Kategori: Uncategorized

Buah Abiu Dan Aneka Manfaat Yang Terkandung Di dalamnya

Buah Abiu adalah jenis buah untuk budidaya. Keberadaan buah ini sangat langka di pasaran. Bahkan belum banyak orang yang mengenalnya. Padahal, buah ini memilki banyak manfaat. Sebagai tanaman buah, abiu sendiri cukup mudah dibudidayakan, dengan adanya bibit unggul abiu yang saat ini mulai mudah ditemukan.

Dengan mengenal lebih jauh tentang abiu maka akan memudahkan dalam memulai budidaya buah ini. Bagi yang belum mengenal buah abiu, maka berikut ini adalah karakteristik hingga manfaat yang bisa didapatkan dari buah ini.

Karakteristik Buah

Abiu adalah buah sejenis sawo segar dari Australia. Rasanya cukup unik dan tidak biasa di lidah orang Indonesia. Penampakan buah yang unik ini sering dimanfaatkan pula sebagai tanaman hias.

Pohon abiu memiliki karakter yang mirip dengan kerabat Sawo-Sawoan, yaitu memiliki batang kayu keras dan mampu mencapai ketinggian 15m. Buahnya sendiri berbentuk lonjong hingga bulat, dengan panjang 6-12 cm dan berat 150-500 gram / buah.

Karena dibudidayakan secara luas di Australia, maka spesies tanaman buah ini dikenal dengan sebutan Sawo Australia. Padahal, asal buah ini adalah dari daerah di sekitar Amazon, dataran rendah Peru, dan sekitar Brazil.

Tempat Budidaya Buah Abiu Yang Ideal

Buah abiu merupakan tanaman buah yang adaptif dalam iklim tropis dan subtropis. Indonesia adalah salah satu tempat yang ideal untuk budidaya tanaman ini. Tanaman abiu juga mampu berkembang dengan baik dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

Dengan lingkungan yang ideal dan pemilihan bibit abiu yang unggul, maka pada usia 3-4 tahun tanaman ini bisa berbunga.  Dua bulan kemudian, bunga mulai berubah menjadi buah hijau dan secara bertahap menjadi kuning cerah saat buah sudah matang.

Daging buah ini akan memiliki warna putih jernih dengan rasa manis dan segar yang khas. Rasa buah ini memiliki rasa yang mirip dengan kelapa muda. Daging buah ini cenderung lunak dan sedikit berair.

Buah ini memiliki banyak vitamin A, B3 dan C, serta kaya kalori dan serat. Karena itu, buah Abiu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di Brazil sendiri, daging buah abiu digunakan untuk meredakan batuk, bronkitis, dan keluhan pernapasan atau paru-paru. Sedangkan getah pohon abiu berkhasiat sebagai obat cacing dan obat pencahar.

Manfaat Buah Abiu Untuk Kesehatan

Buah abiu atau Pouteria caimito ini adalah buah yang mulai terkenal di Indonesia. Bukan hanya rasanya yang unik, namun buah ini juga kaya akan manfaat. Untuk kandungan gizinya sendiri, buah Abiu mengandung banyak vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori, dan serat. Dengan demikian, maka konsumsi buah ini akan sangat bagus untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang dihadirkan oleh buah abiu ini :

1. Menjaga kesehatan organ mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah abiu adalah nutrisi penting yang membantu menjaga dan melindungi kesehatan mata. Vitamin A juga membantu meningkatkan kemampuan penglihatan dan mencegah mata dari resiko katarak.

2. Membantu memperlancar sistem pencernaan

Abiu kaya akan serat yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga mencegah sembelit. Selain itu, serat juga membantu menyehatkan organ pencernaan seperti lambung dan usus.

Konsumsi buah ini baik untuk anak-anak hingga orang dewasa terutama bagi mereka yang sering bermasalah dengan pencernaan. Berkat kandungan serat dalam buah abiu, pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Mengatasi gangguan pada sistem pernapasan

Mengkonsumsi buah abiu membantu mengatasi gangguan sistem pernapasan. Contoh keluhan yang bisa diatasi dengan buah ini adalah seperti bronkitis (radang bronkus), batuk, dan keluhan masalah pernapasan atau paru-paru lainnya.

4. Sebagai anti radikal bebas

Manfaat vitamin E dapat membantu mencegah tubuh terhindar dari radikal bebas yang berbahaya. Radikal bebas biasanya mengandung banyak zat karsinogenik yang merupakan zat berbahaya yang dapat menyebabkan kanker.

5. Mengatasi cacingan

Selain buah, ternyata kandungan getah pohon abiu juga berguna untuk membantu mengatasi cacingan. Bagian dari tanaman abiu ini juga bisa sebagai pencahar dan untuk menyembuhkan bagian tubuh yang bengkak.

6. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa untuk meningkatkan daya tahan tubuh, maka perlu memenuhi kebutuhan vitamin C yang cukup. Di dalam buah Abiu sendiri mengandung banyak vitamin C yang baik untuk dikonsumsi secara teratur.

Vitamin ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itulah, dengan asupan yang cukup maka bisa mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Budidaya Buah

Budidaya buah Abiu relatif sederhana dan tidak membutuhkan perawatan lebih. Untuk memulainya maka harus disediakan bibit unggul. Karena buah ini cukup langka, maka cara paling mudah untuk mendapatkan bibit adalah dengan membeli di toko bibit.

Dengan bibit yang unggul, maka abiu akan bisa dipanen pada usia 3-4 tahun. Karena pada usia ini tanaman sudah bisa menghasilkan bunga dan buah.

Setelah bibit tersedia, maka pesiapkan media tanam. Tentukan titik tanam dengan jarak tanam ideal minimal 4 x 4 m. Setelah itu, buat lubang tanam 60 x 60 x 60 cm. Tanah galian pertama adalah sekitar 30 cm (tanah atas) dan pisahkan tanahnya. Jika sudah maka lakukan beberapa langkah berikut ini :

1. Persiapan media tanam

Campur tanah atas dengan 20 kg pupuk kandang, sedangkan untuk sub tanah campur dengan 30 kg pupuk kandang. Biarkan lubang tanam terbuka selama 1 pekan untuk menguapkan gas beracun. Langkah ini juga bertujuan untuk  membunuh mikroorganisme di dalamnya.

Setelah itu, tutup lubang kembali dengan membalikkan posisi tanah atas tanah ke bawah dan sub tanah ke atas sehingga kesuburan tanah lebih merata.

Penanaman sebaiknya pada awal musim hujan agar bisa tumbuh dengan baik. Bibit Abiu yang telah berumur 6-7 bulan dapat ditanam langsung pada lubang tanam yang sudah siap.

2. Penyiraman tanaman abiu

Untuk membuat tanaman ini tumbuh dengan baik, maka Abiu membutuhkan banyak air sepanjang pertumbuhannya. Jika tanah sekitarnya mulai kering, itu pertanda jika tanaman perlu penyiraman. Kekurangan air saat tanaman berbunga atau berbuah dapat menyebabkan bunga atau buah jatuh. Penyiraman secara teratur akan menghasilkan banyak buah.

3. Penyiangan sekitar tanaman

Selain penyiraman, penyiangan juga penting. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan gulma yang dapat mengganggu tanaman. Selain itu, penyiangan juga mencegah tanaman terserang hama dan penyakit.

Pemeliharaan lainnya adalah pemangkasan untuk merangsang pertumbuhan tunas-tunas baru dengan mengurangi batang tanaman yang dapat menyebabkan hama dan penyakit.

Setelah tanaman abiu berbuah lakukan pembungkusan. Dengan begitu maka akan melindungi buah dari serangan lalat buah dan meningkatkan kualitas buah. Cara ini juga bisa menghasilkan abiu dengan warna kulit lebih cerah, dan memiliki rasa yang lebih manis.

Pembungkusan abiu pada saat buah sudah berukuran 4-6 cm dengan plastik putih ukuran 5 kg. Buah siap dipanen setelah mencapai umur 2 bulan sejak bunga keluar. Tanaman Abiu dapat dipanen 2-3 kali dalam setahun.

Tinggalkan balasan

Email anda tidak akan dipublish. Isi kolom yang wajib*

The field is required.

Share

Artikel Terbaru

Manfaat Buah Kesemek Dan Cara Budidaya Pohon Buah Kesemek

Manfaat Buah Kesemek - Memiliki nama ilmiah Diospyros kaki. Jenis buah yang satu ini memiliki rasa…

9 bulan ago

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Cara Praktis Membuat Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal kegunaannya sebagai penyedap masakan atau dibuat minuman segar. Namun selain kegunaan tersebut,…

9 bulan ago

8+ Manfaat Pete Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Pete Bagi Kesehatan - Masyarakat Indonesia banyak mengkonsumsinya sebagai lalapan atau campuran masakan. Dibalik…

10 bulan ago

PANDUAN TERLENGKAP HIDROPONIK UNTUK PEMULA

Istilah hidroponik, hydroponic atau hidroponics saat ini menjadi sangat populer sebagai alternatif cara bertani baru…

2 tahun ago

Budidaya Bibit Buah Apel Yang Memberikan Banyak Manfaat

Bibit apel adalah salah satu bibit yang banyak dicari di Indonesia. Hal ini tak lain…

3 tahun ago

Budidaya Buah Langka Barbados Cherry

Barbados cherry maupun abiu atau buah abiu adalah contoh buah langka yang jarang ditemui di…

3 tahun ago