Posted on

Durian Merah – Fakta Unik Dan Manfaatnya Yang Wajib Anda Tahu

durian merah

Durian Merah,

Apa yang terlintas dalam benak Anda saat mendengar nama buah ini..? Pastinya sangat aneh…Lazimnya, buah tropis berkulit tajam beraroma sangat harum ini memiliki daging buah berwarna kuning atau putih. Nah, ternyata ada juga lho varietas durian yang warnanya merah. Diantara berbagai jenis buah durian yang kita kenal, durian ini tergolong buah buah durian yang sangat aneh. Bukannya berwarna kuning atau putih, daging buah durian satu ini malah berwarna merah dan oranye. Menariknya lagi, durian merah dan oranye bisa anda temukan di Indonesia, tepatnya di daerah Banyuwangi Jawa Timur.

durian merah

Durian Unggulan

Warga Banyuwangi menyebut jenis durian merah dengan sebutan duren abang. Dalam Bahasa Jawa abang berarti merah. Sebutan itu juga bisa disingkat menjadi “dubang”. Duren Abang ini bisa kita jumpai di Desa Kamiren Banyuwangi, Jawa Timur. Ternyata durian ini merupakan salah satu buah durian yang menjadi unggulan di daerah ini. Oleh karena itu banyak para penggemar buah durian baik dari Jawa Timur maupun dari luar daerah Jawa Timur rela datang hanya untuk menikmati buah durian merah ini

Durian yang nama latinnya Durio graveolens memiliki ciri daging buah yang berwarna merah. Berbeda dengan durian pada umumnya, biji durian merah lebih kecil dan daging buahnya pun lebih tebal dan lebih manis. Kadar alkoholnya pun lebih rendah dan aroma buah lebih menyengat. Untuk ukuran, buah ini berukuran sedang atau sedikit lebih kecil dibanding durian lain. Warna kulit buah tidak berbeda dengan buah durian lainnya yaitu berwarna kuning.

Banyak  spekulasi mengenai  munculnya  warna merah buah ini. Warna merah dari daging buah durian ada yang menduga  disebabkan perkawinan silang antar varietas dan termasuk faktor genetis. Ada pula yang mempunyai  pendapat bahwa dahulunya durian ini adalah makanan raja-raja. Sehingga mereka saling bertukar buah kemudian ditanam dan ada perkawinan silang yang terjadi sehingga ada warna merah di daging durian.

Sejarah Singkat

Durian merah sebagai ikon durian di Indonesia ternyata mempunyai sejarah panjang dari jaman kerajaan di negeri ini. Dulunya durian merah hanya tumbuh di hutan wilayah Kalimantan. Kemudian, buah itu pernah hampir punah saat Banyuwangi di duduki oleh Inggris.

Perjalanan itu diawali pada saat jaman kerajaan Blambangan yang merupakan salah satu kaki tangan kerajaan Majapahit yang berlokasi di kawasan timur Pulau Jawa. Kerajaan yang berdiri sekitar abad XIII sampai abad XVIII itu gemar melakukan penjelajahan ke pulau-pulau luar Jawa, salah satunya adalah Kalimantan.

Konon, raja Majapahit sering diberi oleh-oleh durian hutan yang saat itu dipercaya sebagai obat. Saat itu durian hutan atau durian merah memang menjadi obat mujarab untuk kalangan kerajaan.

Kerajaan Blambangan juga ikut menanam durian tersebut di kebun kerajaannya. Secara alamiah durian hutan itu kawin dengan durian Banyuwangi yang lezat. Perkawinan itu membuahkan durian dengan guratan merah serta mempunyai rasa yang lezat seperti durian Banyuwangi.

Pada zaman pendudukan Belanda, durian itu pernah nyaris punah. Ketika itu, VOC menjual Banyuwangi ke pemerintah Inggris untuk dijadikan perkebunan. Perkebunannya sendiri terdiri dari 24 kebun besar serta 11 kebun kecil yang kemudian ditanami kopi serta tebu.

Untuk operasional kereta lori di kebun, pemerintahan Inggris memakai kayu durian jenis  merah sebagai bahan bakar terbaik saat itu. Perlahan-lahan pohon durian jenis merahpun habis ditebang untuk diambil kayunya.

Banyuwangi  Pusat Produksi  Durian Merah

Surganya durian merah ini terdapat di Banyuwangi. Dari segi geografi, durian yang ada di wilayah Banyuwangi mempunyai rasa yang lebih enak dibandingkan varietas dari Kalimantan (Durio Kutejensis), Malaysia (Durio Graveolens )maupun Papua. Berdasarkan informasi yang berkembang  Spesies  durian di Papua sumber bibitnya juga berasal dari Banyuwangi, kemudian dibawa warga yang akhirnya menetap di sana.

Kelezatan durian merah ternyata terkait dengan keadaan geografis Banyuwangi yang sangat ideal untuk perkembangan buah durian. Durian merah Banyuwangi tumbuh maksimal karena memperoleh cahaya matahari yang penuh. kandungan sulfur yang melimpah dari Gunung Ijen serta Gunung Raung yang terlarut di aliran sungai serta tanah, dan juga nutrisi garam dari air laut.yang dihembuskan angin.  Inilah beberapa penyebab rasa khas yang nikmat setiap durian di Banyuwangi.

durian merah

Populer Hingga Manca Negara

Durian Banyuwangi ini semakin populer, bahkah popularitasnya sudah sampai mendunia. Ini dibuktikan dengan tertariknya para peneliti dari beberapa negara untuk mempelajari budidaya durian merah asal Banyuwangi ini.  Yang tidak kalah pentingnya adalah  perhatian luar biasa dari pemerintah terhadap perkembangan durian. Melalui pusat penelitian dan pengembangan Durian Banyuwangi, pemerintah daerah terus-menerus menginventarisasi, mengembangkan dan menyebarkan informasi tentang durian Banyuwangi.

Awal pengembangan durian merah telah dilakukan sejak tahun 2007 dan hanya 3 pohon yang produktif. Namun tahun 2014 sudah ada 200 pohon durian merah yang bisa dipanen tiap tahun. Penyebaran pohon durian merah ada di 5 kecamatan yaitu Songgon, Glagah, Kalipuro, Licin dan Giri. Untuk durian merah ini juga dikembangkan di Blitar Selatan, Bogor dan Bandung. Selain itu pengembangan teknologi durian merah juga dilakukan di Thailand, Malaysia dan Korea. Untuk menjaga agar durian merah Banyuwangi tidak kehilangan identiasnya sebagai ikon daerah, setiap pengiriman bibit keluar daerah dilakukan pencatatan dihadapan notaris.

Seiring perkembangan penyebarannya, dari 200 pohon itu ada 62 varian durian merah asli Banyuwangi yang berhasil dikembangkan yang tersebar di 5 kecamatan. Namun yang sudah diumumkan ke publik baru 32 jenis dan yang bisa dikonsumsi buahnya hanya 25 jenis. Yang lain dagingnya masih tipis jadi masih dikembangkan. Sedangkan jenis yang layak masuk dalam kategori internasional ada 11 jenis varian. Ada beberapa syarat untuk masuk kategori internasional, yaitu beratnya yang standar antara 1,5 sampai 2 kg, tahan antara 2 sampai 3 minggu dan masih dalam kondisi baik saat di freezer. Dari 62 varian tersebut, durian merah Banyuwangi dikelompokkan menjadi tiga kelompok berdasarkan warna daging buahnya. Yaitu Durian Merah Bocking yang seluruh dagingnya berwarna merah, Durian Merah Pelangi yang dagingnya berwarna merah dan kuning, serta Durian Grafika yang dagingnya berwarna kuning, putih dan merah. Ketiganya bisa dibedakan dari pohonnya, dimana daunnya memiliki kekhasan masing-masing.

Masa Panen Durian

Panen durian Banyuwangi berlangsung pada bulan Maret, April dan Mei, dan puncaknya terjadi pada bulan April. Di luar waktu-waktu tersebut  para penggemar durian harus sabar menunggu masa panen berikutnya.

Seiring dengan panen buah duriannya sekitar bulan April, Kabupaten Banyuwangi akan melakukan promosi secara massal dalam rangkaian acara agro expo di Festival Buah Lokal.

Pada acara tahunan ini, pengunjung dipersilahkan untuk makan durian sebanyak merah. Selain itu, durian Banyuwangi juga akan dijual dan dipamerkan secara besar-besaran dalam jumlah banyak.

durian merah

Tips Memilih Durian Merah

Dibalik kelebihan durian merah khas Banyuwangi, jangan sampai salah dalam memilihnya. Karena sepintas tak ada perbedaan pada durian umum serta durian merah bila tak dibuka kulitnya. Juga jangan terkecoh dengan ukuran, karena durian merah tak sebesar durian Montong, diameternya hanya sekitaran 10 hingga 20 cm saja.

Berikut tips untuk memilih durian merah yang bagus:

Pertama

Pilih durian merah yang tidak berbau. Berbeda dengan memilih durian biasa yang dicium dari kuatnya aroma dari kulit duriannya, durian merah tak mengeluarkan bau durian. Hal semacam ini dikarenakan kandungan zat antosianin yang tinggi pada durian merah, yang salah satu manfaatnya adalah melindungi sel tubuh menjadi awet muda.

Kedua

Pastikan durian merah yang memiliki bentuk hampir seperti belah ketupat, karena itulah durian merah yang rasanya manis. Bila memiliki bentuk bulat seperti apel, kandungan pati atau tepungnya tinggi.

Ketiga

Perhatikan tekstur durinya, bila duri durian merah itu lunak maka tekstur dagingnya akan lengas atau berair. Demikian sebaliknya bila duri itu keras, maka daging durian merah terasa kering.

Keempat

Penggemar durian merah yang berpengalaman akan melihat tangkai yang melekat di buah durian. Durian merah yang masih segar akan mengeluarkan bau yang tidak sama dengan durian lain saat tangkai itu dikelupas.

durian merah

Harga Istimewa Rasa Istimewa

Jika dibandingkan dengan durian pada umumnya, harga durian merah khas Banyuwangi dibanderol cukup mahal. Kita harus mengeluarkan dana antara Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu per buahnya. Harga tersebut dipatok sesuai berat dan besarnya buah itu sendiri.

Harga durian merah Banyuwangi memanglah istimewa, termasuk mahal untuk ukuran durian di Indonesia umumnya. Tetapi harga yang istimewa ini sangatlah sesuai dengan rasanya yang istimewa. Anda tidak akan percaya tanpa mencoba sendiri. Mahalnya harga ini dapat dikarenakan terbatasnya jumlah populasi durian merah di Banyuwangi, sementara penggemarnya makin lama makin banyak. Mungkin apabila suatu saat nanti produksi durian merah Banyuwangi  semakin bertambah banyak dan dapat memenuhi keinginan para penikmatnya, harganya dapat lebih terkoreksi.

Sebetulnya sebelum terkenal seperti  sekarang ini, harga durian merah Banyuwangi tidak jauh berbeda dengan durian putih atau kuning, yakni hanya seharga Rp 15 ribu- Rp 20 ribu saja. Bahkan pada mulanya kebanyakan durian merah hanya dikonsumsi untuk kalangan sendiri oleh pemiliknya. Pamor durian merah melonjak setelah berlangsungnya kontes durian pada tahun 2010 serta publikasi durian merah Banyuwangi  mulai gencar di dunia maya. Harganya kemudian terdongkrak dan langsung naik dengan drastis.

Dari tiga varian durian merah Banyuwangi, harga durian Pelangi paling mahal. Yang kecil ukuran ½ kg saja mencapai Rp 150 ribu, sampai-sampai yang memiliki ukuran 2 kg pernah mencapai kisaran Rp 1-2 juta. Sedangkan untuk durian merah Blocking serta Grafika, harganya sama, yakni pada Rp 50 ribu – Rp 150 ribu per biji. Uniknya, dalam satu pohon durian, dapat dihasilkan beragam varian durian merah dari tiga kelompok warna.

durian merah

Manfaat Durian Merah

Durian merah yang manis ini ternyata menyimpan banyak keuntungan yang berkhasiat untuk kesehatan Anda karena kaya akan kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya

Kandungan vitamin durian Banyuwangi lebih lengkap dibanding durian putih atau kuning yang hanya mengandung karbohidrat dan glukosa.

Vitamin dalam durian merah terdiri dari fitosterol yang mendorong relaksasi, fitohormon yang bisa mencegah penuaan dini, dan afrodisiak yang bisa meningkatkan vitalitas pria.

Selain itu, serat dalam durian Banyuwangi bisa mengatasi sembelit, kandungan potassium dan kalsium bermanfaat bagi kesehatan sendi dan tulang, vitamin C di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan dan anti penuaan serta meremajakan kulit.

Berikut adalah uraian secara lengkap manfaat dari durian merah

Menguatkan struktur tulang

Manfaat durian yang pertama adalah dapat menguatkan struktur tulang. Hal ini akan dapat membantu Anda untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau oestoporosis. Buah ini mempunyai kandungan kalsium yang cukup untuk menutrisi tulang Anda sampai kebagian dalam.

Meningkatkan Energi

Dalam 1 porsi buah durian  setidaknya mengandung 66 gram karbohidrat sehingga bisa digunakan sebagai sumber energi tambahan bagi anda yang senang berolahraga. Buah durian merah ini mengandung karbohidrat kompleks yang bisa dipecah dan dicerna tidak seperti gula sederhana sehingga menjadi buah dengan indeks glisemik rendah yang ramah dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Meningkatkan Kesuburan

Hormon utama yang berpengaruh pada kehamilan adalah estrogen dan wanita yang kurang subur umumnya memiliki kadar estrogen rendah. Dalam durian mengandung tingkat estrogen yang sangat tinggi sehingga bisa dikonsumsi untuk mengatasi defisiensi estrogen sehingga badan menjadi lebih sehat dan kesuburan bisa lebih ditingkatkan.

Mengatasi Insomnia

Daging durian mengandung asam amino yang merupakan tryptophan alami, Tryptophan tersebut dikenal sebagai pil tidur alami untuk merangsang tidur sebab bisa memetabolisme hormon tidur seperti melatonin dan serotonin. Meningkatkan asupan makanan yang mengandung tripofan seperti dalam durian ini yang menjadi obat naturopati untuk mengatasi insomnia ringan atau sekedar mengatasi kesulitan tidur.

Membantu Melancarkan dan menjaga tekanan darah dalam tubuh

Buah durian ini juga sangat bermanfaat, dan berkhasiat sebagai sumber makanan yang membantu memperlancar peredaran darah Anda. Darah membawa nutrisi dan juga oksigen ke seluruh tubuh. Kandungan elektrolit seperti potasium dimana kandungan ini sangat penting untuk mengatur tekanan darah, menjaga kadar natrium dalam tubuh dan menjaga detak jantung yang sehat. Jantung sehat ini tentunya akan berimbas pada kesehatan secara optimal dan juga penting untuk memperpanjang umur seseorang

Mencegah Sel Kanker

Dalam daging buah durian mengandung antioksidan berbentuk vitamin B Kompleks, vitamin C dan vitamin E yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Antioksidan sangat diperlukan tubuh untuk melindungi dari stres oksidatif. Radikal bebas bisa menghancurkan sel sehat DNA dan mengubah fungsi dari sel menjadi kanker. Komposisi antioksidan tinggi dalam durian mampu untuk melindungi diri sehingga menjadi salah satu buah solusi kanker terbaik.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Durian merah juga mengandung serat tinggi yang sangat penting untuk menyerap lemak sehingga tinja akan lebih mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Serat tidak larut dalam buah durian ini sangat baik untuk mencegah sembelit. Sedangkan vitamin B1 dan vitamin B3 tinggi akan meningkatkan nafsu makan dan mengatur sistem pencernaan yang sehat sehingga penyerapan nutrisi dalam tubuh akan semakin optimal.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih tidak hanya mengganggu penampilan namun juga menjadi penyebab utama dari masalah tekanan darah, gangguan kardiovaskular dan juga keletihan tubuh berlebihan. Buah buahan seperti durian ini memiliki kandungan serat tinggi, mineral serta air yang lengkap sehingga cocok digunakan sebagai makanan ringan menurunkan berat badan secara cepat.

 Mencegah Penuaan

Penuaan memang tidak bisa dihindari, namun prosesnya tetap bisa diperlambat dengan melakukan diet yang tepat. Penuaan yang terjadi dalam tubuh bisa terjadi dalam berbagai bentuk seperti munculnya uban prematur, kulit keriput serta kerontokan rambut. Semua ini juga semakin meningkat karena tingginya polusi, cara hidup tidak sehat serta kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat. Untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi durian ini yang tinggi akan karbohidrat sebagai solusi kecantikan kulit alami.

Mempertahankan Kadar Gula Darah

Hadirnya mineral mangan dalam daging buah durian juga membantu dalam mengatur dan memelihara kadar gula darah sehingga buah ini menjadi buah yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes tanpa perlu takut gula darah dalam tubuh akan meningkat.

Meningkatkan Imunitas

Sistem kekebalan tubuh menjadi struktur dan proses biologis yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup manusia. Fungsi utama dari sistem kekebalan tubuh sendiri adalah membedakan antara sel sehat dengan parasit yang menyerang, radikal bebas, virus dan zat berbahaya lainnya dalam tubuh. Antioksidan seperti vitamin C dalam buah durian akan menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik dan melindungi dari radikal bebas berbahaya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Buah durian unik ini mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk kekuatan tulang seperti kalsium dan potasium. Kalsium dalam durian merah memiliki kepadatan rendah yang bisa memenuhi 9% kebutuhan kalium harian tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Mengkonsumsi durian ini akan membantu pengembangan tulang sehat dan memastikan jika kalsium tersimpan dalam tulang sehingga tidak larut atau dilepaskan dalam darah terlalu berlebihan.

Mencegah Anemia

Buah durian ini akan dapat membantu tubuh Anda didalam melawan penyakit anemia, yaitu dengan mempercepat produksi sel darah merah di dalam tubuh.

 


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul

Tinggalkan Balasan