Posted on

Alpukat Mentega – Rasa Lezat, Manfaat Luar Biasa Hebat

alpukat mentega

Alpukat Mentega

Sebagai salah satu negara tropis, Indonesia mempunyai beragam kekayaan alam termasuk buah-buahan. Salah satunya adalah buah alpukat. Buah ini cukup populer baik di dalam maupun luar negeri. Kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman segar maupun berbagai produk kosmetik kecantikan. Buah alpukat memiliki beragam varietas, tetapi yang paling banyak digemari adalah jenis alpukat mentega.

Keunggulan Alpukat Mentega

Alpukat mentega merupakan varietas unggul diibandingkan dengan alpukat biasa, Alpukat mentega memiliki warna daging buah yang kuning seperti warna mentega, hal inilah yang menjadi dasar penamaan varietas ini dengan sebutan alpukat mentega. Kelebihan Alpukat Mentega antara lain cocok ditanam di dataran rendah. Selain itu tanaman alpukat ini tidak disukai ulat karena mengandung enzim antiprotease. Dengan adanya enzim tersebut, ulat tidak bisa mengurai protein yang dibutuhkan untuk berkembang biak. Padahal pada tanaman alpukat jenis lain sangat mudah sekali terserang hama ulat. Beberapa keunggulan lainnya diantaranya adalah :

  1. Alpukat mentega dikenal sebagai alpukat yang berbuah di sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Bahkan jenis alpukat ini bisa di panen 2-3 kali dalam setahun.
  2. Alpukat mentega memiliki daging buah yang lebih tebal dan tidak memiliki serat seperti pada alpukat biasa yang sering kita temui.
  3. Alpukat mentega memiliki rasa daging buah yang legit dan terasa gurih, sehingga rasa buah ini tetap nikmat dikonsumsi meski tanpa campuran gula sekalipun.
  4. Pohon alpukat mentega cenderung bebas dari hama pemakan daun dan buah dari semenjak berbunga hingga menjadi buah. Hal ini karena ulat pemakan daun dan buah yang menjadi hama tidak menyukai alpukat mentega. Dibanding alpukat biasa yang baru bisa mulai berbuah pada usia 6-8 tahun, Alpukat mentega membutuhkan waktu berbuah yang lebih singkat. Alpukat mentega sudah mulai berbuah saat memasuki usia 3-4 tahun setelah ditanam.
  5. Pohon alpukat mentega juga merupakan tanaman yang adaptif terhadap semua lingkungan, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman Buah ini bisa di tanam di pekarangan rumah, taman, pinggir jalan bahkan pohon alpukat mentega dapat tumbuh dengan baik di tanah yang basah sekalipun.

Sejarah Singkat Alpukat

Buah alpukat berasal dari negara bagian Puebla, Meksiko, terdapat beberapa bukti yang di temukan dalam gua-gua yang menunjukkan bahwa pada tahun 10.000 SM dalam budaya Amerika kuno telah menggunakan alpukat yang tumbuh liar, namun setelah itu tidak diketahui lagi penggunaan alpukat sampai dengan beberapa ribu tahun berikutnya. Alpukat baru diketahui muncul di belahan dunia lain dalam 500 tahun terakhir, kemudian dengan cepat terkenal karena penampilannya yang unik, kelezatan rasa, serta manfaatnya di bidang kesehatan.

Alpukat adalah buah yang tumbuh dari tanaman Persea Americana, yang merupakan pohon cemara dari keluarga Lauraceae. Meskipun tidak menyerupai kerabat tersebut, alpukat terkait erat dengan kayu manis dan pohon salam. Pohon alpukat biasanya tinggi dan dapat tumbuh hingga ketinggian 65 kaki. Berat rata-rata buah alpukat adalah antara delapan ons hingga satu kilogram tergantung dari jenisnya. Buah ini dipanen lebih awal untuk kemudian dibiarkan matang secara bertahap, baru setelah itu dijual secara komersial.

alpukat mentega

Rasa Lezat Alpukat Mentega

Daging buah alpukat mentega super ini terasa begitu nikmat dengan tekstur yang lembut, tanpa serat sama sekali, dengan rasa gurih yang dominan. Banyak penikmat buah yang suka mengkonsumsi daging buahnya begitu saja, tanpa campuran apapun, diambil langsung menggunakan sendok, namun ada juga yang justru mencampur daging buah dengan sedikit susu cokelat yang diteteskan di atas buah, sirup, maupun air kopi manis untuk menambah sensasi nikmat saat melahap daging buah alpukat mentega super ini. Yang jelas, dengan cara apapun daging buah alpukat mentega super ini dikonsumsi, semua cara tersebut memberikan kenikmatan dan kepuasan tersendiri bagi penikmatnya, termasuk saat daging buahnya di-blender atau dijadikan campuran es buah, Hmm…segar…

Kandungan Nutrisi Buah Alpukat Mentega

Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak yang tinggi namun sangat rendah kolesterol. Banyak orang cenderung untuk berhenti mengkonsumsi alpukat karena kandungan kalorinya yang tinggi. Mereka berpikir bahwa alpukat akan menambah berat badan mereka. Namun, jika dibandingkan dengan mentega, dan makanan berkalori tinggi lainnya jumlah kalori alpukat sangatlah kecil.

Buah alpukat dianggap sebagai “Makanan Super” dan memiliki posisi khusus dalam piramida kalori makanan, karena kaya akan berbagai nutrisi, vitamin dan mineral. Buah alpukat juga merupakan sumber energi yang baik, banyak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, serta memiliki kadar gula yang rendah. Mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, tembaga, mangan, fosfor dan seng, serta vitamin seperti vitamin C, B6, B-12, A, D, K, E, thiamin, riboflavin, dan niasin. Selain itu, alpukat adalah sumber serat makanan yang besar, dan satu porsi alpukat dapat menyediakan lebih dari 40% kebutuhan harian.

Buah alpukat kaya akan kalium dan juga menyeimbangkan rasio kalium terhadap natrium, dimana hal ini sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Menurut CAC (California Avocado Commission), sebuah alpukat berukuran sedang mengandung hampir 22,5 gram lemak. Dua pertiga dari lemak ini adalah dari jenis lemak tak jenuh tunggal, dan sangat rendah fruktosa. Yang menarik adalah alpukat memiliki koleksi unik senyawa organik seperti pitosterol, karotenoid dan flavonoid.

Dengan kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi, buah ini sekarang mulai marak dibudidayakan di berbagai negara.  Alpukat adalah salah satu tanaman yang paling aman dalam hal paparan pestisida rendah. Hal ini dikarenakan kulit buahnya yang sangat tebal, sehingga terlindungi dari pestisida. Ini adalah merupakan alasan mengapa anda tidak perlu membeli alpukat organik.

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Buah alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan dan dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang dapat dikonsumsi. Manfaat buah alpukat untuk kesehatan termasuk mengendalikan berat badan, melindungi dari penyakit jantung, diabetes, mencegah pengeroposan tulang sendi dan meningkatkan penyerapan nutrisi bagi tubuh. Buah alpukat juga mengurangi risiko kanker, kerusakan hati dan pendarahan terkait defisiensi vitamin K. Alpukat memiliki sifat antioksidan, membantu dalam menjaga kesehatan mata, melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dan efek berbahaya dari sinar UV. Selain itu juga membantu dalam menjaga kadar gula darah, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kemampuan kognitif, dan membangun tulang yang kuat.

Menurut sebuah penelitian terbaru, biji alpukat digunakan untuk pengobatan diabetes, kondisi peradangan dan hipertensi, serta untuk meningkatkan hiperkolesterolemia. Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi alpukat mengarah pada peningkatan kualitas diet dan asupan nutrisi, termasuk menurunkan risiko sindrom metabolik.

Alpukat paling membawa manfaat jika dimakan mentah. Berikut adalah manfaat alpukat yang mengagumkan untuk kesehatan:

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Alpukat mentega adalah buah terbaik untuk jantung yang bisa dengan mudah didapatkan. Jangan sepelekan manfaat buah yang satu ini bagi jantung karena meski tinggi lemak ternyata lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sekaligus mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, alpukat juga kaya akan nutrisi lain seperti asam folat dan magnesium yang berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Selain menjaga kesehatan jantung, alpukat juga dikenal sebagai buah yang efektif dalam mencegah kanker. Buah alpukat mentega kaya akan senyawa antioksidan seperti gluthatione dan vitamin E yang dapat mencegah efek radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri diketahui sebagai salah satu penyebab rusaknya DNA dalam sel yang berakibat pada penyakit kanker. Konsumsi alpukat secara rutin telah terbukti mampu mengurangi resiko kanker mulut, prostate dan kanker payudara secara signifikan.

  1. Melancarkan Pencernaan

Buah alpukat mentega kaya serat alami yang dapat memperlancar pencernaan dan mencegah gangguan yang terjadi pada saluran cerna dalam tubuh. Selain melancarkan pencernaan, buah alpukat juga dikenal sebagai salah satu obat alami yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat luka pada lambung. Tekstur alpukat yang halus dan lembut dapat melindungi permukaan lambung dari pengaruh makanan serta asam lambung yang merusaknya.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Siapa sangka, buah alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan. Faktanya, menurut penelitian buah alpukat mentega kaya akan senyawa lutein yang dapat menjaga kesehatan mata sekaligus melindunginya dari kerusakan seperti katarak dan age macular degeneration. Mengkonsumsi alpukat secara rutin akan membuat mata terlihat lebih segar dan sehat.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin, mineral dan antioksidan dalam buah alpukat mentega juga tidak boleh disepelekan karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap pengaruh radikal bebas dan juga efek buruk lingkungan serta stress yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Mengkonsumsi buah alpukat mentega setiap hari juga dapat memenuhi asupan mineral zinc yang diketahui merupakan faktor penting dalam sistem pertahanan tubuh agar tidak mudah sakit.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang menghindari konsumsi buah alpukat mentega terutama saat diet karena kandungan lemaknya yang tinggi. Anggapan ini sebenarnya salah karena lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak sehat yang sama sekali tak berbahaya bagi kesehatan dan tidak menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi dengan benar. Selain kaya akan serat, alpulat mentega juga kaya akan asam oleat yang akan membuat lebih kenyang seharian dan tidak mudah lapar. Energi yang disumbangkan oleh buah alpukat mentega juga cukup untuk memenuhi kebutuhan energi saat beraktifitas jadi tidak perlu ragu lagi menambahkan alpukat pada menu diet sehari-hari.

  1. Mencegah Penuaan Kulit

Manfaat buah alpukat mentega bagi kulit sudah sangat populer dan dikenal oleh masyarakat khususnya kaum hawa. Buah alpukat mentega kaya akan vitamin E yang dapat menjaga kelembaban alami kulit serta merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah tanda penuaan seperti flek hitam dan keriput yang timbul pada kulit. Mengkonsumsi alpukat setiap hari atau menggunakannya sebagai masker bisa membantu mencegah timbulnya keriput pada wajah dan kulit secara efektif.

  1. Menghaluskan Dan Menyuburkan Rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk mempercantik kulit, kandungan nutrisi dalam buah alpukat juga mampu menyuburkan dan menghaluskan rambut yang kasar. Daging buah alpukat mentega yang dihaluskan dan dipijat pada kulit kepala dapat menutrisi akar rambut dan menghaluskan ujung rambut yang kasar jika dioleskan secara teratur. Untuk mendapatkan rambut yang halus dan lembut, gunakan masker alpukat pada kulit kepada dan rambut selama 15 menit baru setelah itu kamu bisa keramas seperti biasa.

  1. Menghilangkan Bau Mulut

Manfaat buah alpukat yang satu ini mungkin belum banyak dikenal oleh setiap orang. Kandungan antibakteri dalam alpukat memang diketahui dapat membunuh bakteri penyebab bau nafas dalam mulut secara efektif.  Apabila tubuh memiliki masalah dengan bau mulut, mengkonsumsi jus alpukat yang dicampur dengan lemon atau daun mint setiap hari dapat membantu mengatasi masalah yang satu ini.

  1. Menghilangkan Masalah Pada Kulit

Kulit manusia terutama wajah sangat rentan mengalami masalah seperti jerawat dan kulit terbakar. Alpukat mentega dapat membantu menghilangkan masalah pada kulit karena mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin E dan antioksidan. Untuk menghilangkan jerawat dan flek pada kulit, gunakan masker alpukat secara teratur minimal dua kali dalam seminggu dan untuk mengatasi kulit terbakar matahari, oleskan buah alpukat yang dihaluskan dan dicampur aloe vera pada wajah. Wajah dan kulit akan bebas masalah jika rutin mengkonsumsi atau merawat kulit dengan menggunakan buah alpukat mentega.

Tips Memilih Buah Alpukat Yang Baik

Kulit buah alpukat umumnya berwarna hijau saat muda dan berubah menjadi hijau tua saat menjelang masak fisiologis di pohon, namun banyak varietas menampakkan ciri yang khas, yakni kulit buah berubah menjadi ungu atau coklat kemerahan saat buah masak sempurna dan siap untuk dikonsumsi. Berdasarkan pengalaman sebelumnya biasanya buah alpukat yang kulit buahnya berubah warna menjadi ungu atau merah kecoklatan saat masak sempurna, umumnya mempunyai daging yang sedikit berserat hingga serat yang jumlahnya cukup dominan di dalam daging buahnya. Hal ini dapat dilihat dari guratan-guratan coklat yang membujur di sepanjang daging buah jika buah dibelah. Selain perubahan warna, varietas alpukat berkulit mengkilat saat masak fisiologis di pohon, umumnya juga berserat, sehingga dengan demikian, perubahan warna kulit buah saat masak sempurna dan sifat mengkilat kulit buah saat masak fisologis di pohon dapat dijadikan pendekatan untuk memilih buah alpukat, termasuk kategori daging buah tanpa serat atau justru banyak serat di daging buahnya. Dengan demikian, pembeli tidak terkecoh saat membeli buah alpukat yang lazim dijual di pasar buah.

alpukat mentega

Berikut ini adalah beberapa metode sederhana dalam memilih buah alpukat :

Pertama, pilih buah yang berkulit hijau tua dan mengkilat. Semakin warnanya itu hijau tua dan mengkilap, berarti semakin baik, bagus dan masak. Perhatikan permukaan kulitnya. Alpukat mentega yang baik untuk dikonsumsi memiliki permukaan kulit yang halus dan mulus tanpa ada retak.

Kedua, goyangkan buah alpukat. Kalau ada suara yang bergejolak, itu tanda-tanda bahwa buah alpukat pilihan Anda baik, bagus dan matang. Bahkan, itu pertanda masak pohon, bukan karbitan. Saat kematangannya sudah sempurna, biji alpukat akan terlepas dari dagingnya.

Ketiga, ambil buah avokad yang bagian tangkainya masih segar dan tampak berair. Ini salah satu cara memilih alpukat yang baik dan bagus.

Keempat, hindari kalau ada buah alpukat yang warna kulitnya berwarna hijau muda, apalagi ada bentolan atau titik-titik hitam. Ini buah avokad yang kurang baik, sebaiknya hindari. Alpukat mentega yang sudah matang akan berwarna hijau kecokelatan dan terasa lunak saat ditekan. Jika Anda menjumpai alpukat mentega dengan kulit berwarna hijau, tandanya alpukat tersebut belum matang.

Kelima, Daging Tebal dan Tidak Berserat. Seperti namanya, alpukat mentega terkenal karena tekstur dagingnya yang lembut seperti mentega. Daging buahnya pun tebal dan tidak berserat sehingga mudah untuk diolah bersama makanan lain ataupun dimakan langsung.


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul

Tinggalkan Balasan