Wawasan Umum

Manfaat Buah Kesemek Dan Cara Budidaya Pohon Buah Kesemek

Manfaat Buah Kesemek dan Cara Budidaya Pohon Buah Kesemek

Manfaat Buah Kesemek – Memiliki nama ilmiah Diospyros kaki. Jenis buah yang satu ini memiliki rasa manis segar dan dengan banyak kandungan air dalam buahnya. Adapun bentuk dari buah ini adalah seperti buah tomat dengan dagingnya yang padat dan renyah. Buah satu ini juga mendapat sebutan lain yaitu persimmon. Pohon buah kesemek ini dapat kita tanam langsung ke dalam tanah dengan cara menyiapkan dulu lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm. Selanjutnya masukkan pupuk kandang ke dalam lubang sampai memenuhi 2/3 dari total volume lalu biarkan lubanh antara 2 sampai 3 minggu. Masukkan bibit tanaman dari polybag ke dalam lubang tanaman secara berhati-hati.

Tanaman buah dengan rasa manis satu ini berasal dari Republik Rakyat Tiongkok yang kemudian menyebar ke negara Jepang pada zaman purba lalu berkembang biak. Kesemek menyebar ke kawasan Asia dan pada masa kolonial sekitar tahun 1800an ada yang membawanya ke Eropa Selatan juga Amerika.

Adapun beberapa daerah penghasil kesemek atau persimmon antara lain adalah Jawa Barat, Jawa Timur, dan juga wilayah Brastagi, Sumatera Utara. Buah yang satu ini tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian antara 1000 – 1500 mpdl dengan curah hujan yang tinggi.

Buah persimmon selain dapat menyantapnya secara langsung, namun kita dapat juga mengolahnya menjadi berbagai jenis minuman dan olahan lain seperti halnya sorbet, persimmon butter, persimmon bread, jus, dan lain sebagainya. Selain menjadi olahan lezat buat konsumsi sehari-hari, buah yang satu ini juga terkenal akan banyak manfaat baiknya.

Kandungan Nutrisi

Manfaat baik buah dengan bentuk unik satu ini tidak lepas dari berbagai kandungan sehat dalam buahnya seperti halnya kalori, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, protein, serat, potasium, vitamin K, karbohidrat, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai kandungan sehat tersebut, buah yang satu ini ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan hingga mencegahnya. Buah ini juga bagus dalam meningkatkan kecantikan kulit.

Lantas apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi buah persimmon untuk kesehatan juga kecantikan? Anda bisa simak ulasan yang berikut ini :

1. Buah Kesemek Untuk Menurunkan Berat Badan

Buah Kesemek untuk Menurunkan Berat Badan

Buah yang satu ini bermanfaat dalam membantu mendapatkan berat badan yang ideal. Berat badan yang berlebih sendiri sebaiknya perlu perhatian khusus, karena berpotensi memicu datangnya berbagai gangguan kesehatan, yang mana salah satunya adalah jantung, diabetes hingga hipertensi.

Untuk mengatasi berat badan berlebih, salah satunya adalah dengan cara melakukan diet. Jangan lupa juga untuk memasukkan buah persimmon ke dalam menu sehat diet Anda. Jenis buah yang satu ini mengandung nutrisi berupa serat yang kaya dalam buahnya.

Kandungan tersebut bermanfaat dalam menjaga kadar gula dalam darah serta menjaga kesehatan sistem pencernaan. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sesuai keinginan.

Menjadikan buah satu ini sebagai menu untuk diet adalah pilihan tepat. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara menjadikannya bagian dalam oatmeal, yogurt, salad buah, atau bisa saja menyantapnya secara langsung.

2. Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Bukan hanya untuk kesehatan saja, namun buah ini juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Adapun beberapa manfaat buah ini untuk kecantikan kulit antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mencegah penuaan dini => Manfaat yang satu ini terdapat pada kandungan polifenol dalam buahnya. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang berperan dalam menangkal radikal bebas yang dapat menganggu kesehatan kulit tubuh. Buah yang satu ini juga bermanfaat digunakan untuk mencegah terbentuknya garis halus dan keriput.
  • Meningkatkan kecerahan kulit => Buah ini mengandung vitamin A, E, dan juga karoten yang bagus untuk membuat kulit lebih cantik dan cerah. Untuk hasil yang lebih baik dan maksimal, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan masker dari jenis buah persimmon dan gunakan secara rutin.
  • Mencegah kerusakan sel kulit => Manfaat dari buah yang satu ini karena senyawa likopen yang berguna dalam melindungi kulit dari sinar UV dan juga radikal bebas. Konsumsi buah yang satu ini juga berperan untuk membuat kulit menjadi lebih lembap.
  • Mengontrol kadar minyak => Buah ini juga bisa untuk mengontrol minyak yang berlebihan. Minyak berlebih sendiri bisa menyumbat pori-pori hingga memicu jerawat. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan parutan buah persimmon dengan mentimun.

Masih banyak manfaat lainnya buah persimmon baik dengan cara mengkonsumsi ataupun menjadikan masker bagi kesehatan kulit. Untuk pembuatan masker, Anda bisa melakukannya  sendiri dengan bahan yang sederhana dan cara yang praktis. Waktu pembuatannya juga cepat dan tidak terlalu memakan banyak waktu.

Buah dengan rasa manis yang satu ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi kulit dari bakteri, racun, jamur, dan lain sebagainya. Dengan kulit yang cantik dan cerah, Anda juga akan lebih percaya diri saat bergaul dengan teman.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Meningkatkan Kesehatan Mata

Mata merupakan organ penglihatan yang memiliki peran penting untuk kehidupan sehari-hari. Karena perannya yang begitu penting, ada baiknya untuk menjaga kesehatannya dengan cara mengonsumsi asupan sehat bagi mata. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi kesemek. Buah yang satu ini mengandung vitamin A dalam daging buahnya.

Kandungan vitamin A dalam buah sangat penting untuk mencegah berbagai jenis gangguan para organ penglihatan seperti halnya kerusakan retina hingga katarak. Mengingat semakin hari ketajaman dan kesehatan mata akan semakin menurun, ada baiknya untuk mengonsumsi asupan sehat bagi mata mulai dari sekarang.

4. Mengatasi Diabetes

Mengatasi Diabetes

Pohon buah kesemek juga berguna untuk mengatasi diabetes atau kadar gula darah yang tinggi. Manfaat yang satu ini karena kandungan serat yang berguna dalam memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga, cocok untuk konsumsi oleh pengidap diabetes yang kerap terserang rasa lapar.

Jenis buah yang satu ini juga mengandung kandungan sehat lainnya seperti halnya flavonoid dan juga karotenoid. Kandungan tersebut seringkali terkait dengan penurunan risiko gangguan kesehatan seperti diabetes juga jantung.

5. Buah Kesemek untuk Kesehatan Ibu Hamil

Buah Kesemek untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisi untuk dirinya dan juga si buah hati. Salah satu  caranya adalah dengan mengonsumsi sayur dan juga buah-buahan, termasuk juga buah kesemek. Salah satu manfaat buah ini untuk kehamilan adalah mampu mencegah stres sebelum persalinan. Tidak jarang ibu hamil merasakan kecemasan sebelum melahirkan.

Buah sehat yang satu ini memiliki kandungan berupa vitamin C dalam buahnya. Kandungan tersebut bagus dalam mengurangi emosi ibu hamil. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh ibu hamil agar tetap prima.

Saat mengonsumsi jenis buah yang satu ini, produksi sel darah putih juga akan meningkat. Sehingga, ibu hamil akan lebih terhindar dari jamur, infeksi, virus, ataupun racun. Dengan demikian, tubuh juga akan tetap kuat dan tidak mudah sakit.

6. Pohon Kesemek untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Pohon Kesemek untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ penting yang harus kita jaga mulai dari sekarang. Hal ini tidak lepas dari fungsi jantung yang begitu penting yakni untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Untuk menghindarkan organ penting ini dari gangguan kesehatan, Anda bisa menggunakan manfaat buah kesemek.

Jenis buah yang satu ini mengandung beberapa zat sehat yang bermanfaat untuk jantung seperti halnya quencetin, kaempferol, hingga flavonoid dalam buahnya. Dengan jantung yang sehat, organ ini juga akan bekerja dengan baik serta jauh dari gangguan kesehatan.

7. Buah Kesemek untuk Mengatasi Anemia

Buah Kesemek untuk Mengatasi Anemia

Ada beberapa gejala anemia yang biasa muncul seperti halnya napas pendek, sering mengantuk, lemas, mudah lelah, detak jantung tidak teratur, pusing, kulit terlihat pucat, dingin pada tangan dan kaki, juga gejala yang lainnya. Kemunculan gejala anemia tentunya sangat menganggu terutama bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas.

Untuk mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan kandungan copper atau tembaga yang terkandung dalam buah kesemek. Kandungan satu ini berperan dalam membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Sehingga, zat besi juga dapat terserap oleh tubuh dengan baik dan mencegah terjadinya anemia.

8. Pohon Buah Kesemek untuk Meningkatkan Energi

Pohon Buah Kesemek untuk Meningkatkan Energi

Kesemek bermanfaat juga dalam meningkatkan energi, sehingga cocok buat konsumsi bagi mereka setelah selesai berpuasa atau setelah olahraga. Buah satu ini juga mudah dicerna di dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan gula darah secara drastis.

9. Manfaat Sehat Buah Kesemek untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat Buah Kesemek untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah pohon kesemek juga mengandung serat yang bagus untuk membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan mengonsumsinya secara cukup dan rutin, pencernaan dalam tubuh juga akan menjadi lebih terjaga. Buah satu ini juga mengandung tanin yang bagus untuk mengatasi diare.

Dengan kandungan sehatnya, tidak heran jika jenis buah yang satu ini cocok dikonsumsi oleh mereka yang bermasalah dengan sistem pencernaan.

10. Khasiat Sehat Buah Kesemek untuk Menjaga Fungsi Hati

Khasiat Sehat Buah Kesemek untuk Menjaga Fungsi Hati

Buah yang satu ini memiliki kandungan yang berupa antioksidan di dalamnya. Kandungan tersebut berguna dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Kandungan satu ini juga berperan dalam mengurangi gangguan dari racun yang masuk ke dalam tubuh juga mencegah terjadinya kerusakan sel.

Namun, konsumsi buah ini haruslah dalam takaran yang tepat agar tidak mendapatkan dampak negatif. Sementara itu, jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, maka alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Masih banyak manfaat buah kesemek lainnya yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Anda bisa mengonsumsinya untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan jus atau dikonsumsi secara langsung. Bisa juga dibuat menjadi olahan lain sesuai dengan selera.

Untuk pembelian buah kesemek, Anda bisa membeli secara langsung di pedagang buah. Bisa juga dengan membudidayakan tanamannya sendiri di lahan yang dimiliki. Untuk membudidayakan buah ini sendiri, pastikan untuk mengetahui dulu bagaimana cara budidaya dengan tepat, agar hasilnya menguntungkan. Pastikan juga membeli bibit buah unggulan sebelum mulai menanam.

Untuk pembelian bibit tanaman buah, segera hubungi Tanamanmart. Anda bisa menghubungi kami melalui salah satu pilihan kontak yang tersedia seperti halnya kontak yang berupa whatsapp, nomor telepon, dan lainnya. Untuk pilihan produk tanaman yang tersedia, Anda bisa kunjungi website resmi Tanamanmart.

2 thoughts on “Manfaat Buah Kesemek Dan Cara Budidaya Pohon Buah Kesemek

  1. Dr. Bidawi Hasyim, M.Si. berkata:

    Sangat menarik dan ingin punya bibit pohonnya untuk ditanam di taman ….

    1. Admin Tanaman berkata:

      Baik pak silahkan Hubungi di nomor WA 0812 1303 0404 untuk pemesanan Bibit Pohonnya
      terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *