Uncategorized

Jaboticaba Buah Langka Yang Kaya Manfaat

jaboticaba

Tanaman jaboticaba adalah salah satu buah yang unik. Tanaman ini mirip dengan anggur dan harganya sangat mahal. Hal inI karena buah ini sangat langka dan jarang ditemui di pasaran.

buah Jaboticaba

Jabotica sendiri sebenarnya mampu tumbuh dengan baik di daerah tropis dan menjanjikan sebagai salah satu varietas buah unggul di Indonesia. Namun belum banyak yang mengenal buah ini lebih jauh lagi. Karena hal itulah, bagi yang ingin tahu potensi ekonomis dari buah ini, maka kenali dulu tentang buah jaboticaba sebagai berikut ini :

Kerakteristik Buah Jaboticaba

Tidak seperti anggur biasa, tanaman ini mempunyai batang yang memiliki banyak cabang dan bunga yang lebih mirip dengan buah jambu biji. Sedangkan dagingnya berwarna putih. Jadi  meskipun penampilan buahnya mirip anggur, namun pohon buah satu ini sangat jauh berbeda.

Ketika buah matang, kulit buah tampak berwarna ungu gelap mendekati hitam. Buah ini memiliki kulit tipis dan kencang. Saat buah masih muda warna kulitnya hijau cerah dengan buah yang muncul dan menempel di batang pohon jaboticaba.

Karena itu, oleh para penanam jaboticaba, buah ini sering disebut sebagai anggur batang atau anggur Brasil. Dari segi rasa, buah ini memiliki rasa yang unik. Ada rasa asam, manis, segar dengan campuran rasa anggur, alpukat dan rasa seperti leci.

Selain memiliki banyak cabang dengan bentuk yang indah dan rasa segar, jaboticaba juga memiliki manfaat kesehatan. Antara lain, anti penuaan dan memiliki antioksidan tinggi yang dapat membunuh sel kanker.

Jaboticaba dapat ditanam di drum atau pot besar sebagai tanaman buah. Pohon ini dapat hidup dan berbuah di daerah panas hingga dataran tinggi. Jika tanaman sudah matang, cukup berikan stimulan berbunga atau inisiasi dan meningkatkan penyiraman pada batang pohon. Ketika jaboticaba berbuah, pohon itu akan terlihat indah dan unik karena buah menempel pada setiap pohon dengan jumlah yang sangat banyak.

Budidaya Tanaman Buah Jabotibaca

Sebagai tanaman budidaya dengan prospek yang bagus, proses bercocok tanam tumbuhan ini bisa mulai dengan membeli bibitnya. Namun sebelumnya, kita perlu tahu dulu apa saja yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman jaboticaba yang ideal :

1. Mengetahui syarat tumbuh jaboticaba

Tumbuhan ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah dengan ketinggian antara 0 -1.000 meter di atas permukaan laut. Anggur batang ini membutuhkan sinar matahari langsung.

Untuk kondisi tanah yang ideal adalah tanah dengan kandungan pH antara 5,5 hingga 6,5. Tanaman ini toleran terhadap angin tetapi tidak mengandung udara asin di laut.

2. Pemilihan bibit unggul jaboticaba

Jaboticaba juga dapat diperbanyak dengan stek. Stek Jaboticaba akan berbuah dalam waktu tiga tahun. Sementara tanaman yang perbanyakannya melalui biji baru bisa berbuah setelah 7 tahun hingga 15 tahun.

3. Hama yang menyerang jaboticaba

Hama yang menyerang tanaman jaboticaba adalah kutu daun yang akan membuat daun keriting. Meski tidak akan membuat tanaman mati, daun keriting akan mengurangi keindahan tanaman ini. Sebagai tambahan informasi bahwa hama ini hanya menyerang tanaman yang berusia di bawah 1,5 tahun. Sebagai solusi, maka cukup atasi dengan penyemprotan pestisida.

Manfaat Buah Jaboticaba

Anggur Brasil atau jaboticaba ini adalah salah satu jenis anggur merah dengan warna ungu yang lebih pekat. Ukuran buah ini juga lebih besar dari anggur pada umumnya.

Keunikan lainnya adalah buahnya tumbuh di batang yang tinggi. Jenis anggur ini dapat langsung konsumsi atau dapat juga sebagai olahan menjadi berbagai makanan atau minuman. Contoh makanan olahannya adalah selai, juice, dan kue tart.

Pohon buah ini sering mendapat sebutan pohon abadi karena dapat berbuah sepanjang tahun. Keunikan lainnya adalah tingginya kandungan nutrisi di dalam buah. Ada vitamin K, vitamin C, vitamin B2, vitamin B1, vitamin B9, vitamin B12, vitamin B6, zat besi, magnesium, karbohidrat, energi, seng, niasin, tiamin, riboflavin.  Dengan semua kandungan tersebut, buah ini menawarkan berbagai manfaat yaitu :

1. Membantu melancarkan peredaran darah

Anggur Brasil/jaboticaba sangat baik untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Caranya adalah dengan mengupas kulit buah anggur dan mengkonsumsinya secara langsung atau menjadikan buah ini sebagai juice.

2. Membantu mencegah kanker

Senyawa fenolik seperti antosianin banyak terdapat dalam jaboticaba (anggur Brasil). Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi dan juga anti kanker. Senyawa anti kanker yaitu anthocyanin dipercaya dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

3. Cegah penyakit kardiovaskular

Semua makanan yang mengandung polifenol dan antosianin dapat berguna untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Contohnya adalah tanaman buah ini yang mampu mengatur metabolisme lipid dalam tubuh. Diet dengan mengonsumsi anggur Brasil akan meningkatkan LDL atau kolesterol baik dalam tubuh Anda.

4. Organ pernapasan yang sehat

Sifat astringen dari buah ini akan membantu memperlebar saluran udara bronkial sehingga sirkulasi udara di saluran pernapasan bisa lebih baik.

5. Membantu mengatasi Anemia

Kandungan zat besi dalam buah sangat baik dalam meningkatkan sel darah merah. Inilah yang membuat konsumsi buah jaboticaba ini mampu mencegah kekurangan darah atau anemia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *