Posted on

Jambu Mete – Bernilai Jual Tinggi, Bisa Jadi Menu Masakan Spesial

jambu mete

Jambu Mete

Jambu Mete atau Jambu monyet ( Anacardium occidentale) berasal dari Brazil, termasuk jenis dikotil atau tanaman yang berdaun lembaga dua (berkeping biji dua/berbiji belah). Jambu monyet atau biasa juga orang mengenalnya sebagai jambu mede, secara botani bukan merupakan bagian dari keluarga jambu-jambuan ataupun kacang-kacangan, melainkan lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae). Tanaman buah ini memiliki buah dan biji yang dapat dimakan. Di Indonesia jambu monyet mempunyai nama yang berbeda-beda, di antaranya : jambu mente (Jawa), jambu mede (Sunda), jambu erang (Minangkabau), buah yaki (Manado), dan jambu masong (Makassar).

jambu mete

Bagian – Bagian Buah

Pada dasarnya, jambu monyet terdiri dari dua bagian buah, yakni buah semu dan buah sejati. Bagian daging lunak yang membesar, rasanya asam segar agak sepat, bertekstur empuk, memiliki warna kuning atau merah dan berair yang biasa disebut  buah, bukanlah merupakan buah dari jambu monyet yang sesungguhnya, atau dinamakan sebagai buah semu. Bagian buah semu ini sebenarnya adalah tangkai buah yang membesar. Sedangkan, bagian yang biasa kita anggap sebagai biji (kacangnya) justru merupakan bagian buah yang sesungguhnya (buah sejati). Kacang mete ini merupakan biji tunggal yang diselimuti oleh cangkang ganda dan menghasilkan getah yang mengandung urushiol. Senyawa urushiol dapat menyebabkan iritasi pada kulit manusia. Biji buah yang berada diluar yang disebut dengan kacang mete ini berkulit keras.

jambu mete

Kacang Mete

Siapa yang tidak kenal kacang mete? Kacang yang berasal dari jambu monyet ini sangat populer di masyarakat (dikenal pula dengan sebutan kacang mede atau kacang mente). Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun turut merasakan kelezatan yang diberikan oleh kacang ini. Pengolahannya yang mudah, menjadikan kacang mete banyak digunakan dalam campuran coklat, kue, bahkan dapat langsung digoreng sebagai camilan. Apalagi pada saat menjelang hari raya, penjualan kacang mete mengalami peningkatan yang cukup tajam, baik yang dijual matang ataupun yang dijual mentah. Harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan harga kacang lain, tak menjadi penghalang bagi penggemar camilan untuk dapat menyediakannya di meja ruang tamu saat hari raya tiba.

Kacang mete adalah bagian dari buah Pohon Jambu monyet yang berbentuk buah jambu atau yang disebut dengan jambu mete. Buah jambu mete atau jambu monyet berwarna abu-abu yang juga mirip seperti lonceng. Bagian terluar menyusun resin fenolik, urushiol, yang merupakan kulit kaustik berracun iritasi yang ampuh. Pada saat pengolahan, bagian luar dipanggang untuk menghancurkan resin urushiol, dan kemudian isi mete dimakan atau diekstrak.

Secara umum kacang mete adalah termasuk kedalam jenis kacang-kacangan yang tinggi nutrisi yang baik bagi kesehatan. Kacang mete empuk dan lezat namun mengandung energi, antioksidan, mineral dan vitamin yang penting untuk kesehatan. Mete adalah salah satu bahan populer sebagai bahan masakan yang gurih di seluruh dunia.

jambu mete

Kandungan Nutrisi Jambu Mete

Pada saat menjelang matang, jambu yang awalnya berwarna kuning akan berubah perlahan menjadi merah. Biji berbentuk ginjal berwarna coklat tua atau kehitaman yang biasa disebut sebagai ‘monyet’-nya pun dapat segera dipanen untuk diolah menjadi camilan yang mengandung banyak nutrisi, seperti: karbohidrat (berupa gula dan serat pangan), lemak, protein, dan juga terdiri dari tiamina (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), vitamin B6, folat (vitamin B9), vitamin C, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zink. Nutrisi yang terkandung ini tentu bisa bertambah atau berkurang tergantung dari cara pengolahan kacang mete itu sendiri. Bahkan, nutrisi yang awalnya baik bisa jadi membahayakan jika diolah menggunakan bahan yang berlebihan seperti digoreng menggunakan banyak minyak yang kualitasnya buruk.

Jambu monyet mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh kita, di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, protein, dan air. Jambu monyet juga memiliki senyawa kimia yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septik, seperti tannin dan anacardic acid.

jambu mete

Khasiat Jambu Mete

Selain buahnya yang kaya akan kandungan nutrisi dan senyawa yang baik, daun jambu monyet juga sering dimanfaatkan untuk pengobatan dan dimakan langsung. Daun jambu monyet bisa dijadikan lalapan. Daun ini dapat berkhasiat untuk mengobati beberapa macam penyakit seperti penyakit kulit, ruam-ruam dan juga sebagai obat pencahar.

Berikut ini adalah khasiat dari jambu mete bagi kesehatan tubuh :

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat jambu monyet yang selanjutnya yaitu dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Memiliki kondisi tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit hipertensi. Oleh karena itu, buah ini sangat ideal untuk mencegah penyakit terkait tekanan darah, seperti hipertensi.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Khasiat jambu mete seperti serat, vitamin, dan mineralnya dipercaya dapat mencegah terjadinya pembentukan sel kanker pada tubuh. Seperti yang telah diketahui bahwa kanker terjadi akibat pertumbuhan yang tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh, yang kemudian berubah menjadi sel kanker.

  1. Mengobati Kutil

Pada dasarnya terdapat berbagai alternatif yang dapat dilakukan untuk mengobati kutil ini. Seperti yang telah diketahui bahwa kutil merupakan suatu masalah kesehatan pada kulit yang disebabkan oleh virus. Dan salah satu alternatif untuk mengobatinya yaitu dengan menggunakan minyak atau ekstrak kulit buah jambu mete.

  1. Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ketika Anda sedang makan dan berbicara. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat jus buah jambu mete lalu dikonsumsi secara teratur. Dengan begitu radang tenggorokan yang Anda alami dapat segera terobati.

  1. Mengobati Sembelit

Seperti yang telah diketahui bahwa sembelit merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan yang selanjutnya dapat menyebabkan sulit buang air besar. Dalam hal ini, manfaat jambu monyet dapat digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga dapat mengobati sembelit.

  1. Mencegah Anemia

Manfaat jambu mete yang selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah penyakit anemia. Hal ini dikarenakan dalam jambu mete mengandung suatu senyawa yang disebut dengan zat besi, yang dapat menambah produksi sel darah merah. Sehingga dapat mencegah dan mengobati anemia.

  1. Mengobati Rematik

Rematik merupakan suatu kondisi penyakit yang terjadi akibat peradangan pada bagian tubuh. Pada kasus ini, khasiat jambu mete dapat digunakan untuk meredakan penyakit rematik. Oleh karena itu Anda dapat mengkonsumsi jambu mete secara teratur untuk mencegah dan mengobati rematik.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Ada baiknya jika kesehatan perlu dijaga sejak dini, tidak perlu menunggu hingga hari tua untuk menjaga kesehatan, terutama menjaga kesehatan jantung sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung yang mematikan. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi buah jambu monyet secara teratur.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat jambu mete yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan pada jambu mete ini mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan, terutama dalam mencegah kolesterol tinggi.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat jambu monyet juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sehingga dapat membuat mata Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit pada mata.

  1. Mengobati Asma

Jambu mete ini juga dapat digunakan untuk mengobati asma secara alami. Hal ini dikarenakan senyawa yang terkandung dalam jambu mete dapat membantu melancarkan sistem pernafasan, sehingga dapat mencegah dan mengobati asma.

  1. Mengatasi Sariawan

Manfaat jambu mete yang selanjutnya yaitu dapat membantu Anda dalam mengatasi sariawan karena kandungan vitamin C-nya. Seperti yang telah diketahui bahwa sariawan terjadi akibat kesehatan mulut yang kurang terjaga dan kurangnya asupan vitamin C.

Aneka Hidangan Berbahan Dasar Jambu Monyet

Tahukah Anda selain bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh jambu monyet ternyata dapat dibuat sebagai masakan olahan dapur. Jambu mete dapat diolah menjadi hidangan dan masakan yang sangat lezat. Berikut ini kami bagikan beberapa resep masakan berbahan dasar jambu mete.

Spicy Chicken Wings

jambu mete

Mencoba masakan  yang baru dan luar biasa, berikut bahan-bahannya:

  • 15 buah sayap
  • 1 sdm bumbu buah pedas
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 200 gram tepung terigu
  • 400 mil minyak zaitun untuk meng goreng
  • bahan sause
  • 5 sdm sause sambel
  • 4 sdm sause tomat atau bbq
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • toping
  • sesuai selera Biji jambu mete
  • secukupnya keju mozarela

Langkah-langkahnya :

Pisahkan bagian middle dan drum pada sayap ayam, sisihkan bagian ujung sayap yang tidak terpakai. Cuci bersih lalu campur dengan garam, bumbu buah dan lada bubuk, aduk rata. Diamkan 30 menit di dalam kulkas . Kukus sayap ayam dalam dandang di atas api sedang hingga setengah matang atau sampai agak empuk. Sekitar 10-15 menit. Pada middle wing ada tulang kecil yang bisa dicabut supaya menikmatinya lebih nyaman. Bagian ini bisa dilewati jika sulit. Balurkan tepung terigu pada tiap potongan.

Oseng Jambu Metejambu mete

Mau yang lebih mantap mantap lagi, silahkan coba yang satu ini

Bahan-bahan :

  • Bahan Membuat Suwiran Jambu Mete
  • (10 buah) jambu mete
  • (3 sdk makan) garam dapur
  • Air mendidih
  • Bahan Oseng-oseng
  • 2 butir telur ayam
  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 cabai (sesuai selera level pedas anda)
  • 1/2 bungkus kecap
  • 1/4 sendok teh garam
  • (1bks) penyedap rasa

Langkah-langkahnya :

  1. Membuat Suwiran Jambu Mete, kupas jambu mete pisahkan antara daging buah dengan biji jambu mete, rendam di air mendidih yang dicampur dengan garam.
  2. Diamkan selama 1 jam, kemudian suwir daging jambu mete, serta dibilas dan dikepal2 agar getah yg ada pada jambu hilang, bilas dan peras hingga bersih dan terasa kasat.
  3. Cara memasak oseng2 jambu mete, iris bawang putih dan bawang merah, serta tambahkan beberapa cabai sesuai selera anda.
  4. Tumis bumbu (bawang putih, bawang merah, cabai) setelah harum dan agak kecoklatan masukkan 2 butir telur ayam, oseng/aduk2 sampai rata.
  5. Kemudian masukkan suwiran jambu mete yang sudah di tiriskan, tambahkan kecap, garam dan penyedap rasa.
  6. Aduk sampai warna coklat merata.
  7. Oseng jambu mete rasa jamur siap disajikan

Tumis Jambu Mete Rasa Jamur

jambu mete

Ini termasuk resep makanan favorit, berikut bahan-bahannya :

  • 250 gram buah jambu mete (3-5 buah jambu mete)
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 8 biji cabe merah
  • 10 biji cabe rawit
  • 5 cm laos
  • 2 buah tomat
  • penyedap rasa
  • garam secukupnya
  • minyak goreng
  • air secukupnya

Langkah-langkahnya :

  1. Iris tipis semua bumbu (bawang merah, bawang putih, tomat, cabe merah dan rawit).
  2. Geprek laos.
  3. Tumis semua bumbu sampai aroma harum.
  4. Masukkan jambu mete.
  5. Tambahkan garam, penyedap rasa dan sedikit air.
  6. Tumis siap disajikan.

Pindang tongkol jambu mete

jambu mete

Pengen yang seger seger kecut asin manis. Ini merupakan salah satu makanan kesukaan. Berikut bahan-bahannya:

  • 3 biji jambu mete
  • 4 ekor ikan tongkol
  • 1 batang daun bawang seledri
  • 1 ruas laos memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh
  •  garam gula secukupnya
  • bumbu halus:
  • 3 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 biji cabe rawit
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe

Langkah-langkahnya :

  1. Haluskan bumbu.
  2. Tumis bumbu sampai wangi lalu masukaan sereh laos dan daun salam.
  3. Kemudian beri air, garam dan gula setelah mendidih masukan irisan jambu mete tunggu sampai agak empuk/ layu.
  4. Masukan ikan tunggu sampai matang lalu tes rasanya.
  5. Kalau sudah pas matikan api taburi irisan daun bawang dan seledri.

Pecak jambu mede

jambu mete

Bahan-bahan :

  • 1 buah jambu mede
  • 2 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit hijau
  • 2 cm jahe
  • 1/4 bungkus terasi kemasan
  • 5 siung bawang merah
  • 1/2 buah jeruk limau
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml air
  • Penyedap rasa

Langkah-langkahnya :

  1. Cuci jambu mede, belah menjadi 2 bagian. Jambu mete yang dipakai sebaiknya yang masih berwarna hijau ke kuningan, supaya rasanya lebih segar.
  2. Rebus jambu hingga empuk, kurang lebih 10 menitan. Angkat dan tiriskan.
  3. Sangrai semua bumbu yang akan dihaluskan.
  4. Haluskan bumbu, beri garam, gula, penyedap, masukkan jambu yg sedikit di penyet.
  5. Masukkan jambu dan bumbu kedalam mangkuk. Kemudian beri air mendidih, jangan lupa tes dulu rasanya.
  6. Masakan pecak siap dihidangkan.

Rasanya menyegarkan,…asem pedas.

Botok Jambu Metejambu mete 

Pada saat musim jambu mede biasnya buahnya banyak yang terbuang, kenapa ga dimanfaatin saja jadi masakan .. salah satunya masakan tradisional yang banyak digemari yaitu botok. Cara membuatnya relatif sangat gampang.

Bahan-bahan :

  • 500 gram jambu mede yang sudah dikupas, ditumbuk dan dicuci bersih
  • 1/2 kelapa agak muda kemudian diparut
  • 1 butir telur
  • secukupnya daun pisang bersih untuk membungkus
  • BUMBU HALUS:
  • 15 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • secukupnya ketumbar
  • 5 buah cabai rawit merah
  • garam secukupnya
  • gula jawa secukupnya

Langkah-langkahnya :

  1. Haluskan bumbu-bumbu.
  2. Campur jambu mede, kelapa parut, bumbu dan telur sampai merata.
  3. Taruh 2 sendok makan adonan botok di daun pisang, bungkus, sematkan dengan lidi. Lakukan sampai adonan habis.
  4. Kukus botok kurang lebih 30 menit. Angkat dan botok siap disantap dan dinikmati.

Oseng teri jambu mede

jambu mete

Bingung mau masak apa..? coba resep sederhana ini

Bahan-bahan :

  • 3 buah jambu mede matang
  • 100 gram ikan teri asin
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • secukupnya garam dan penyedap rasa
  • secukupnya minyak untuk menumis

Langkah-langkahnya :

  1. Potong- potong jambu mede menjadi 4 bagian. Cuci kemudian hancurkan dengan cara diperas agar kandungan airnya hilang. Jangan lupa beri sedikit garam.
  2. Panaskan minyak goreng kemudian masukkan teri dan goreng hingga matang, setelah itu sisihkan.
  3. Oseng bawang merah, bawang putih hingga harum. Masukkan cabai dan jambu mede. Langkah terakhir tambahkan teri dan bumbu penyedap, aduk masakan hingga rata.
  4. Setelah matang angkat dan siap dihidangkan.

Jadi deh menu sederhana dari jambu mede dan teri.

Selamat mencoba

 


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul

Tinggalkan Balasan