Semua Kategori

Budidaya Bibit Buah Apel Yang Memberikan Banyak Manfaat

bibit apel

Bibit apel adalah salah satu bibit yang banyak dicari di Indonesia. Hal ini tak lain karena pasar untuk buah ini sangat bagus. Banyak pecinta buah ini yang ingin menanam sendiri bibit pohon apel. Selain untuk konsumsi sendiri, bibit buah apel ini juga bisa menghasilkan buah yang bisa dijual di pasaran.

Bibit pohon apel ini sangat bervariasi berdasarkan jenisnya. Umumnya, buah ini akan memiliki warna kulit buah merah jika sudah masak dan siap makan. Akan tetapi bibit buah apel tertentu menghasilkan buah dengan kulit berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lunak, dagingnya keras. Dan di dalam buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.

Apa Itu Buah Apel Dan Bagaimana Karakteristiknya?

bibit apel

Bibit apel bukan hanya bibit buah yang bisa ditanam di lingkungan tropis saja. Sekarang budidaya bibit pohon apel sudah mulai berkembang pesat dan bisa ditanam di banyak wilayah di dunia yang suhunya lebih sejuk.

Bagi yang ingin membudidayakan buah ini, maka ada baiknya untuk mengenal lebih jauh tentang buah apel. Buah dengan nama ilmiah Malus domestica ini masuk ke dalam genom Malus sylvestris.

Sebagian besar apel dimakan mentah (tidak dimasak). Selain itu, buah ini juga digunakan untuk aneka jenis makanan pesta. Buah ini bisa dimasak sampai lunak untuk membuat saus apel. Di samping itu, bisa pula dibuat menjadi minuman segar yaitu juice apel.

  • Bibit pohon apel sendiri bisa tumbuh mencapai ketinggian 3 hingga 12 meter. Tanaman ini memiliki kanopi lebar dan banyak cabang. Sedangkan daunnya berbentuk lonjong dengan panjang 5-12 cm dan lebar 3-6 sentimeter.
  • Untuk bagian bunganya, bibit buah apel akan menghasilkan bunga yang mekar di musim semi, bersamaan dengan penambahan daun. Bunganya berwarna putih. Ada pula yang berwarna merah muda.
  • Pada bunga, ada lima kelopak, dan mencapai diameter 2,5 hingga 3,5 cm. Buahnya pada umumnya memiliki diameter 5 hingga 9 sentimeter. Namun hal ini juga bergantung pada varian bibit apel itu sendiri.

Syarat Tumbuh Bibit Buah Apel

bibit buah apel

Untuk mengetahui cara budidaya dari bibit pohon apel yang baik, maka harus mengetahui dulu syarat tumbuhnya. Mulai dari iklim, ketersediaan air hingga kondisi tanah menjadi hal penting untuk diperhatikan. Dengan demikian, maka bibit apel bisa tumbuh optimal dan menghasilkan buah yang berkualitas.

Bagi yang ingin menanam buah ini di kebun maupun di dalam pot, harus tahu beberapa kodisi ideal untuk menanam bibit apel. Berikut ini adalah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan :

1. Iklim untuk menanam bibit buah apel

Curah hujan ideal untuk pertumbuhan bibit buah apel adalah 1.000-2.600 mm / tahun. Idealnya, iklim ini menyediakan 110-150 hari / tahun hari hujan. Dalam setahun jumlah bulan basah adalah 6-7 bulan dan 3-4 bulan kering.

Namun untuk bisa berbunga, buah ini tidak menyukai hujan. Pasalnya, curah hujan yang tinggi saat berbunga akan menyebabkan bunga mudah rontok dan jatuh sehingga tidak bisa berbuah.

Bibit pohon apel juga membutuhkan cukup sinar matahari antara 50-60% setiap hari, terutama saat berbunga. Maka dari itulah, saat penanaman harus memilih tempat yang bebas dari naungan baik tanaman lain maupun bangunan.

Kondisi ideal di atas didukung dengan suhu yang sesuai sekitar 16-27oC, sementara kelembaban yang diinginkan dari bibit buah apel adalah sekitar 75-85%.

2. Media tanam yang dibutuhkan

Bibit pohon apel dapat tumbuh dengan baik di tanah yang memiliki lapisan organik yang tinggi, dan struktur tanah yang rapuh dan longgar. Tanah sebagai media tanam bibit buah apel juga harus memiliki aerasi yang baik.

Kondisi ini diperlukan supaya memudahkan dalam penyerapan air dan nutrisi serta memaksimalkan kemampuan untuk menyimpan air optimal. Sementara itu, kondisi pH juga penting diperhatikan. Tingkat keasaman tanah (pH) yang cocok adalah 6-7.

Varian Dan Jenis Bibit Buah Apel

bibit pohon apel

Buah apel adalah buah yang sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat. Konon, bibit pohon apel dibawa oleh pemerintah Belanda untuk digunakan sebagai salah satu tanaman yang ditanam pada masa kolonial Belanda di daerah Batu, Malang. Karena itu hingga kini petani di daerah itu sudah terbiasa menanam pohon apel. Seperti kita ketahui kawasan Batu Malang dikenal sebagai daerah penghasil apel.

Bibit buah apel akan memiliki tekstur renyah dengan rasa manis segar. Inilah yang membuat buah ini memiliki banyak penggemar. Buah ini sendiri memiliki banyak varian. Berikut ini adalah beberapa bibit pohon apel yang banyak ditemui :

Apel manalagi

Bibit apel Manalagi adalah salah jenis apel lokal yang memiliki rasa yang sangat manis. Bibit ini mudah dibudidayakan di Indonesia dan merupakan komoditi yang banyak dicari. Ciri khasnya adalah kulit buah berwarna hijau kekuning-kuningan dengan aroma buah yang sangat harum. Tekstur buahnya keras dan renyah.

Apel smith granny

Bibit pohon apel ini akan menghasilkan buah dengan ciri kulit buah berwarna hijau dengan bintik-bintik putih. Jenis apel ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan varietas impor. Ukuran buahnya sedang, memiliki daging buah dengan tekstur renyah, dengan rasa agak masam. Selain dimakan segar, apel ini juga sangat cocok jika disajikan sebagai pelengkap salad buah dan salad sayuran.

Apel Anna

Bibit pohon apel anna adalah salah satu varietas lokal yang memiliki ukuran cukup besar. Berbeda dengan dua varietas di atas, kulit apel Anna memiliki warna merah. Daging buahnya juga tidak renyah seperti varietas lainnya, tetapi dagingnya lebih padat dan lebih pulen.

Bentuk buahnya tidak bulat sempurna, lebih lebar di bagian atas dan semakin rendah akan menyusut. Meski warna kulitnya sangat menarik merah menyala, sayangnya kulit buahnya tipis sehingga membuat apel tidak tahan lama.

Apple wanglin

Jenis apel yang satu ini belum dipasarkan secara luas, tetapi termasuk dalam varietas unggul. Bibit apel istimewa ini adalah hasil persilangan dari buah apel dan pir. Jadi, hasilnya adalah buah apel manis dengan tekstur renyah yang enak seperti buah pir. Namun, sayangnya apel Wanglin masih menjadi konsumsi terbatas para kolektor buah tertentu.

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

bibit buah apel

Siapa yang tidak kenal apel? Buah yang sangat familiar di telinga ini dapat ditemukan di mana pun, baik di pasar tradisional, bahkan supermarket.  Siapa sangka, di balik rasanya yang enak dan segar, ada banyak manfaat apel untuk kesehatan yang bisa didapat. Manfaat apel bagi kesehatan adalah :

1. Membantu program diet

Manfaat apel bagi kesehatan yang pertama adalah membantu program diet. Apel sangat berguna bagi yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Seseorang yang melakukan program diet membutuhkan banyak makanan yang mengandung serat, terutama dalam buah-buahan dan sayuran.

Apel dipercaya mampu merespons lambung dengan cepat dan membuat kenyang karena serat yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Banyak yang memilih buah ini sebagai pendamping menu diet harian. Tentunya makanan ini sehat apabila dikonsumsi dengan jumlah porsi tertentu.

2. Menetralkan kadar gula darah

Penyakit diabetes mellitus adalah penyakit yang sangat menghantui mereka yang sudah memiliki riwayat keturunan dari penyakit ini. Meskipun memiliki rasa manis, apel dapat secara efektif mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk lebih aman dalam konsumsi buah ini, maka bisa konsultasi dengan dokter. Pembatasan konsumsi diperlukan bagi yang sudah memiliki riwayat diabetes maupun penyakit tertentu.

3. Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat apel bagi kesehatan lebih lanjut yang bisa dirasakan oleh tubuh adalah mengurangi kadar kolesterol jahat. Dengan mengkonsumsi 1 apel setiap hari, diyakini dapat mengurangi asupan kalori hingga 15%.

Manfaat ini juga didapatkan dari kandungan serat dalam buah. Karena apel dapat mengikat lemak yang kemudian akan dibuang oleh tubuh.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Konsumsi apel secara teratur satu atau dua buah sehari dianggap mampu mengurangi risiko terkena serangan penyakit jantung dan mengurangi kolesterol. Kandungan dalam buah ini dapat mengurangi penyumbatan dan peradangan di dinding arteri.

Buah apel sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh disebabkan karena kandungan nutrisi berupa serat yang larut dalam lemak, seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati), dan antioksidan. Kandungan inilah yang mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

5. Melancarkan buang air besar

Apel kaya akan serat yang melancarkan buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat dari apel yang satu ini, disarankan untuk makan apel dengan kulitnya tanpa dikupas karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Selain itu, manfaat apel bagi kesehatan juga ada karena kandungan pektin dalam apel dapat menyuburkan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Hal inilah yang selanjutnya membantu menjaga fungsi pencernaan tubuh.

6. Mengurangi risiko batu empedu

Batu empedu disebabkan oleh akumulasi kolesterol berlebihan di saluran empedu. Pasien dengan penyakit batu empedu disarankan untuk memilih diet rendah kolesterol dan menambah makanan dengan serat tinggi.

Apel adalah buah yang memiliki kandungan serat sangat tinggi. Konsumsi apel secara teratur dapat membantu memperbaiki kondisi tubuh sehingga efek batu empedu tidak bertambah buruk.

Keuntungan Memilih Bibit Apel Unggul

bibit apel

Memilih bibit apel yang unggul adalah kunci memulai budidaya buah yang sukses. Langkah ini harus dilakukan baik bagi yang menanam bibit di perkebunan maupun di rumah.

Bibit pohon apel yang berkualitas baik sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pohon buah yang ditanam. Untuk alasan ini, ketika membeli bibit tanaman buah, maka harus memilih bibit tanaman berkualitas yang akan memberikan keuntungan diantaranya:

  • Ketika ditanam, bibit apel menghasilkan tanaman yang sehat
  • Bibit pohon apel dapat menghasilkan buah dalam waktu yang lebih cepat
  • Tanaman lebih kuat, daun tumbuh lebih cepat dan hijau
  • Tidak rentan terhadap hama dan penyakit
  • Produktifitas buah tinggi

Untuk mendapatkan berbagai keuntungan di atas, maka perlu mengetahui ciri dan karakter bibit apel yang unggul. Berikut ini adalah beberapa panduan sebelum membeli bibit apel unggul :

  • Di bagian Daun => Ciri bibit apel unggul bisa dilihat pada bagian tanaman ini.  Pastikan untuk memilih bibit apel dengan warna daun hijau cerah. Selanjutnya, harus dipastikan bahwa tidak ada jejak ulat dan hama lainnya.
  • Di bagian batang => Selain kondisi daun sehat, kondisi batang bibit buah apel juga harus dalam kondisi baik. Pastikan batang dari bibit buah apel tegak dan tidak bengkok. Jika bibit tanaman buah memiliki panjang lebih dari 1 meter, maka harus memilih bibit tanaman buah yang sudah bercabang. Jangan memilih bibit tanaman yang memiliki jamur di sekitar batang.
  • Di bagian akar => Bagian akar juga menentukan apakah bibit pohon apel berkualitas tinggi atau tidak. Lihat jumlah serat akar yang ada. Inilah ciri tanaman berkualitas karena akan membantu penyerapan air dan nutrisi di tanah.

Itulah beberapa cara untuk memilih bibit buah apel yang baik dan berkualitas. Untuk mendapatkannya maka bisa membeli bibit apel unggul. Hal ini akan membantu siapa saja dalam mendapatkan bibit terbaik. Tentunya tanpa harus repot dalam membuat bibit sendiri.

Cara Budidaya Tanaman Buah Bibit Apel

bibit pohon apel

Untuk melakukan budidaya tanaman apel, maka ada beberapa langkah yang diperlukan. Jika bibit apel unggul sudah siap, maka lakukan beberapa langkah ini untuk memulai budidaya :

1. Pembukaan lahan

Tanah diproses dengan mencangkul tanah sambil membersihkan residu tanaman yang tersisa. Langkah ini juga bisa sekaligus menggemburkan tanah di perkebunan.

2. Pemupukan

Pupuk yang diberikan dalam pengolahan tanah adalah pupuk kandang (2 kg) per lubang tanam yang dicampur merata dengan tanah. Lalu biarkan selama 2 pekan agar tanah menjadi ideal untuk pertumbuhan bibit apel nantinya.

3. Pola tanam bibit pohon apel

Bibit apel dapat ditanam dalam teknik monokultur atau tumpangsari. Tumpangsari hanya dapat dilakukan jika tanah belum tertutup oleh kanopi daun sebelum 2 tahun. Perlu diingat pula bahwa bibit apel tidak dapat ditanam pada jarak yang terlalu sempit karena akan menyebabkan kelembaban tinggi, sirkulasi udara lebih sedikit dan sinar matahari terhalang.

4. Cara menanam

Bibit apel dapat mulai ditanam baik di musim hujan atau musim kemarau. Budidaya buah ini juga bisa dilakukan baik di kebun atau lahan maupun di dalam pot.

Meskipun demikian, penanaman bibit ini direkomendasikan saat musim hujan.  Di bawah ini adalah cara menanam bibit apel:

  • Masukkan bibit yang telah disiapkan ke dalam lubang tanam
  • Batang jangan sampai bengkok agar pertumbuhannya optimal
  • Masukkan tanah bagian atas ke dalam lubang sampai batas akar dan tambahkan tanah yang digali ke dalam lubang
  • Jika semua tanaman telah masuk, maka tekan tanah perlahan-lahan dengan tangan sehingga bibit bisa kuat dan tegak
  • Untuk membantu pohon melawan angin, bibit bisa diberi penyangga dengan ikatan yang longgar

5. Pemeliharaan tanaman

Setelah bibit apel di tanam, maka pemelihraan lebih lanjut harus dilakukan. Hal tersebut sangat penting karena bisa mempengaruhi produktifitas tanaman tersebut. Setidaknya, berikut ini ada beberapa langkah perawatan yang penting dilakukan :

  • Penyiangan => Penyiangan hanya dilakukan di sekitar tanaman saat ada banyak gulma yang dapat mengganggu tanaman. Jika gulma tidak dihilangkan maka bisa mencuri nutrisi tanah yang dibutuhkan tanaman apel untuk tumbuh dengan baik.
  • Pemupukan => Seperti yang sudah diterangkan di atas, pemupukan perlu dilakukan pada awal masa tanam. Selanjutnya, pemupukan secara rutin bisa diberikan dengan pupuk organik maupun NPK.
  • Pemangkasan => Bagian yang perlu dipangkas adalah cabang yang tidak produktif, cabang air dan bagian cabang yang sakit. Pemangkasan juga dilakukan untuk mendapatkan bentuk tanaman yang diinginkan.

6. Karakteristik dan umur panen

Bibit apel yang dirawat dengan baik akan menghasilkan buah yang berkualitas. Dalam hal ini, buah akan memiliki ukuran besar dan jumlahnya banyak. Secara umum, apel dapat dipanen pada usia 4-5 bulan setelah bunga mekar. Namun hal ini juga bergantung pada varietas dan iklim.

Dari segi karakteristik fisiologis buah apel yang masak memiliki ciri tertentu diantaranya : Ukuran buah terlihat maksimal, aroma buah mulai terasa, dan warna buah terlihat segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *