Show sidebar

Tidak ada produk yang sesuai dengan pilihan anda.

Bibit Tanaman Hidroponik – Tanaman hidroponik adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh tanpa menggunakan media tanam tanah sebagai tempat tumbuh kembangnya. Pada umumnya menggunakan media berupa air. Ada beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh subur dengan menggunakan metode ini diantaranya adalah jenis bibit sayuran hidroponik seperti kangkung hidroponik, selada hidroponik, pakcoy hidroponik, bibit sawi hidroponik dll . Selain sayuran hidroponik, benih hidroponik buah yang banyak ditanam antara lain jenis melon dan tomat.

Bibit tanaman hidroponik yang dibudidayakan dengan sistem hidroponik lebih sehat serta aman dikonsumsi. Sebagian masyarakat mungkin belum begitu mengenal budidaya bibit sayuran hidroponik, dikarenakan metode satu ini dapat dikatakan masih tergolong baru.

Teknik menanam bibit hidroponik sendiri sangat cocok diterapkan bagi anda yang memiliki lahan terbatas. Terutama Anda yang bermukim di wilayah perkotaan dimana harga tanah sangat tinggi sehingga sangat sulit menemukan lahan berupa tanah luas. Sebagai gantinya menggunakan teknik menanam hidroponik.

Perawatan Bibit Tanaman Hidroponik

Agar benih hidroponik dapat tumbuh sehat, bibit hidroponik harus mendapatkan perawatan yang tepat dan dilakukan dengan cara yang baik dan benar.  Adapun cara perawatan bibit tanaman hidroponik ini sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan.

Sinar Matahari Cukup

Cara perawatan bibit sayuran hidroponik tersebut dapat dilakukan dengan menempatkan tanaman sayuran hidroponik di tempat yang mudah terkena sinar matahari. Sinar matahari yang cukup merupakan salah satu kebutuhan benih hidroponik atau bibit hidroponik. Kita tahu bahwa daun pada pohon melakukan proses fotosintesis yang merupakan pembuatan makanan pada tumbuhan. Adapun proses fotosintesis tersebut tentu saja membutuhkan sinar matahari agar bisa dilakukan proses dengan baik. Oleh karena itu supaya sayuran hidroponik dapat tumbuh dengan baik, maka bibit tanaman hidroponik tersebut harus terkena sinar matahari yang cukup.

Nutrisi Harus Terpenuhi

Nutrisi hidroponik menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Pemberian nutisi yang cukup menjadi salah satu kunci sukses untuk mendapatkan tanaman yang baik. Pemberian nutrisi yang cukup ini memang perlu diperhatikan mengingat tanaman sangat bergantung pada nutrisi tersebut untuk dapat mempertahankan pertumbuhannya agar tetap stabil.