagai penyedap masakan atau dibuat minuman segar. Namun selain kegunaan tersebut, ada hal lain yang perlu Anda ketahui dari buah dengan rasa asam ini yaitu manfaat jeruk nipis untuk wajah dan bagi kesehatan tubuh.  Selain dikonsumsi sebagai minuman atau dicapurkan dengan makanan, jeruk nipis juga bisa dibuat sebagai masker wajah. Bagi anda yang ingin memiliki wajah halus, segar dan cantik, silahkan coba untuk menggunakan masker jeruk nipis.

O ya.. sebagai penambah pengetahuan kita, buah jeruk nipis ini nama latinnya adalah Citrus aurantifolia, konon bukan asli indonesia loh.. tapi dari Amerika tengah dan bisa sampai ke Indonesia adalah karena dibawa oleh orang Belanda.

A. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Berikut ini adalah manfaat jeruk nipis untuk wajah anda. Baik sebagai nutrisi kaya vitamin yang baik untuk kesehatan dan kulit, mencegah kerutan wajah, mencerahkan wajah dan manfaat lainnya untuk kesehatan. Simak juga bagaimana cara membuat masker jeruk nipis yang baik.

1. Membantu Mencegah Kerutan pada Wajah

Membantu Mencegah Kerutan pada Wajah

Selain membantu menjaga kesehatan tubuh, buah yang satu ini juga bisa digunakan untuk menyehatkan kulit wajah. Maka tak heran jika berbagai produk kecantikan menggunakan jeruk nipis sebagai salah satu bahannya.

Salah satu manfaatnya adalah karena kandungan vitamin C di dalamnya yang bisa memproduksi kolagen yang merupakan protein yang membuat kulit, rambut dan kuku menjadi lebih kuat. Kolagen ini yang dibutuhkan untuk meningkatkan elastisitas kulit dan menghaluskan kerutan.

2. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Di dalam buah jeruk nipis mengandung asam sitrat. Kandungan ini yang banyak digunakan ke dalam berbagai produk perawatan kulit karena mampu membantu mengupas sel kulit mati. Dengan demikian, maka kulit baru akan tumbuh.

Banyak juga yang memanfaatkan buah ini untuk membuat rangkaian perawatan wajah dirumah. Salah satu caranya adalah dengan mencelupkan kapas ke dalam jeruk nipis lalu dioleskan pada jerawat. Setelah dibiarkan selama 5 hingga 10 menit, maka segera bilas sampai bersih. ini salah satu manfaat jeruk nipis untuk wajah yang belum banyak diketahui orang.

3. Membantu Menutrisi Kulit Menjadi Lebih Sehat

Membantu Menutrisi Kulit Menjadi Lebih Sehat

Seperti yang Anda telah ketahui bahwa di dalam jeruk ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain baik bagi kesehatan tubuh, vitamin ini juga bisa membantu menutrisi kulit agar lebih sehat.

Vitamin C membantu meregenerasi kulit wajah sehingga bisa lebih cerah. Sebagai salah satu cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan airnya ke dalam madu dan diaplikasikan pada kulit. Jadi agar bisa merasakan manfaat jeruk nipis untuk wajah maka anda bisa oleskan campuran ini ke wajah anda, biarkan beberapa saat sebelum di bilas dengan air bersih.

4. Masker Jeruk Nipis untuk Mencegah dan Mengatasi Jerawat pada Wajah

Manfaat Jeruk Nipis untuk Perawatan Alami pada Wajah

Jeruk nipis digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan wajah secara alami. Salah satu caranya adalah dengan cara digunakan sebagai masker wajah. Masker jeruk nipis terutama sangat baik untuk mecegah jerawat pada wajah.

Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa muncul karena adanya penumpukan kotoran dan minyak berlebih. Penyebab lainnya adalah adanya sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Dengan demikian, maka bakteri bisa tumbuh dan memicu terjadinya jerawat. Maka, salah satu cara mencegah dan mengobati jerawat adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Anda bisa mengaplikasikan langsung air jeruk ini dengan kapas pada wajah atau bisa menggunakannya sebagai masker yang sehat dan alami.

Untuk tujuan perawatan wajah yang berjerawat, maka masker bisa dibuat dari jeruk nipis yang dicampur dengan putih telur. Lalu, masker diaplikasikan pada wajah di malam hari. Jika sudah kering maka bilas dengan air hangat.

Dengan perawatan yang rutin, maka kulit wajah bisa menjadi lebih sehat. Namun sebelum itu, pastikan bahwa kulit wajah Anda tidak sensitif sehingga tidak terjadi keluhan pada kulit. Saat ini, buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi ini juga mudah ditemui dalam berbagai bentuk perawatan kulit wajah. Namun jika Anda ingin merawat kulit secara alami, maka bisa membuat sendiri masker dari buah ini yang lebih aman.

 

B. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Anda

1.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Jeruk Nipis untuk Daya Tahan Tubuh

Jenis buah jeruk nipis banyak ditemui di Indonesia dan bisa dibudidayakan di pekarangan rumah. Selain dikonsumsi karena rasanya baik buah maupun kulitnya, buah ini juga dikonsumsi untuk tujuan menjaga kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan antioksidan dari jeruk yang sangat baik bagi tubuh dan melindungi dari radikal bebas.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam satu buah jeruk ini mengandung sekitar 19,5 mg vitamin C. Kandungan lainnya adalah vitamin A, E dan K. Manfaat semua kandungan baik ini adalah untuk menjaga kesehatan tubuh manusia serta meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Karena itu, Anda bisa mengkonsumsinya secara teratur agar tidak mudah sakit. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan air jeruk nipis ke dalam segelas air yang sudah diberi gula secukupnya.

2. Sebagai Sumber Antioksidan yang Baik bagi Tubuh Kita

Buah Jeruk Nipis Sebagai Sumber Antioksidan yang Baik bagi Tubuh Kita

Apa yang dimaksud dengan antioksidan? Senyawa ini memiliki peran penting bagi tubuh karena bisa melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Jika dalam jumlah yang banyak, maka radikal bebas bisa menyebabkan efek buruk bagi tubuh. Salah satunya yaitu bisa merusak sel tubuh dan jika sudah dalam kondisi yang kronis, maka bisa menyebabkan penyakit jantung hingga kanker.

Maka dari itu, untuk pencegahan yang alami, banyak yang mengkonsumsi jeruk jenis nipis ini. Kandungan aktif di dalamnya bisa berperan sebagai antioksidan yang baik.

3. Manfaat Jeruk Nipis untuk Membantu Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Khasiat Buah Jeruk Nipis untuk Membantu dalam Meningkatkan Penyerapan Zat Besi Bagi Tubuh

Zat besi merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu dalam pembuatan sel darah merah. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Karena itu, saat tubuh kehilangan kadar zat besi, maka bisa timbul gejala anemia defisiensi besi.

Banyak upaya untuk mendapatkan zat besi bagi tubuh, seperti halnya konsumsi buah dan sayur serta berbagai produk hewani. Maka, untuk meningkatkan penyerapan zat besi, konsumsi jeruk ini bisa sangat membantu.

4. Manfaat Kosumsi Jeruk Nipis untuk Membantu Menyeimbangkan pH

Manfaat Kosumsi Jeruk Nipis untuk Membantu Menyeimbangkan pH

pH merupakan keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh manusia. Hal ini bisa menjadi faktor penentu kesehatan kita. Pasalnya, kandungan pH yang tidak seimbang dalam tubuh bisa membuat Anda mudah sakit. Di sini, peran jeruk nipis yang asam bisa membantu menyeimbangkan pH tubuh Anda.

5. Manfaat Air Jeruk Nipis untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Air Jeruk Nipis untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Obesitas adalah kelebihan berat badan yang artinya Anda menyimpan lebih banyak lemah daripada yang dibutuhkan oleh tubuh. Penyakit jantung dan berbagai penyakit lain bisa muncul karena adanya gangguan ini. Obesitas bisa terjadi pada semua usia, termasuk anak-anak hingga dewasa.

Karena itu, Anda harus segera mengatasinya. Salah satunya adalah dengan konsumsi air jeruk nipis yang bisa membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh.

6. Khasiat Jeruk Nipis untuk Mencegah Sakit Flu

Khasiat Jeruk Nipis untuk Mencegah Sakit Flu

Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengan gejala bersin-bersin, badan panas dan pusing. Jika sakit ini menyerang, banyak yang memilih untuk melakukan pengobatan alami. Salah satunya adalah dengan konsumsi air jeruk nipis untuk meredakan gejalanya.

Tahukah Anda bahwa dalam sebuah jeruk ini mengandung 20 gram vitamin C atau 30 persen dari kebutuhan tubuh perharinya? Vitamin C ini membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Salah satunya adalah flu yang bisa dicegah dengan konsumsi jeruk ini baik yang diolah menjadi minuman atau makanan.

7. Membantu Memperbaiki Pencernaan Tubuh

Membantu Memperbaiki Pencernaan Tubuh

Jeruk ini memiliki sifat asam. Sifat asam ini yang membantu air liur dalam memecah makanan untuk proses pencernaan yang baik. Di dalam buah ini juga terkandung flavonoid yang merangsang sekresi pencernaan.

Jadi, ketika mengalami susah air besar, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi jeruk ini yang sudah dicampur ke dalam makanan atau minuman Anda. Akan tetapi tips ini kurang baik bagi penderita penyakit maag dimana takarannya harus disesuaikan atau sebaiknya konsultasi dulu ke dokter.

8. Khasiat Jeruk Nipis untuk Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Khasiat Jeruk Nipis untuk Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari penggunaan jeruk nipis. Bahkan, buah yang satu ini juga bisa menyehatkan rambut Anda. Jeruk bisa menjadi kondisioner alami bagi rambut Anda. Dengan aplikasi yang tepat, maka penggunaannya bisa mencegah terjadinya kerontokan rambut. Lalu bagaimana cara aplikasinya?

Siapkan jeruk nipis lalu potong. Usapkan pada kulit kepada secara perlahan di seluruh kulit kepada. Setelah merata, maka diamkan selama 15 menit lalu cuci dengan shampoo seperti biasanya.

Di dalam jeruk nipis terkandung nutrisi yang mampu memperkuat akar rambut sehingga bisa mencegah rambut patah dan rontok. Sebelum menggunakannya pastikan dulu bahwa kulit kapala Anda tidak sensitif.

9. Untuk Mencegah Ketombe pada Rambut

Manfaat Buah Jeruk Nipis untuk Mencegah Ketombe pada Rambut

Bagi Anda yang memiliki masalah pada ketombe juga bisa menggunakan buah ini untuk perawatan yang alami dan murah. Pasalnya, di dalam jeruk ini terdapat kandungan asam yang tinggi. Karena itu, aplikasinya pada rambut bisa sekaligus membersihkan ketombe yang membandel di kulit kepada Anda.

Demikianlah beberapa manfaat dari buah jeruk jenis nipis yang populer ini. Simak juga artikel terkait manfaat jeruk ini di tautan berikut ini dimana dibahas lebih detail manfaat jenis jeruk ini bagi tubuh kita.

C. Penutup

Jeruk jenis nipis sendiri merupakan salah satu tanaman yang mudah dibudidayakan di pekarangan rumah Anda. Buah ini menyumbang manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan kecantikan. Karena itu, Anda bisa mulai membudidayakan tanaman ini sendiri.

Saat ini, tersedia bibit tanaman buah termasuk jeruk jenis nipis yang mudah didapatkan. Dengan menanamnya sendiri, maka Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C yang alami sewaktu-waktu. Selain di budidayakan untuk dimakan sendiri, tanaman ini bisa memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena pasar buah ini sangat terbuka lebar, bukan hanya di Indonesia namun di dunia. Dapatkan bibitnya di tautan berikut ini https://tanamanmart.com/product/bibit-jeruk-nipis/

Berikut ini video terkait perawatan wajah dengan jeruk jenis nipis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *