Show sidebar

Tidak ada produk yang sesuai dengan pilihan anda.

Nutrisi Hidroponik / Pupuk Hidroponik – Salah satu unsur penting dalam budidaya hidroponik adalah pemupukan. Pemupukan hidroponik berbeda dengan pemupukan di lahan biasa. Menanam sayuran hidroponik tanpa media tanah memang sangat menarik. Akan tetapi apabila tidak paham cara perawatan dan tidak cukup memiliki pengetahuan tentang nutrisi hidroponik, biasanya dapat mengakibatkan tanaman hidroponik gagal tumbuh. Sebab, tanaman membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman yaitu unsur makro dan mikro, jika unsur tersebut terpenuhi alhasil tanaman akan tumbuh dengan baik.

Kandungan Nutrisi Hidroponik

Di dalam penanaman tanaman hidroponik unsur makro lebih dibutuhkan atau kebutuhan unsur makro lebih banyak dibandingkan dengan metode tanam dengan media tanah, yang harus terpenuhi dalam sistem tanaman hidroponik yaitu unsur makro seperti Ca ( kalsium ), K ( kalium ), P ( fosfor ), N ( nitrogen ), S ( sulfur ), dan Mg ( Magnesium ). Sedangkan untuk unsur mikronya seperti Mn ( Mangan ), Fe ( Besi ), B ( Boron ), Ci ( klor ), dan Mo ( Molibdenum ). Oleh karena itu sebaiknya kita perlu mengenal pupuk apa yang tepat untuk digunakan dalam bercocok tanam.

Sifat Media Tanam Hidroponik

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sistem hidroponik berbeda dengan sistem tanam dengan media tanah, terutama dalam hal ini media yang digunakan hidroponik adalah air. Padahal, kita semua tahu bahwa air tidak mengandung unsur hara. Kalaupun ada jumlahnya hanya sedikit sekali. Media air ini menjadi sumber tanaman untuk mendapatkan nutrisi. Tidak hanya itu, akar tanaman hidroponik juga harus mendapatkan supply oksigen yang cukup dari air yang menjadi medianya. Tentunya pembuatan nutrisi hidroponik/pupuk hidroponik untuk jenis tanaman ini juga harus berupa cairan.

Pupuk Hidroponik

Nutrisi hidroponik adalah pupuk yang mengandung semua unsur, baik makro dan mikro, yang diperlukan oleh tanaman hidroponik untuk pertumbuhannya. Pada dasarnya nutrisi hidroponik dapat juga dikategorikan sebagai pupuk hidroponik. Karena nutrisi hidroponik memang diramu khusus untuk proses pemupukan sistem hidroponik.

Nutrisi Hidroponik AB Mix

Pupuk hidroponik AB mix tergolong pupuk yang sudah banyak dikenal dan sudah sering untuk digunakan pada sistem hidroponik. Pupuk AB mix merupakan pupuk hidroponik yang lazim dipakai. Pupuk ini cepat larut dan dapat diserap langsung oleh akar tanaman. Pupuk AB mix mengandung unsur-unsur hara yang lengkap dan cukup mendukung untuk pertumbuhan tanaman.

Pupuk AB mix ini terdiri dari pupuk A (kalium, kalsium, dll) dan B (sulfat, fosfat, dll) yang dicampur pada saat digunakan dengan perbandingan yang tepat. Sebab, jika pupuk AB mix dicampur dengan konsentrasi yang pekat, maka akan terbentuk endapan. Oleh karena itu, bacalah dengan seksama petunjuk penggunaan pada kemasan sebelum digunakan.