Semua Kategori

Khasiat Daun Bidara Serta Manfaat Pohon Bidara

khasiat daun bidara

Pohon bidara bernama lain widara, nama ilmiahnya adalah Zizipus mauritiana. Banyak masyarakat mulai mengenal khasiat daun bidara. Secara umum, tanaman bidara mudah tumbuh dengan baik di kawasan dengan lingkungan yang cenderung kering. Meskipun demikian, di Indonesia juga mudah ditemukan dan dapat berkembang dengan baik. Bidara,  atau dalam bahasa arab dikenal dengan sidr ini merupakan tanaman yang berasal dari Arab, sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah tropis serta Asia Barat dan dapat tumbuh di lembah-lembah sampai ketinggian 500 m dpl. Salah satu Manfaat daun bidara adalah untuk obat jerawat, membersihkan kulit dari kotoran, dan menjaga kulit dari kerusakan.

Pohon Bidara adalah tanaman keras. Tanaman yang tertulis dalam Al-Qur’an ini dapat hidup pada lingkungan dengan suhu hangat dan kering. Varietas ini asli dari Timur Tengah yang memiliki iklim hangat, namun tetap bisa bisa berkembang dengan cuaca dan iklim Indonesia.

Pohon Bidara sudah mulai banyak yang menanamnya, karena masyarakat telah sadar akan khasiat daun bidara dan buahnya yang beragam. Selain alasan kesehatan, masyarakat juga sudah mulai banyak membaca dan belajar sehingga memahami Sunnah dan merasakan langsung khasiat daun Bidara.

Karakteristik Tanaman Pohon Bidara Dan Khasiat Daun Bidara

karakteristik pohon dan khasiat daun bidara

Morfologi Daun Bidara

Daun bidara berwarna hijau, termasuk daun tunggal dan terletak berseling. Bentuknya bulat telur menjorong atau jorong lonjong berukuran 2–9 cm x 1.5–5 cm, bertepi rata atau sedikit menginggit, mengkilap di sisi atas, dan rapat. Berambut kempa keputihan di sisi bawahnya dengan tiga tulang daun utama yang tampak jelas membujur sejajar, bertangkai pendek 8–15 mm. Sebagian besar masyarakat kita sering kali memanfaatkan daunnya. Daun yang masih muda bisa untuk sayur dan yang sudah tua untuk pakan ternak. Air rebusannya bermanfaat sebagai jamu. Uniknya, jika meremasnya dalam air, daun bidara menghasilkan busa seperti sabun. Daun ini biasanya berguna untuk memandikan orang yang sakit demam (sebagai terapi) dan untuk memandikan jenazah.

Bunga Bidara

Bunga berbentuk payung dan tumbuh pada ketiak daun, dengan panjang 1–2 cm. Warnanya kekuningan dengan aroma agak harum. Sedang buahnya berbentuk bulat hingga bulat telur, dengan ukuran hingga 6 cm × 4 cm. Warna Kulit buah awalnya hijau, kekuningan, lalu kemerahan, kemudian akan berubah kehitaman setelah masak. Daging buahnya putih, rasanya manis kala sudah masak.

Daun dan bentuk batang pohon bidara sangat unik. Ukuran pohon tergolong kecil dan termasuk tanaman perdu. Ranting-ranting pohonnya cenderung pendek dengan warna daun yang hijau. Dengan lingkungan dan kondisi tumbuh yang baik, tanaman ini bisa mencapai tinggi hingga 15 meter.

  • Perbungaan tumbuh di ketiak daun dengan panjang 1-2 cm. Untuk ukuran bunganya kecil, dengan warna kekuningan dan sedikit harum. Ada 5 kelopak bunga dengan bentuk cekung.
  • Buah dari tanaman ini berbentuk bulat dan cenderung oval. Pohon bidara yang berkembang pada perkebunan luas pada umumnya memiliki ukuran buah 6 cm x 4 cm. Meskipun ada pula buah bidara yang berukuran kecil.
  • Ciri pohon bidara ini adalah halus, mengkilap, dengan kulit tipis. Warna buah bidara ini adalah kekuningan hingga kemerahan. Ada pula yang berwarna lebih gelap terutama saat buah mencapai kematangan yang sempurna.
  • Daging buahnya berwarna putih dan banyak yang menjadikannya sebagai makanan dan minuman. Buah dapat sebagai jus dengan rasa yang cukup asam. Meskipun demikian ada pula sensasi rasa manis dari buah ini pada saat buah pohon bidara sudah matang.

Jenis-Jenis Pohon Bidara

jenis pohon dan khasiat daun bidara

Bidara memiliki beberapa jenis atau spesies. Semuanya bisa ditanam di Indonesia asalkan memiliki lingkungan yang tepat. Beberapa jenis tanaman tersebut adalah bidara sidr, putsa, upas, cina, dan laut. Masing-masing memiliki khasiat daun bidara, kekhasan dari buah bidara, daun bidara, hingga lingkungan hidup pohon bidara.

1. Bidara Sidr Dari Negara Arab

Pohon bidara memang bukan tumbuhan asli Indonesia. Salah satu negara asal tanaman ini adalah dari dataran Arab. Nama dan jenis yang paling terkenal adalah bidara sidr disebut juga bidara arab.

Pohon bidara ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah daun bidara yang dapat dijadikan bahan untuk pembuatan sabun. Hal ini tak lain karena manfaatnya yang bisa menghaluskan kulit.

Sedangkan dari buahnya, bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan minuman. Bukan hanya rasanya saja yang segar, namun ada juga nilai gizi yang dimanfaatkan.

2. Bidara Upas

Pohon bidara upas adalah jenis pohon yang tidak berduri, tidak seperti bidara lain yang memiliki duri pada batang pohon. Asal tanaman ini dipercaya berasal dari Filipina.

Pohon bidara ini menyimpan banyak keistimewaan. Salah satunya adalah dari bunganya. Warna bunga bidara ini adalah putih. Sedangkan ketinggian tanaman ini bisa mencapai 5 meter dengan batang kecil.

Daun bidara ini menyimpan manfaat khusus. Salah satunya adalah sebagai bahan untuk pengobatan diabetes, pengobatan kencing batu, pengobatan sifilis dan lainnya.

3. Bidara Cina

Bidara Cina atau biasa disebut Ziziphus jujuba adalah jenis pohon bidara yang buahnya mirip apel. Pohon bidara ini dapat mencapai ketinggian antara 5 dan 10 meter dengan cabang kayu berduri.

Tanaman ini saat mekar memiliki 5 kelopak warna hijau kekuningan. Sedangkan warna buah bidara Cina adalah hijau, berbentuk oval dan dapat dimakan.

Saat buahnya matang, warnanya akan menjadi kecoklatan dan sedikit kusut. Secara visual hampir mirip dengan kurma karena karakteristiknya tersebut.

4. Bidara Laut

Tempat budidaya pohon bidara laut yang terbaik adalah hutan di dekat pantai. Ciri khasnya adalah memiliki batang pohon kecil dan struktur kayu yang keras. Pohon-pohon bidara laut biasanya bengkok, dengan cabang-cabang yang memanjang. Tanaman semak ini memiliki bunga yang muncul dari ketiak daun.

Sementara buah bidara jenis ini memiliki bentuk bulat dengan diameter lebih dari 4 cm. Warnanya agak kuning kemerahan. Namun warna buah ini akan menjadi kehitaman ketika matang.

Secara umum, daunnya bisa diolah dengan cara tertentu. Ada yang merebus lalu menggunakannya sebagai pengobatan penyakit rematik, sariawan, penyakit kulit, demam, dan malaria.

Kandungan Nutrisi

Di Indonesia, daun mudanya diolah sebagai sayuran. Daun-daun tua dapat dijadikan pakan ternak dan dibuat kapsul untuk membantu dalam proses rukyah (penangkal gangguan jin/sihir). Di Jawa, kulit kayunya bisa digunakan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, sedangkan di Malaysia bubur kulit kayunya dapat dimanfaatkan untuk obat sakit perut. Nah, bagi anda yang sedang mencari bibitnya, kami jual bibit bidara unggul. Ingin tahu lebih rinci tentang harga bibit bidara..? silahkan klik di sini.

banner-bidara-baru

Tanaman bidara ini banyak sekali manfaatnya terhadap tubuh. Kandungan nutrisi buah ini cukup banyak di antaranya Gula, Serat, Protein, Vit. B1, A, dan C, Lemak, Karoten, Zat Besi, juga Fosfor. Di dalam bidara juga terkandung senyawa-senyawa seperti flavanoid, alkane, dan aldehid. Sedangkan kandungan mineralnya adalah natrium, kalium, dan kalsium yang salah satu khasiatnya untuk mengobati asam urat. Kita sudah tak asing lagi bukan mendengar penyakit ini. Jenis penyakit yang menyerang sistem persendian. Kondisi yang diakibatkan oleh asam urat ini berupa nyeri yang amat sangat, rasa panas di persendian dan pembengkakkan sendi. Penyerangannya sendiri lebih ke bagian lutut, tangan, pergelangan tangan, jari-jari kaki, dan pergelangan kaki.

Asam urat ini bisa diakibatkan oleh pengangkatan beban yang terlalu berat sehingga mengakibatkan tangan kelebihan muatan. Atau bisa juga disebabkan oleh faktor makanan yang memicu asam urat seperti alkohol. Orang-orang yang terkena asam urat ini biasanya para penderita hipertensi, diabetes, dan obesitas.

Mengobati Asam Urat

Asam urat ini, biasanya lebih sering menyerang laki-laki. Akan tetapi kaum wanita juga tidak menutup kemungkinan dapat terjangkit penyakit ini. Untuk itu, rawatlah tubuh Anda agar tidak terjangkit  oleh penyakit ini. Lakukan hal-hal yang berguna seperti menjaga pola makan dan makanan yang akan dikonsumsi serta berolah raga secara rutin. Apalagi asam urat sudah kambuh pastinya akan terasa sangat menyiksa. Untuk itu, segera obati asam urat Anda dengan ramuan alami dan tradisional yang aman dan mudah. Yaitu dengan menggunakan daun bidara. Pembuatan ramuan daun bidara ini tidak berbeda jauh dengan pembuatan ramuan seperti biasanya. Anda cukup menyiapkan beberapa helai daun bidara saja dan tidak perlu bahan tambahan lainnya. Daun yang sudah disiapkan dicuci terlebih dahulu hingga bersih, lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu angkat dan tunggu dingin baru dikonsumsi. Untuk memaksimalkan khasiatnya, lakukan cara ini secara rutin hingga asam urat Anda berangsur-angsur hilang.

Berikut Ini Penjelasan Tentang Manfaat Daun Bidara

daun-bidara

1. Membersihkan Jerawat

Jerawat tidak jarang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Anda dapat menyembuhkan jerawat dengan bahan-bahan herbal, salah satunya yaitu lakukan perawatan masker bidara. Daun bidara terbukti ampuh sebagai masker untuk menghilangkan jerawat. Khasiat daun ini bisa anda manfaatkan untuk dijadikan masker pada kulit wajah. Penggunaan daun pohon ini sebagai masker wajah bermanfaaat untuk membersihkan kulit dari kotoran, membersihkan jerawat, dan mencegah  kulit dari kerusakan yang diakibatkan jerawat.

Untuk orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan rentan terkena jerawat di wajah. Masalah jerawat dapat menyebabkan kerusakan kulit wajah. Oleh karena itu, manfaatkan masker daun ini.

Berikut langkah-langkah membuat masker:

  • Siapkan beberapa lembar daun kemudian cuci sampai bersih.
  • Tumbuk sampai halus dan masukkan ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan sedikit air ke dalam mangkuk tersebut.
  • Setelah berbentuk seperti pasta kental, maka oleskan pada kulit wajah (sebagai masker).
  • Diamkan hingga masker wajah mengering.
  • Bilas wajah dengan air tanpa sabun hingga bersih.

Untuk  menghilangkan jerawat dengan daun bidara tidaklah instan, butuh proses dan ketekunan. Ulangi langkah diatas secara teratur.

2. Mencegah Diabetes

Penggunaan daun bidara yang menakjubkan manfaatnya adalah untuk mencegah munculnya diabetes. Kandungan senyawa dalam daun bidara kering bekerja secara efektif untuk melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula.

Diabetes terjadi karena tubuh tidak mampu mengatur kadar gula dalam darah, hal lainnya karena kerusakan sistem insulin dalam tubuh, masalah ini bisa berpotensi menimbulkan komplikasi penyakit berupa penyakit ginjal dan jantung.

Daun yang sudah kering dikonsumsi seperti dalam bentuk teh bermanfaat untuk menstabilkan kembali kadar gula dalam darah, dan membantu melindungi sistem pengaturan produksi insulin di dalam tubuh.

Dengan memanfaatkan bahan alami berupa daunnya bermanfaat untuk mencegah terjadinya kenaikan gula darah atau diabetes, karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

3. Mengobati Diare

Diare ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi BAB yang lebih sering dibandingkan biasanya. Terjadinya diare biasanya akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, parasit ataupun virus. Diare pada umumnya dapat berlangsung beberapa hari dan berpotensi bisa terjadi selama seminggu atau lebih. Penderita diare bisa mengalami gejala seperti sakit perut singkat dengan tinja yang tidak terlalu encer, hingga bisa mengalami kram perut dengan tinja yang sangat encer. Orang yang mengalami diare parah berpotensi juga mengalami demam dan kram perut hebat. Terdapat beberapa jenis tanaman herbal yang berkhasiat untuk pengobatan diare, seperti buah sirsak, jambu biji, buah sawo, pisang klutuk, daun asam, daun bidara, dll. Daun pohon jenis ini memiliki khasiat untuk pengobatan diare. Minumlah teh yang terbuat dari daun bidara , cara pembuatannya juga sangat mudah seperti membuat teh pada umumnya.

4. Menyembuhkan Luka

Daun bidara memiliki kandungan sifat antiseptik. Daun ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luka bakar dan luka luar lainnya. Kandungan antiseptik dalam daun ini bermanfaat dalam mengobati luka gores atau lecet pada kulit tubuh, bahkan termasuk luka yang disebabkan oleh sariawan. Daun ini akan bekerja untuk membantu menghentikan pendarahan dan mengeringkan luka sehingga cepat pulih, serta mendorong proses regenerasi sel-sel kulit baru.

5. Meremajakan Kulit

pohon-bidara

Masalah munculnya tanda-tanda penuaan dini tidak jarang dikeluhkan banyak orang, terutama oleh kaum wanita. Munculnya kerutan halus pada kulit ini seiring dengan pertambahan usia, namun yang menjadi masalah ketika tanda-tanda penuaan tersebut muncul terlalu cepat. Daun pohon jenis ini memiliki manfaat untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit baru, hal ini menjadikan kulit yang berkerut, kering maupun kusam akan bisa tergantikan dengan kulit yang lebih sehat dan indah.

6. Merawat Kulit Kering

Kulit wajah yang kering menyebabkan seseorang akan terlihat kusam , bahkan kulit terlihat seperti tidak terawat. Sehingga bisa membuat tidak percaya diri. Bagi Anda yang memiliki kulit kering maka harus rajin melakukan perawatan kulit, terutama kulit wajah. Anda bisa memanfaatkan daun pohon ini sebagai bahan utamanya, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  •     Siapkan daun yang masih hijau dan segar, cuci bersih lalu hancurkan.
  •     Campurkan dengan sedikit air, sehingga membentuk seperti pasta.
  •     Aplikasikan sebagai masker pada bagian wajah , dapat juga digunakan pada tangan dan kaki.
  •     Diamkan beberapa saat, agar meresap ke dalam kulit.
  •     Bersihkan kulit dengan air hangat.
  •     Berikan pelembab sesuai dengan jenis kulit.

Lakukan perawatan alami ini secara rutin. Agar manfaatnya lebih efektif,  tambahkan madu atau perasan jeruk lemon sebagai bahan masker.

7. Mencegah Dampak Buruk dari Paparan Sinar UV

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung akan menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada wajah dan kulit tubuh secara umum, bahkan yang terburuk dari dampak paparan sinar UV adalah radikal bebas. Kulit yang sering terpapar sinar UV akan berdampak buruk seperti kulit terlihat lebih kusam, berminyak, bahkan memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Untuk mencegah hal ini salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan daun pohon bidara. Daun pohon bidara dapat digunakan sebagai masker kulit. Lakukan penggunaan daun  ini sebanyak 3 kali dalam seminggu supaya keindahan kulit tetap terjaga.

8. Menyehatkan dan Menguatkan Rambut

Daun herbal ini memberikan manfaat besar bagi kesehatan rambut. Kandungan di dalam daun pohon bidara juga berkhasiat untuk melembabkan rambut, mencegah kerontokan, memperindah rambut dan membantu kesuburan rambut.

Agar rambut menjadi selalu sehat, kuat dan tidak mudah rontok. Anda bisa melakukan perawatan alami menggunakan daun pohon bidara. Rebuslah beberapa lembar daun pohon bidara dengan air secukupnya, tunggu hingga dingin, setelah itu aplikasikan ke kulit kepala (seperti halnya hair tonic).

9. Menghilangkan Bau Ketiak Dan Keringat

Daun pohon bidara dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau ketiak. Jika Anda sedang mengalami masalah bau ketiak yang kurang sedap, ada cara mudah dan manjur untuk mengatasinya.

Siapkan beberapa helai daun pohon bidara, lalu remas-remas supaya menjadi lebih lunak, kemudian tinggal digosokan ke ketiak, lakukanlah pada saat mandi.

Manfaat Buah Bidara

buah-bidara

Buah Bidara / Ziziphus Mauritiana / Jujube memiliki gizi yang tidak boleh diremehkan. Selain bisa memakannya dalam bentuk segar, bisa juga sebagai bahan olahan kuliner oleh berbagai negara.

Buah ini tidak jarang untuk minuman segar. Pada beberapa daerah, banyak yang memeras buah dari kultivar unggul kemudian mengolahnya menjadi minuman atau manisan. Beberapa kawasan Asia Tenggara buah yang belum matang ada yang memakannya dengan garam ada juga yang merebusnya untuk menghasilkan sirup.

Bentuk buah  yang satu ini menyerupai anggur, tapi kulitnya tidak sekeras anggur. Saat buah berwarna hijau, rasanya biasanya pahit keasaman. Saat ranum warnanya berubah menjadi  kuning kemerahan dan kecoklatan. Rasanya manis, namun sentuhan asam masih terasa.

Karakteristik Buah

Di dalam buah bidara terdapat biji berwarna krem beralur-alur tak teratur. Sebenarnya itu adalah tempurungnya. Inti bijinya terdapat di dalamnya, dan biasanya berjumlah dua (ada juga yang hanya satu). Pada saat melakukan budidaya, supaya lebih cepat tumbuh, biji yang akan disemai sebaiknya dipecah dulu agar inti bijinya terlihat. Ada beberapa cara dalam mengkonsumsi buah ini. Bisa dimakan langsung, dijadikan minuman segar, dikeringkan, atau dijadikan manisan. Bila masih muda bisa dimakan dengan garam atau dirujak.

Nilai Gizi Buah Bidara Dan Khasiat Bidara

Buah yang matang memiliki rasa asam namun cenderung manis. Karenanya buah ini cocok dipakai sebagai bahan minuman dari buah segar. Selain rasanya, pohon bidara banyak dibudidayakan karena nilai gizinya yang tinggi. Nilai gizi dalam buah ini (per 100 g) adalah sebagai berikut :

  • Energi 24,76 kJ (5,92 kkal)
  • Karbohidrat 17 g
  • Gula 5.4-10.5 g
  • Serat makanan 0,60 g
  • Lemak 0,07 g
  • Protein 0,8 g
  • Air 81.6-83.0 g
  • Tiamin (Vit B1) 0,02-0,024 mg
  • Riboflavin (Vit B2) 0,02-0,038 mg
  • Niacin (Vit B3) 0,7-0,873 mg
  • Kalsium 25,6 mg
  • Zat Besi 0,76-1,8 mg
  • Fosfor 26,8 mg
  • Gula 10.5g
  • Potassium 70mg
  • Sodium 1mg
  • Seng 0,01mg
  • Magnesium 3mg
  • Karoten 0,021 mg
  • Asam sitrat 1,1 mg
  • Asam askorbat 75 mg
  • Flavonoid

Kultivar buah bidara paling banyak berasal dari hasil budidaya perkebunan. Pada beberapa daerah supaya nilai jual buahnya lebih tinggi, ada yang mengolahnya dengan cara mengeringkan buah, mengawetkan dan mengemasnya dengan cara packing khusus.

Selain buahnya, pohon bidara juga memberikan manfaat lebih banyak. Salah satunya ialah dari daun yang masih muda. Daun ini menjadi sayuran dengan banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain itu, daunnya juga memiliki fungsi sebagai penurun demam. Caranya adalah dengan memeras dan mengaplikasikannya saat mandi seperti halnya sabun.

Karena mengandung mineral dan vitamin yang cukup tinggi, buah ini memberikan manfaat penting untuk kesehatan tubuh mulai dari sistem peredaran darah hingga penampilan kulit tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

1. Buah Bidara Mencegah Pilek Dan Batuk

tanaman-bidara

Buah yang kaya akan vitamin A dan C bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit batuk dan pilek, ataupun penyakit akibat cuaca.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan potasium dan vitamin B-kompleks terbukti khasiatnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Sumber Antioksidan

Buahnya merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik, yang bermanfaat untuk membantu proses peremajaan sel-sel tubuh, dan menjaga fungsi organ hati dan ginjal.

4. Kesehatan Kulit Tubuh

Kandungan antioksidan memberikan solusi penting untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Buah bidara juga sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit karena faktor eksternal akibat sengatan matahari, kulit kering, dan keriput.

5. Mengobati Gangguan Pencernaan

Buah bidara secara alami mengobati berbagai gangguan pencernaan. Khasiatnya membantu dalam sekresi enzim, sehingga menjaga fungsi organ pencernaan agar selalu bekerja secara normal. Khasiatnya juga dapat mengobati sembelit jika menggunakannya dalam bentuk kering.

6. Meningkatkan Energi

Buah bidara dapat menjadi sumber energi yang bagus. Dengan cara mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat mengurangi kelelahan dan membantu menghasilkan tenaga atau energi untuk beraktifitas.

7. Memperkuat Otot, Tulang Dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor yang ditemukan di dalam buah bidara terbukti mampu membantu penguatan otot tubuh, tulang dan gigi.

8. Membantu Penyembuhan Luka

Buah bidara mengandung beberapa asam amino penting yang bermanfaat membantu sel tubuh dalam membangun berbagai jenis protein yang penting untuk penyembuhan luka.

9. Menenangkan Sistem Saraf

Buah bidara memiliki khasiat untuk meredakan stress akibat depresi dan membantu menenangkan sistem saraf tubuh. Dengan melakukan konsumsi buah ini secara teratur terbukti mampu meredakan stress dan kecemasan, serta mengatasi masalah insomnia (susah tidur).

10. Buah Bidara Meningkatkan Imunitas Dan Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid yang ditemukan di dalam buah bidara bermanfaat untuk menangkal paparan radikal bebas dalam sistem peredaran darah penyebab jantung tersumbat dan gangguan kardiovaskular lainnya. Senyawa Flavonoid di dalam Buahnya memiliki fungsi anti-oksidan, anti-inflamasi dan anti-kanker yang baik. Hal ini berperan penting dalam menurunkan risiko pembentukan sel kanker yang berbahaya.

Khasiat Daun Bidara Bagi Kesehatan

khasiat daun bidara bagi manusia

Sebagai tanaman yang bisa dibudidayakan, maka tanaman bidara ini menyimpan banyak manfaat, terutama khasiat daunnya yang sudah banyak diketahui. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat pohon bidara :

1. Khasiat Daun Bidara Sebagai Obat Flu

Kandungan antibakteri dalam daun bidara mampu secara efektif mencegah pertumbuhan bakteri dan virus. Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus, sehingga daun bidara dapat digunakan sebagai obat flu, seperti pilek dan batuk. Selain flu biasa, sebagai efek antibakteri dari daun bidara juga dapat menyembuhkan flu burung dan flu babi yang disebabkan oleh virus.

2. Khasiat Daun Bidara Obati Diabetes Mellitus

Daun bidara mengandung indeks glikemik yang sangat rendah. Glikemik adalah kadar gula dalam suatu jenis makanan atau tanaman. Konten ini mampu menghambat peningkatan kadar gula darah. Itulah yang membuat bidara efektif dalam menyembuhkan diabetes mellitus tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestasional.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Khasiat daun bidara yang cukup terkenal adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Unsur penyusun tulang dan gigi adalah mineral kalsium. Daun bidara dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi agar tidak mudah rapuh.

4. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Masalah kewanitaan menjadi dilema tersendiri karena bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Kandungan antiseptik pada daun bidara muda dan segar dapat mengatasi masalah keputihan dan menstruasi. Cara kerjanya dengan menstabilkan hormon sehingga menstruasi kembali normal dan menekan bakteri yang menyebabkan keputihan.

5. Mengandung Folat Yang Bermanfaat

Folat yang terkandung dalam daun bidara sangat bagus untuk wanita hamil. Manfaatnya adalah memperkuat kandungan dan kesehatan janin. Selain itu, dapat pula membantu perkembangan dan pembentukan jaringan janin.

6. Membantu Penyembuhan Luka Dengan Cepat

Kulit yang terluka sebab terbakar bisa dibantu pengobatannya dengan daun bidara.  Daun ini bisa menghilangkan rasa sakit, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan dengan cepat. Alasannya, di dalam daunnya mengandung zat antiinflamasi.

Zat antiinflamasi adalah senyawa yang dapat menyembuhkan radang akibat goresan benda tertentu. Dengan menggunakan zat-zat ini, maka secara efektif bisa mengurangi gejala kemerahan dan bengkak.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun bidara dapat dikonsumsi dengan dibuat jus atau diminum sarinya. Jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, maka dapat meningkatkan sistem kekebalan terhadap serangan bakteri berbahaya. Di dalam daun mengandung zat antioksidan aktif.

Senyawa ini mampu menghilangkan radikal bebas dan kontaminasi bakteri eksternal. Selain itu, dapat mengurangi degradasi oksidatif. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

8. Khasiat Daun Bidara Sebagai Obat Anti Jerawat

Tumbuhan ini mengandung zat antibakteri yang bisa menyembuhkan jerawat. Cara menggunakannya ialah dipakai sebagai masker wajah. Ambil beberapa daun daun bidara Arab (sidr). Kemudian, hancurkan daun sampai lunak. Setelah itu, tuangkan airnya hingga terlihat berlendir. Lalu, oleskan di wajah secara merata. Biarkan masker selama 20-30 menit. Untuk membersihkannya, bisa menggunakan air atau sabun.

9. Mengatasi Masalah Kulit Kering

Daun bidara tidak hanya menyembuhkan jerawat, tetapi juga mengatasi kulit kering. Tanaman ini mampu mengisi sel dengan cepat. Dengan demikian, kulit terlindungi dari keriput, kusam dan kering.

Cara menggunakannya, tumbuk daun sampai lunak. Lalu, oleskan ke seluruh wajah secara merata. Kemudian biarkan sekitar 15-30 menit.

10. Mengobati Keputihan

Khasiat daun bidara selanjutnya adalah mengatasi keputihan. Masalah ini memang wajar terjadi pada wanita usia produktif. Akan tetapi jika dibiarkan akan menimbulkan masalah lain, seperti bau tak sedap.

Cara mendapatkan khasiat daun bidara ini adalah dengan menggunakannya untuk mandi. Ulangi cara perawatan ini dua kali sehari sampai sembuh.

Khasiat Daun Bidara Dan Manfaat Buah Bidara

hasiat-buah-bidara

Selain khasiat daun bidara yang banyak, buahnya juga kaya akan manfaat. Maka tak heran jika banyak yang membudidayakan tanaman ini untuk diambil buahnya. Baik untuk di minum maupun di makan langsung, daging buahnya yang kaya akan nutrisi menyumbangkan kebaikan bagi kesehatan. Beberapa manfaat buah bidara adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Proses Pencernaan

Buah bidara sangat baik untuk membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung sejumlah besar serat yang bisa dilepaskan oleh sistem pencernaan.

Selain itu, serat buah bidara juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga tubuh terasa sehat saat mengkonsumsi buah ini. Cara konsumsi buah bidara ini bisa dengan dimakan langsung dari buah yang sudah matang atau diolah menjadi manisan dan jenis makanan lain.

2. Membantu Memperkuat Gigi Dan Tulang

Seperti khasiat daun bidara, buah bidara adalah buah yang mengandung sejumlah besar nutrisi berupa kalium dan kalsium. Di dalamnya juga terdapat kandungan fosfor yang baik yang dapat memperkuat gigi dan tulang.

Buah bidara sangat baik dikonsumsi pada anak-anak yang sedang berkembang karena dapat membentuk tulang dan gigi menjadi kuat. Buah ini juga baik untuk orang tua agar tulang tidak mudah rapuh.

3. Membantu Memulihkan Energi

Buah bidara adalah buah yang memiliki rasa manis saat matang. Buah ini kaya akan vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan dan imunitas pada tubuh. Kandungan nutrisi buah bidara yang sangat tinggi terutama yang dibutuhkan oleh tubuh mampu memulihkan energi pasien yang sedang dalam masa pemulihan dari penyakit.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Buah bidara sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah. Manfaat buah bidara ini didapatkan lantaran mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membuat aliran darah lancar.

Perlu diketahui bahwa sirkulasi darah ditentukan oleh asupan makanan yang mengandung nutrisi dan zat yang dibutuhkan tubuh. Misalnya vitamin, beta-karoten, protein, zat besi, karbohidrat dan zat lain . Karenanya, buah bidara bisa turut memberikan manfaat tersebut.

Manfaat Lain Dari Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon bidara memanglah kaya manfaat. Tak hanya daun, buah, dan kayunya. Kulit pohon dan akar pohon bidara pun bisa diambil manfaatnya. Kulit kayunya biasa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dan obat luka. Sedangkan kulit akarnya memiliki khasiat lain, setelah dicampur pulasari dan bawang putih bisa dijadikan obat kencing nyeri dan berdarah.

Di Jawa, kulit kayu pohon bidara digunakan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, adapun di Malaysia tidak jarang digunakan sebagai obat sakit perut. Akar bibit pohon bidara dapat dimanfaatkan untuk membantu pertumbuhan rambut yang baik, serta mengurangi demam yang diakibatkan oleh penyakit lain seperti cacar air dan campak.

Sifat Dan Cara Perbanyakan Pohon Bidara

Penyerbukan silang pada tanaman ini dibantu oleh serangga yang tertarik oleh aroma nektar. Serangga yang berperan dalam hal ini adalah lebah madu. Selain itu, bunga-bunga juga bisa dibantu penyerbukannya oleh semut dan serangga lain.

Selanjutnya, akan dihasilkan buah yang memiliki biji. Inilah bagian dari pohon bidara yang akan beperan dalam perbanyakan tanaman nantinya. Dari bijilah nantinya akan didapatkan bibit bidara yang bisa menjadi tanaman baru untuk budidaya.

Cara perbanyakan dari biji menjadi alternatif perbanyakan bibit unggul bidara untuk ditanam di lahan atau dalam pot. Sedangkan di alam liar, biji ini akan disebarkan oleh burung ataupun binatang ternak yang memakan buah bidara matang. Kelemahan dari cara perbanyakan ini adalah kualitas dari tanaman yang dihasilkan tidak bisa selalu unggul.

Sebagai solusinya untuk tujuan perkebunan, maka dilakukan perbanyakan vegetatif. Hal inilah yang membantu para pembudidaya untuk mendapatkan hasil buah dan tanaman yang berkualitas dan juga unggul.

Hasil pembibitan dapat diprediksi karena akan sama persis dengan indukan yang dipakai untuk cangkok. Baik ukuran hingga rasa buah akan bisa disesuaikan dengan pohon tersebut. Maka penting sekali dalam memilih indukan pohon yang berkualitas untuk selanjutnya akan menghasilkan tanaman baru untuk budidaya.

Dengan cara di ataslah, maka tanaman bidara berhasil menjadi tanaman budidaya yang bisa ditanam di Indonesia. Cara budidaya yang dilakukan bisa dengan menanam di dalam pot maupun perkebunan di lahan terbuka. Bukan hanya khasiat daun bidara yang didapatkan, buahnya adalah bonus yang didapat saat menanam pohon bidara. Yang benar-benar perlu dipertimbangkan adalah memastikan bahwa benih yang akan ditanam adalah bibit pohon terbaik.

Cara Budidaya Pohon Bidara

Selain membeli bibit pohon bidara, siapapun bisa menanamnya dengan memanfaatkan bijinya. Namun, supaya pertumbuhannya lebih cepat, dan juga hasil buah yang maksimal, maka diperlukan bibit yang unggul.

Bibit ini bisa berkembang dengan perbanyakan vegetatif maupun biji. Dengan vegetatif, maka akan dihasilkan tanaman yang lebih cepat berbuah, jumlah buah lebih banyak, dan yang pasti bibit berkualitas. Meskipun tingkat kegagalannya sangat tinggi.

Untuk perbanyakan pohon bidara, beberapa cara bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan mencangkok dan menyemai bibit. Untuk benih hasil cangkok, biasanya akan berbuah sangat cepat, karena berasal dari pohon dewasa. Sebaliknya, jika dari biji maka menunggu bertahun-tahun untuk bisa berbuah.

Kenali pula jenis bidara yang akan ditanam. Hal ini tak lain karena ada banyak sekali jenis bidara. Jadi, jangan sampai salah dalam memilih bibit yang paling diminati untuk dibudidayakan.

9 thoughts on “Khasiat Daun Bidara Serta Manfaat Pohon Bidara

  1. Nilasari berkata:

    Alhamdulillah terimakasih penjelasannya…. Punya saya pohin bidara belum ada 1 thn saya tanam alhamdulillah sudah berbuah

    1. Ridwan berkata:

      Baik sama sama semoga bermanfaat

    2. Ridwan berkata:

      Alhamdulilah, baik sama sama

  2. Yuni berkata:

    Terimakasih…memperkaya pengobatan yang menyehatkan. terimakasih

  3. Poppy Harsana Djohari berkata:

    Apa pohon bidara jija berbunga mengeluarkan arona yg tdk sedap?
    Soalnya sy punya pohon bidara yg sdh berbuah
    Namun saat berbunga aromanya tdk enak

    1. Ridwan berkata:

      Ia Benar pak seperti itu, tapi tidak lama hanya sat keluar numga saja

  4. sannaz zahraini berkata:

    saya pnya 5 pohon bidara arab ..alhamdulillah sudah berbuah semua tp msh sebesar kelereng..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *