Posted on

Kesemek – Terungkap, Ternyata Buah Ini Sangat Terkenal Di Luar Negeri

kesemek

Kesemek

Kesemek yang bernama ilmiah Diospyros kaki adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis tanaman dari marga Diospyros. Buah ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, dalam bahasa Inggris disebut oriental persimmon atau japanese persimmon. Bentuk buah kesemek bulat seperti tomat. Kulitnya berwarna hijau saat buah muda dan akan berubah menjadi oranye hingga kemerahan saat memasuki fase matang. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar atau dapat diolah sebagai campuran kudapan.

Terdapat dua tipe buah kesemek, yaitu yang bisa dimakan langsung dalam keadaan segar dan yang tidak bisa dimakan langsung karena rasanya sangat sepat. Rasa sepat pada kesemek disebabkan kandungan tanin yang cukup tinggi. Pada umumnya kadar tanin akan terus menurun seiring dengan proses pematangan buah. Dengan begitu rasa sepatnyapun berangsur-angsur akan berkurang.

kesemek

Sejarah Penyebaran Kesemek

Konon kesemek berasal daratan China, kemudian menyebar ke Jepang, lalu ke bagian Asia lainnya. Pada masa masa kolonialisme di tahun 1800an dibawa ke Eropa Selatan dan menyebar sampai Amerika. Di Indonesia, kesemek dapat ditemui di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur dan di wilayah Brastagi, Sumatera Utara. Daerah pertumbuhannya adalah di dataran tinggi di pegunungan.

Apel Jawa

Buah ini juga kerap disebut “apel jawa” karena bentuknya seperti apel dan tanamannya banyak tumbuh di daerah Pulau Jawa. Meski bentuknya seperti apel, tapi tekstur buah kesemek tidak keras. Rasanya pun, jika apel berasa manis asam, kesemek rasanya sangat manis. Panen buah dilakukan setelah tua (matang) dengan melihat perubahan kulit buahnya yang berwarna kekuningan. Pemanenan buah yang belum terlalu tua tidak akan menghasilkan aroma buah yang segar dan rasa buahnyapun cenderung masih kelat.

Untuk pasar lokal sebelum kesemek dijual, dilakukan perendaman dengan kapur. Caranya, kesemek yang setengah matang dipanen, sedang yang matang dibiarkan. Lalu disiapkan air yang dicampur kapur putih atau gamping. Setelah itu di rendam selama seminggu. Rasa manis akan tercipta setelah proses perendaman serta akan didapatkan tekstur renyah seperti apel. Pada saat buah kesemek dijual di pasar biasanya permukaannya akan tampak putih. Oleh karenanya masyarakat sering menyebutnya dengan sebutan buah genit karena kulit buah kesemek mendapat taburan warna putih seperti diberi bedak. Taburan warna putih ini adalah efek dari proses pengapuran yang dilakukan agar buah kesemek tidak cepat busuk.

Cara Penyimpanan

Untuk menekan risiko kerusakan dalam pengangkutan, kesemek sebaiknya dipanen pada saat matang tetapi dengan kondisi daging buah yang masih keras. Suhu penyimpanan -1 °C dan kelembaban udara relatif 90- 95% dapat mengawetkan buah kesemek selama 3 sampai 4 bulan. Kesemek sangat peka terhadap ethylene, oleh karenanya sebaiknya jangan disimpan dalam satu ruangan dengan buah-buahan yang mengeluarkan gas ethylen. Pada suhu simpan 0-4°C kesemek matang hanya bertahan 10-14 hari.

Negara Penghasil Buah

Buah ini dapat dengan mudah dijumpai di negara-negara lain yang beriklim subtropis dan sedang seperti di negara Jepang, Brasilia, Turki, Spanyol, Prancis, Italia, USA, New Zealand, Chili, Jepang dan USA.

Italia mengekspor 10% dari produksinya yaitu sekitar 60.000 ton. 60% ekspornya ditujukan ke negara-negara anggota Uni Eropa sedangkan sisanya (40%) ke negara-negara Eropa yang lain, Pasar kesemek Eropa juga diisi oleh Brasilia dan Columbia. Peru dan Chili mengekspor kesemeknya ke negara-negara Amerika Utara, Amerika Selatan, New Zealand dan Australia dengan mutu yang prima, termasuk ke pasar Asia terutama Jepang.

Di Malaysia dan Thailand, produksi kesemek umumnya hanya cukup untuk konsumsi lokal. Di pasaran dunia, buah persimmon merupakan komoditas yang penting. Namun, di Indonesia hanya beberapa daerah saja yang melakukan usaha hortikultura komersial secara serius. Padahal, rasanya tidak kalah dengan apel luar negeri dan kandungan gizinya cukup tinggi. Produksi kesemek dapat mencapai 250—400 buah/pohon/ tahun.

kesemek

Daerah Penghasil Buah Terbaik

Sentra Produksi kesemek di Indonesia tersebar di berbagai daerah diantaranya :

1. Sumatera Utara

Beberapa waktu lalu daerah ini, khususnya wilayah Brastagi pernah secara tetap mengirimkan kesemek untuk Singapura, namun kini terhenti karena terdesak oleh kesemek produk negara-negara lain yang kualitasnya lebih bagus.

2. Jawa Barat

Buah ini ditanam pada daerah-daerah tinggi di pegunungan Kuningan Jawa Barat. Kesemek dari Kuningan pernah dipesan serta dikirimkan langsung oleh eksportir ke negara Saudi Arabia dan ke Singapura.

3. Jawa Tengah

Kabupaten magelang merupakan penghasil kesemek yang  berlimpah. Tepatnya di kecamatan Kaliangkrik. Menurut hasil riset, buah di daerah Kecamatan Kaliangkrik Magelang Jawa Tengah ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih banyak. Tempat dimana kesemek itu tumbuh mempunyai letak geografis dan ketinggian dengan kisaran antara 1000 mdpl, bertemperatur dingin sehingga dapat menghasilkan buah dengan rasa dan kekenyalan yang berbeda. Oleh karena itu ketahanan buahnya lebih awet dari yang lain dan memiliki fitur rasa manis tersendiri.

4. Jawa Timur

Di Desa Tamansatriyan Kecamatan Tirtoyudo mempunyai kapasitas  produksi 1500 ton setiap musimnya. Pada saat  musim kesemek tiba warga di desa melakukan pengiriman pesanan hingga  bertruk-truk. Penjualan biasanya meliputi pasar-pasar di area sekitar Dampit, Malang, Kediri dan sekitarnya.

Terkenal Hingga Amerika Dan Taiwan

Buah yang dianggap buah kampung dan harganya rendah ini ternyata tersohor hingga Negeri Paman Sam Amerika dan di sukai warga Taiwan. Bahkan ada orang Amerika pernah datang ke Tamansatriyan Jawa Timur untuk membeli kesemek. Di Amerika buah yang kulitnya berwarna coklat ini rata-rata di jual Rp 1500 per ons. Di Taiwan persimon menjadi salah satu komoditas buah dengan harga relatif tinggi dibandingkan buah lain.

Hasil Penelitian Dan Riset Ilmuwan

Di tangan Prof. Ir. Moch Sudjana, PhD, buah kesemek ternyata memiliki khasiat lain yang berguna bagi kesehatan manusia. Buah kesemek diformulasikan dan mampu dimanfaatkan untuk kesehatan dan vitalitas.

Awal mula penelitan buah kesemek sendiri ia lakukan pada tahun 1995 saat berkuliah di Seatlle Amerika Serikat. Pada saat itu, ia meneliti buah kesemek hanya untuk memperbaiki sel-sel diabetes saja. Namun setelah diformulasikan selama kurang lebih 180 hari ia mendapat fakta lain bahwa buah kesemek juga ternyata bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan stamina dan vitalitas serta bisa digunakan juga untuk penyakit lain selain fungsi utamanya menurunkan kadar gula dengan cepat.

“Setelah serangkaian penelitian yang saya lakukan, ini menunjukan bahwa penelitian ini benar- benar menghasilkan sesuatu diluar fungsi utamanya. Saya kembangkan tahun 2014 banyak di antaranya yang mengkonsumsi mengemukakan hal yang baik setelah menkonsumi formulasi buah kesemek hasil penelitian saya ini,” kata pria yang akrab disapa Kang Jana ini.

Kang Jana mengatakan bahwa riset diabetesnya ini berkembang setelah melihat fakta bahwa mikroba yang terkandung dalam formulasi kesemeknya ini ternyata tidak mati dan memiliki umur yang sangat panjang sehingga tidak ada expire date atau kedaluarsanya.

“Kandungan mikrobanya tidak mati, umurnya sangat panjang, ketika ini diformulasi, bukan hanya memperbaiki, tapi juga merubah tatanan-tatanan yang ada di dalam tubuh, ini yang tidak ada di buah-buahan yang lain, formulasinya ternyata berkhasiat untuk segala penyakit,” katanya.

Kang Jana menyimpulkan jika penemuan buah kesemek ini membantu memperbaiki jaringan sistem yang ada di dalam tubuh manusia, sistem organ yang diperbaiki bukan organnya.

kesemek

Kandungan Nutrisi Kesemek

Buah kesemek merupakan salah satu alternatif alami untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Buah yang dikenal dengan nama oriental persimmon (Inggris) dan shi (Cina) ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah hebatnya dengan buah apel. Bahkan untuk kandungan zat-zat tertentu, persimon juaranya. Misalnya saja, kandungan zat serat yang terdapat dalam sebutir buah kesemek ternyata dua kali lebih banyak ketimbang yang ada dalam sebutir apel. Berdasarkan riset lebih lanjut, diketahui bahwa terdapat banyak zat kimia hebat dalam buah kesemek. Di antaranya terdapat senyawa-senyawa antioksidan yang selain berkhasiat untuk mencegah kanker, juga dapat menghambat proses penuaan dini. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa dalam satu butir buah kesemek mengandung 19,6 % karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa 0,7 % protein, vitamin A dan kalium.

Buah yang sudah matang mempunyai nilai gizi tinggi. Setiap 100 gram kesemek mengandung energi 88 kal, karbohidrat 15 gram, kalsium 6 mg, fosfor 26 mg, retinol 813 mcg dan asam askorbat 20 mg. Buahnya banyak mengandung potasium dan vitamin A serta 320 KJ.

kesemek

Khasiat dan Manfaat Buah

Riset mengatakan, ternyata diketahui banyak zat kimia hebat di dalam buah genit ini. Diantaranya terdapat senyawa-senyawa antioksidan yang selain berkhasiat mencegah kanker juga menghambat proses penuaan dini. Mengonsumsinya dapat menghilangkan dahaga, menyehatkan paru-paru menguatkan limpa.

Satu point penting, dengan mengkonsumsi satu buah setiap hari dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah. Buah Persimon juga berkhasiat menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal. Terpeliharanya kelenturan pembuluh darah, dan bagi penderita hypertensi buah ini juga bermanfaat untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan darah yang merupakan kunci utama terpeliharanya kesehatan bagi jantung.

Selain itu buah persimon cocok di konsumsi bagi yang menjalani program penurunan berat badan. Bisa juga dipakai untuk mencegah konstipasi. Khasiat lainnya adalah sebagai antioksidan mencegah prematur aging, mengobati diare, mengencerkan dahak dan mengobati batuk.

Berikut Ini Penjelasan Singkat Tentang Beberapa Manfaatnya :

  1. Sumber Phytochemicals

Buah ini ternyata mampu mencegah inflamasi dan infeksi berbahaya. Hal tersebut dikarenakan buah ini banyak mengandung Phytochemicals yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi dan anti-infektif yang baik.

  1. Anti-Haemorrhoid Alami

Buah kesemek diketahui memiliki sifat anti-hemoragik yang mampu mengatasi penyakit ambeien atau wasir, Tidak heran jika buah ini telah digunakan dalam mengendalikan pendarahan yang berlebihan pada luka sejak zaman dahulu.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, pasti sering merasa cepat lapar, sehingga buah ini dapat dijadikan sebagai alternatif kudapan untuk menunda lapar. Hal tersebut dikarenakan kandungan seratnya sangat banyak  dan juga dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Bagus Untuk Hipertensi

Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan dapat memicu timbulnya hipertensi atau darah tinggi. Buah kesemek memiliki 1 mg atau 0% sodium di dalamnya. Itulah sebabnya mengapa buah yang satu ini baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

  1. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah kesemek memiliki kandungan vitamin C yang banyak baik, yaitu sekitar 7,5 mg. Apabila dikonsumsi secara teratur, maka manfaat buahnya dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, buah ini bertindak sebagai perisai terhadap flu, infeksi paru-paru, dan asma.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa makanan yang mengandung serat tinggi sangat baik bagi sistem pencernaan. Begitu juga dengan buah kesemek yang memiliki serat sebesar 3,6 gram, maka dengan mengonsumsi buah ini secara teratur dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, di dalam buah persimon juga mengandung tanin yang mampu mengatasi diare. Oleh karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan.

  1. Membantu Melawan Kanker

Kandungan zat antioksidannya yang tinggi membuat buah ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan memicu penyakit kanker. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu melawan penyakit kanker karena memiliki banyak kandungan vitamin A.

  1. Meningkatkan dan Memperbaiki Penglihatan

Manfaat lain dari buah yang unik ini yaitu meningkatkan dan memperbaiki penglihatan. Hal tersebut dikarenakan di dalam buah persimon banyak mengandung vitamin A atau sekitar 81 IU per 100 gram. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah gangguan penglihatan, segera mengonsumsi buah kesemek agar terhindar dari masalah tersebut.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah persimon ternyata hanya memiliki lemak total sebesar 0,19 gram, itu berarti bahwa buah ini hampir tidak megandung lemak di dalamnya. itulah sebabnya mengapa buah ini dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah ini juga dapat dijadikan sebagai camilan sehat yang tidak membuat gemuk.

Kesemek Dapat Juga Sebagai Obat, Berikut Ini Adalah Caranya :

  1. Batuk Disertai Dahak Kental

Ambil dua potong buah persimon yang sudah dikeringkan dan 30 gram madu. Tambahkan air, kukus dalam wadah tertutup, lumatkan dan makan. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan malam hari.

  1. Diare Pada Anak Kecil

Ambil 1 potong buah persimon yang sudah dikeringkan, sedikit nasi dan air. Giling hingga menjadi pasta. Kukus sampai masak dan berikan pada penderita. Lakukan 3 kali sehari selama 2-3 hari.

  1. Obat Anti Atherosclerosis

Buah persimon dapat berfungsi sebagai anti atherosclerosis penyebab gangguan hati (heart disease), serangan jantung dan stroke karena diyakini di dalam buah ini mengandung serat, mineral, trace elemen serta phenol yang berperan sebagai antioksidan. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sebutir persimon ukuran sedang (150g) setiap harinya.

  1. Obat Jantung

Buah ini mengandung asam phenolic yang berperan sebagai antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas penyebab kanker. Dianjurkan memakan sebutir buah kesemek setiap hari untuk mencegah pengerasan pembuluh darah. Selan itu kesemek mengandung vitamin E yang berperan untuk mencegah / mengantisipasi penyakit jantung.

  1. Obat Wasir

Ambil satu buah, pilih yang masih segar. 10 gr jamur putih kering, 10 g jamur kuping hitam, 50 gr daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya lalu semua bahan tadi di rebus dalam air sebanyak 600 cc hingga tersisa 200 cc. Diamkan beberapa saat hingga dingin dan air siap diminum beserta ampasnya.

  1. Obat Radang Saluran Nafas.

Buah persimon segar 2 buah lalu dipotong dadu, 5-10 g kulit jeruk mandarin kering, setelah semua bahan direbus dengan air secukupnya sisakan air hingga tersisa kurang lebih 200 cc. Setelah dingin disaring dan diminum airnya dan ampasnya dimakan.

  1. Obat Muntah Darah

Buah persimon kering satu buah (kue persimon), 50 gr rimpang teratai, 10 gr kulit jahe segar, rebus semua bahan dengan air secukupnya hingga tersisa 300 cc. Setelah dingin diminum 3 kali sehari masing-masing 100 cc.

  1. Obat Hipertensi

Minumlah jus buah persimon segar lebih kurang dua buah untuk 1 gelas (200cc), lakukanlah sehari sekali.

Cara Mudah Dan Sederhana Membuat Jus Kesemek :

  • Ambil 2-3 buah kesemek yang segar.
  • Cuci buah tersebut hingga bersih di bawah air yang mengalir.
  • Ambil handuk bersih atau kertas tisu, lalu keringkan dengan menepuknya secara perlahan.
  • Potong buah tersebut menjadi dua bagian dengan bantuan pisau.
  • Buang bijinya dengan menggunakan sendok kecil.
  • Masukkan potongan buah ke dalam blender, tambahkan setengah gelas air ke dalamnya.
  • Kemudian diblender hingga jus mengental. Jus yang segar dan bergizi sudah siap untuk dinikmati.

 


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Tinggalkan Balasan