Posted on

Budidaya Buah Langka Barbados Cherry Dan Buah Abiu

barbados cherry

Barbados cherry maupun abiu atau buah abiu adalah contoh buah langka yang jarang ditemui di pasaran. Namun saat ini, sudah ada bibit unggul untuk tanaman ini. Jadi, siapa saja bisa menanamnya untuk budidaya di pekarangan rumah ataupun di kebun.

Tanaman budidaya dengan potensi yang besar di atas memiliki nilai jual yang tinggi. Karena itulah, tak ada salahnya untuk mengetahui cara budidaya tanaman barbados cherry maupun abiu. Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita kupas lebih dalam mengenai tanaman ini termasuk morfologi dan juga cara budidayanya yang tepat.

Barbados Cherry Buah Langka Yang Unik

barbados cherry

Malpighia emarginata atau barbados cherry adalah pohon buah berupa perdu yang merupakan buah langka di Indonesia. Buah tropis ini memiliki ciri hampir mirip dengan buah cery dan termasuk ke dalam jenis tanaman Malpighiaceae.

Tanaman barbados cherry bukan tanaman asli Indonesia. Akan tetapi tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, Meksiko selatan, dan negara lain sekitarnya. Saat ini barbados cherry mulai ditanam daerah-daerah subtropis Asia, seperti India dan Negara tropis seperti Indonesia.

Sifat Dan Karakteristik Buah Barbados Cherry

Ada Beberapa hal yang perlu diketahui tentang buah barbados Cherry. Mulai dari kandungan nutrisi di dalamnya, cara tanaman tumbuh, kondisi yang ideal untuk budidaya, dan banyak hal lainnya. Berikut ini karakteristik tanaman buah ini secara lengkap :

1. Kandungan buah barbados Cherry

Buah berukuran kecil ini dikenal sangat kaya akan vitamin C. Di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin A, B1, B2, dan B3, serta karotenoid dan bioflavonoid. Semua itu adalah nutrisi penting bagi tubuh yang berfungsi sebagai antioksidan.

2. Syarat tumbuh tanaman yang ideal

Selain kandungan nutrisi di dalam buah ini, perlu juga diketahui tentang cara tanaman buah ini beradaptasi pada lingkungan tumbuhnya. Buah barbados cherry bisa tumbuh sebagai tanaman budidaya dengan metode biji maupun vegetatif.

Untuk menanam bibitnya, maka bisa memilih tanah yang kering, berpasir dengan adanya sinar matahari penuh. Tanaman ini tidak tahan terhadap suhu rendah atau suhu beku dibawah -1 ° C. Tanaman ini juga memiliki toleransi yang rendah terhadap angin karena akarnya yang dangkal.

3. Morfologi tanaman barbados cherry

Barbados Cherry adalah tanaman perdu dengan ciri pohon yang kecil dengan banyak cabang. Ketinggian pohon ini biasanya 2-3 m meskipun ada pula yang bisa mencapai tinggi 6m.

  • Daun memiliki ukuran panjang 1-4 cm dan melekat pada tangkai daun yang pendek. Bentuk daun adalah oval dengan rambut kecil pada permukaan daun yang dapat mengiritasi kulit.
  • Sedangkan untuk bunganya termasuk bunga biseksual dan berdiameter 1-2 cm. Bagian tanaman ini memiliki lima  kelopak merah muda, 10 benang sari, dan enam hingga 10 kelenjar di kelopak.
  • Setelah tiga tahun, pohon menghasilkan buah berwarna merah terang berdiameter 1-3 cm. Beratnya hanya 3–5 g. Buah barbados cherry memiliki ciri berair dan sangat kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya.
  • Rasa dari buah ini adalah asam hingga manis. Kondisi lingkungan dan cara perawatan bisa mempengaruhi rasa bahkan nutrisi yang dikandung di dalam buah ini.

Penggunaan Buah Barbados Cherry

Buah ini banyak dikonsumsi di daerah asalnya, dan dibudidayakan di tempat lain karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Buah ini mengandung sekitar 1677 mg vitamin C dalam 100 g buah. Karena itu, mengkonsumsi buah ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Selain dimakan dalam keadaan segar, buah ini dapat digunakan untuk membuat juice dan pulp. Buah ini bisa pula menjadi hidangan pencuci mulut dan berbagai bahan makanan lainnya.

Tanaman ini juga banyak dimanfaatkan dalam bentuk lain. Banyak yang membudidayakan tanaman barbados cherry sebagai tanaman bonsai. Tanaman ini populer sebagai tanaman hias karena daun dan buahnya yang kecil dengan percabangan yang halus.

Cara Memilih Bibit Tanaman Barbados Cherry

Ada banyak langkah untuk memulai budidaya tanaman barbados cherry. Yang pertama adalah memilih bibit unggul. Caranya adalah dengan memilih bibit pohon hasil perbanyakan cangkok.

Metode ini bisa menghasilkan buah dalam waktu lebih cepat. Karena bibit berasal dari tanaman induk yang sudah matang dan sudah pernah berbuah. Untuk mendapatkan yang paling unggul maka dapat kita ketahui dengan ciri-cirinya sebagai berikut :

  • Bibit bebas dari penyakit dan hama
  • Berasal dari induk yang produktif
  • Bibit sudah cukup tua dan siap untuk ditanam
  • Usia bibit di polybag atau pot pada saat mulai tanam setidaknya sudah berusia 6 bulan
  • Memiliki akar-akar yang kuat

Manfaat Buah Barbados Cherry Bagi Kesehatan

Barbados cherry yang memiliki bentuk kecil namun kaya vitamin ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah ini. Berikut ini adalah sebagian contoh manfaat dari konsumsi buah ini :

1. Anti-inflamasi

Barbados cherry maupun buah ceri pada umumnya dikenal sebagai anti inflamasi yang kuat. Hal ini dikarenakan kandungan anthocyanin dalam ceri dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

2. Membantu penyembuhan radang sendi

Peran buah ini sebagai anti inflamasi berfungsi pula untuk menyembuhkan radang sendi. Manfaat ini bisa didapatkan dengan meminum juice dari buah ini secara teratur.

3. Anti kanker

Buah barbados cherry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal inilah yang membuat buah ini memiliki kemampuan melawan kanker. Sebagai pencegahan, bisa mengkonsumsinya dengan teratur dalam porsi yang cukup.

4. Meningkatkan memori atau daya ingat

Buah ini mengandung anthocyanin yang sangat baik untuk membantu kinerja otak. Kandungan ini pula yang membantu dalam meningkatkan daya ingat atau memori secara signifikan.

5. Sebagai obat tidur alami

Buah ceri pada umumnya mengandung melatonin. Inilah yang mengatur siklus tidur tubuh. Karena itu, makan buah ini dapat meningkatkan siklus tidur yang baik. Hasilnya, tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

6. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Warna merah buah ini berasal dari kandungan antosianin. Inilah salah satu antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu kanker dan penyakit serius lainnya.  Tidak hanya itu, antioksidan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada osteoartritis (penyakit degeneratif sendi). Kandungan flavanoid yang ditemukan dalam ceri juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

7. Sumber vitamin C dan kalium

Buah ini adalah sumber vitamin C dan potasium yang baik. Manfaat buah ceri dengan kandungan potasiumnya adalah dapat mengurangi resiko hipertensi dan stroke.

Mineral ini juga membantu menjaga tekanan darah, mempertahankan cairan tubuh, menjaga sistem pencernaan, dan detak jantung. Sementara itu, kandungan vitamin C juga menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kardiovaskular.

8. Sebagai sumber serat

Dengan kandungan serat di dalamnya, buah ini mampu membantu menurunkan berat badan. Selain itu buah ini juga mampu mengurangi resiko diabetes, dan penyakit jantung. Serat juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan usus, mengurangi kadar kolesterol, dan mengendalikan gula darah.

Buah Abiu Dan Aneka Manfaat Yang Terkandung Didalamnya

buah abiu

Buah Abiu adalah jenis buah untuk budidaya. Keberadaan buah ini sangat langka di pasaran. Bahkan belum banyak orang yang mengenalnya. Padahal, buah ini memilki banyak manfaat. Sebagai tanaman buah, abiu sendiri cukup mudah dibudidayakan, dengan adanya bibit unggul abiu yang saat ini mulai mudah ditemukan.

Dengan mengenal lebih jauh tentang abiu maka akan memudahkan dalam memulai budidaya buah ini. Bagi yang belum mengenal buah abiu, maka berikut ini adalah karakteristik hingga manfaat yang bisa didapatkan dari buah ini.

Karakteristik Buah Abiu

Abiu adalah buah sejenis sawo segar dari Australia. Rasanya cukup unik dan tidak biasa di lidah orang Indonesia. Penampakan buah yang unik ini sering dimanfaatkan pula sebagai tanaman hias.

Pohon abiu memiliki karakter yang mirip dengan kerabat Sawo-Sawoan, yaitu memiliki batang kayu keras dan mampu mencapai ketinggian 15m. Buahnya sendiri berbentuk lonjong hingga bulat, dengan panjang 6-12 cm dan berat 150-500 gram / buah.

Karena dibudidayakan secara luas di Australia, maka spesies tanaman buah ini dikenal dengan sebutan Sawo Australia. Padahal, asal buah ini adalah dari daerah di sekitar Amazon, dataran rendah Peru, dan sekitar Brazil.abiu

Tempat Budidaya Buah Abiu Yang Ideal

Buah abiu merupakan tanaman buah yang adaptif dalam iklim tropis dan subtropis. Indonesia adalah salah satu tempat yang ideal untuk budidaya tanaman ini. Tanaman abiu juga mampu berkembang dengan baik dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

Dengan lingkungan yang ideal dan pemilihan bibit abiu yang unggul, maka pada usia 3-4 tahun tanaman ini bisa berbunga.  Dua bulan kemudian, bunga mulai berubah menjadi buah hijau dan secara bertahap menjadi kuning cerah saat buah sudah matang.

Daging buah ini akan memiliki warna putih jernih dengan rasa manis dan segar yang khas. Rasa buah ini memiliki rasa yang mirip dengan kelapa muda. Daging buah ini cenderung lunak dan sedikit berair.

Buah ini memiliki banyak vitamin A, B3 dan C, serta kaya kalori dan serat. Karena itu, buah Abiu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di Brazil sendiri, daging buah abiu digunakan untuk meredakan batuk, bronkitis, dan keluhan pernapasan atau paru-paru. Sedangkan getah pohon abiu berkhasiat sebagai obat cacing dan obat pencahar.

Manfaat Buah Abiu Untuk Kesehatan

Buah abiu atau Pouteria caimito ini adalah buah yang mulai terkenal di Indonesia. Bukan hanya rasanya yang unik, namun buah ini juga kaya akan manfaat. Untuk kandungan gizinya sendiri, buah Abiu mengandung banyak vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori, dan serat. Dengan demikian, maka konsumsi buah ini akan sangat bagus untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang dihadirkan oleh buah abiu ini :

1. Menjaga kesehatan organ mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah abiu adalah nutrisi penting yang membantu menjaga dan melindungi kesehatan mata. Vitamin A juga membantu meningkatkan kemampuan penglihatan dan mencegah mata dari resiko katarak.

2. Membantu memperlancar sistem pencernaan

Abiu kaya akan serat yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga mencegah sembelit. Selain itu, serat juga membantu menyehatkan organ pencernaan seperti lambung dan usus.

Konsumsi buah ini baik untuk anak-anak hingga orang dewasa terutama bagi mereka yang sering bermasalah dengan pencernaan. Berkat kandungan serat dalam buah abiu, pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Mengatasi gangguan pada sistem pernapasan

Mengkonsumsi buah abiu membantu mengatasi gangguan sistem pernapasan. Contoh keluhan yang bisa diatasi dengan buah ini adalah seperti bronkitis (radang bronkus), batuk, dan keluhan masalah pernapasan atau paru-paru lainnya.

4. Sebagai anti radikal bebas

Manfaat vitamin E dapat membantu mencegah tubuh terhindar dari radikal bebas yang berbahaya. Radikal bebas biasanya mengandung banyak zat karsinogenik yang merupakan zat berbahaya yang dapat menyebabkan kanker.

5. Mengatasi cacingan

Selain buah, ternyata kandungan getah pohon abiu juga berguna untuk membantu mengatasi cacingan. Bagian dari tanaman abiu ini juga bisa digunakan sebagai pencahar dan untuk menyembuhkan bagian tubuh yang bengkak.

6. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti yang diketahui bahwa untuk meningkatkan daya tahan tubuh, maka perlu memenuhi kebutuhan vitamin C yang cukup. Di dalam buah Abiu sendiri mengandung banyak vitamin C yang baik untuk dikonsumsi secara teratur.

Vitamin ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itulah, dengan asupan yang cukup maka bisa mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Budidaya Buah Abiu

Budidaya buah Abiu relatif sederhana dan tidak membutuhkan perawatan lebih. Untuk memulainya maka harus disediakan bibit unggul. Karena buah ini cukup langka, maka cara paling mudah untuk mendapatkan bibit adalah dengan membeli di toko bibit.

Dengan bibit yang unggul, maka abiu akan bisa dipanen pada usia 3-4 tahun. Karena pada usia ini tanaman sudah bisa menghasilkan bunga dan buah.

Setelah bibit tersedia, maka pesiapkan media tanam. Tentukan titik tanam dengan jarak tanam ideal minimal 4 x 4 m. Setelah itu, buat lubang tanam 60 x 60 x 60 cm. Tanah galian pertama adalah sekitar 30 cm (tanah atas) dan pisahkan tanahnya. Jika sudah maka lakukan beberapa langkah berikut ini :

1. Persiapan media tanam

Tanah atas kemudian dicampur dengan 20 kg pupuk kandang, sedangkan sub tanah dicampur dengan 30 kg pupuk kandang. Biarkan lubang tanam terbuka selama 1 pekan untuk menguapkan gas beracun. Langkah ini juga bertujuan untuk  membunuh mikroorganisme di dalamnya.

Setelah itu, lubang ditutup kembali dengan membalikkan posisi tanah atas tanah di bawah dan sub tanah di atas sehingga kesuburan tanah lebih merata.

Penanaman harus dilakukan pada awal musim hujan agar bisa tumbuh dengan baik. Bibit Abiu yang berumur 6-7 bulan dapat ditanam langsung di lubang tanam yang sudah disiapkan.

2. Penyiraman tanaman abiu

Untuk membuat tanaman ini tumbuh dengan baik, maka Abiu membutuhkan banyak air sepanjang pertumbuhannya. Jika tanah di sekitarnya mulai kering, itu pertanda jika tanaman perlu disiram. Kekurangan air saat tanaman berbunga atau berbuah dapat menyebabkan bunga atau buah jatuh. Penyiraman secara teratur akan menghasilkan banyak buah.

3. Penyiangan sekitar tanaman

Selain penyiraman, penyiangan juga harus dilakukan. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan gulma yang dapat mengganggu tanaman. Selain itu, penyiangan juga mencegah tanaman terserang hama dan penyakit.

Pemeliharaan lainnya adalah pemangkasan untuk merangsang pertumbuhan tunas-tunas baru dengan mengurangi batang tanaman yang dapat menyebabkan hama dan penyakit.

Setelah tanaman abiu berbuah maka harus harus dibungkus. Dengan begitu maka akan melindungi buah dari serangan lalat buah dan meningkatkan kualitas buah. Cara ini juga bisa menghasilkan abiu dengan warna kulit lebih cerah, dan memiliki rasa yang lebih manis.

Pembungkusan abiu dilakukan saat buah sudah berukuran 4-6 cm dengan plastik putih ukuran 5 kg. Buah siap dipanen setelah mencapai umur 2 bulan sejak bunga keluar. Tanaman Abiu dapat dipanen 2-3 kali dalam setahun.


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Tinggalkan Balasan