Semua Kategori

Budidaya Buah Langka Barbados Cherry

barbados cherry

Barbados cherry maupun abiu atau buah abiu adalah contoh buah langka yang jarang ditemui di pasaran. Namun saat ini, sudah ada bibit unggul untuk tanaman ini. Jadi, siapa saja bisa menanamnya untuk budidaya di pekarangan rumah ataupun di kebun.

Tanaman budidaya dengan potensi yang besar di atas memiliki nilai jual yang tinggi. Karena itulah, tak ada salahnya untuk mengetahui cara budidaya tanaman barbados cherry maupun abiu. Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita kupas lebih dalam mengenai tanaman ini termasuk morfologi dan juga cara budidayanya yang tepat.

Barbados Cherry Buah Langka Yang Unik

barbados cherry

Malpighia emarginata atau barbados cherry adalah pohon buah berupa perdu yang merupakan buah langka di Indonesia. Buah tropis ini memiliki ciri hampir mirip dengan buah cery dan termasuk ke dalam jenis tanaman Malpighiaceae.

Tanaman barbados cherry bukan tanaman asli Indonesia. Akan tetapi tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, Meksiko selatan, dan negara lain sekitarnya. Saat ini barbados cherry mulai ditanam daerah-daerah subtropis Asia, seperti India dan Negara tropis seperti Indonesia.

Sifat Dan Karakteristik Buah Cherry

Ada Beberapa hal yang perlu diketahui tentang buah barbados Cherry. Mulai dari kandungan nutrisi di dalamnya, cara tanaman tumbuh, kondisi yang ideal untuk budidaya, dan banyak hal lainnya. Berikut ini karakteristik tanaman buah ini secara lengkap :

1. Kandungan buah Cherry

Buah berukuran kecil ini dikenal sangat kaya akan vitamin C. Di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin A, B1, B2, dan B3, serta karotenoid dan bioflavonoid. Semua itu adalah nutrisi penting bagi tubuh yang berfungsi sebagai antioksidan.

2. Syarat tumbuh tanaman yang ideal

Selain kandungan nutrisi di dalam buah ini, perlu juga diketahui tentang cara tanaman buah ini beradaptasi pada lingkungan tumbuhnya. Buah barbados cherry bisa tumbuh sebagai tanaman budidaya dengan metode biji maupun vegetatif.

Untuk menanam bibitnya, maka bisa memilih tanah yang kering, berpasir dengan adanya sinar matahari penuh. Tanaman ini tidak tahan terhadap suhu rendah atau suhu beku dibawah -1 ° C. Tanaman ini juga memiliki toleransi yang rendah terhadap angin karena akarnya yang dangkal.

3. Morfologi tanaman cherry

Barbados Cherry adalah tanaman perdu dengan ciri pohon yang kecil dengan banyak cabang. Ketinggian pohon ini biasanya 2-3 m meskipun ada pula yang bisa mencapai tinggi 6m.

  • Daun memiliki ukuran panjang 1-4 cm dan melekat pada tangkai daun yang pendek. Bentuk daun adalah oval dengan rambut kecil pada permukaan daun yang dapat mengiritasi kulit.
  • Sedangkan untuk bunganya termasuk bunga biseksual dan berdiameter 1-2 cm. Bagian tanaman ini memiliki lima  kelopak merah muda, 10 benang sari, dan enam hingga 10 kelenjar di kelopak.
  • Setelah tiga tahun, pohon menghasilkan buah berwarna merah terang berdiameter 1-3 cm. Beratnya hanya 3–5 g. Buah barbados cherry memiliki ciri berair dan sangat kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya.
  • Rasa dari buah ini adalah asam hingga manis. Kondisi lingkungan dan cara perawatan bisa mempengaruhi rasa bahkan nutrisi yang terkandung dalam buah ini.

Penggunaan Buah Barbados Cherry

Buah ini banyak dikonsumsi di daerah asalnya, dan dibudidayakan di tempat lain karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Buah ini mengandung sekitar 1677 mg vitamin C dalam 100 g buah. Karena itu, mengkonsumsi buah ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Selain dimakan dalam keadaan segar, buah ini juga bisa untuk membuat juice dan pulp. Buah ini bisa pula menjadi hidangan pencuci mulut dan berbagai bahan makanan lainnya.

Tanaman ini juga banyak juga manfaatnya dalam bentuk lain. Banyak yang membudidayakan tanaman barbados cherry sebagai tanaman bonsai. Tanaman ini populer sebagai tanaman hias karena daun dan buahnya yang kecil dengan percabangan yang halus.

Cara Memilih Bibit Tanaman Barbados Cherry

Ada banyak langkah untuk memulai budidaya tanaman barbados cherry. Yang pertama adalah memilih bibit unggul. Caranya adalah dengan memilih bibit pohon hasil perbanyakan cangkok.

Metode ini bisa menghasilkan buah dalam waktu lebih cepat. Karena bibit berasal dari tanaman induk yang sudah matang dan sudah pernah berbuah. Untuk mendapatkan yang paling unggul maka dapat kita ketahui dengan ciri-cirinya sebagai berikut :

  • Bibit bebas dari penyakit dan hama
  • Berasal dari induk yang produktif
  • Bibit sudah cukup tua dan siap untuk ditanam
  • Usia bibit di polybag atau pot pada saat mulai tanam setidaknya sudah berusia 6 bulan
  • Memiliki akar-akar yang kuat

Manfaat Buah Cherry Bagi Kesehatan

Barbados cherry yang memiliki bentuk kecil namun kaya vitamin ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah ini. Berikut ini adalah sebagian contoh manfaat dari konsumsi buah ini :

1. Anti-inflamasi

Barbados cherry maupun buah ceri pada umumnya terkenal sebagai anti inflamasi yang kuat. Hal ini karena kandungan anthocyanin dalam ceri dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

2. Membantu penyembuhan radang sendi

Peran buah ini sebagai anti inflamasi berfungsi pula untuk menyembuhkan radang sendi. Manfaat ini bisa didapatkan dengan meminum juice dari buah ini secara teratur.

3. Anti kanker

Buah barbados cherry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal inilah yang membuat buah ini memiliki kemampuan melawan kanker. Sebagai pencegahan, bisa mengkonsumsinya dengan teratur dalam porsi yang cukup.

4. Meningkatkan memori atau daya ingat

Buah ini mengandung anthocyanin yang sangat baik untuk membantu kinerja otak. Kandungan ini pula yang membantu dalam meningkatkan daya ingat atau memori secara signifikan.

5. Sebagai obat tidur alami

Buah ceri pada umumnya mengandung melatonin. Inilah yang mengatur siklus tidur tubuh. Karena itu, makan buah ini dapat meningkatkan siklus tidur yang baik. Hasilnya, tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

6. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Warna merah buah ini berasal dari kandungan antosianin. Inilah salah satu antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu kanker dan penyakit serius lainnya.  Tidak hanya itu, antioksidan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada osteoartritis (penyakit degeneratif sendi). Kandungan flavanoid yang terdapat dalam ceri juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

7. Sumber vitamin C dan kalium

Buah ini adalah sumber vitamin C dan potasium yang baik. Manfaat buah ceri dengan kandungan potasiumnya adalah dapat mengurangi resiko hipertensi dan stroke.

Mineral ini juga membantu menjaga tekanan darah, mempertahankan cairan tubuh, menjaga sistem pencernaan, dan detak jantung. Sementara itu, kandungan vitamin C juga menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kardiovaskular.

8. Sebagai sumber serat

Dengan kandungan serat di dalamnya, buah ini mampu membantu menurunkan berat badan. Selain itu buah ini juga mampu mengurangi resiko diabetes, dan penyakit jantung. Serat juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan usus, mengurangi kadar kolesterol, dan mengendalikan gula darah.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *